Thursday, August 8, 2019

Bingung Pilih yang Mana, Bimbel Atau Les Privat?

Menginjak tahun ajaran baru ini, tugas lain orang tua setelah mendapatkan sekolah adalah mendapatkan suplemen bimbingan belajar bagi anaknya. Dilihat dari materi pelajaran yang semakin sulit kebutuhan akan hal tersebut memang sangat diperlukan.  Tentu sebagai orang tua akan bingung memilih antara mendaftarkan anaknya di lembaga bimbingan belajar atau memberikan pendampingan dengan mendatangkan guru mengajar dirumah alias les privat.
6 TIPS MEMILIH BIMBEL YANG BAIK

Baik lembaga bimbingan belajar atau les privat memiliki kelebihan dan kelemahan masing - masing. Lembaga bimbingan misalnya, Kelebihannya adalah pembelajaran yang tersistem dengan tersedianya kelengkapan media atau sarana seperti modul, layanan, fasilitas dan juga suplemen informasi pendampingan belajar baik secara offline maupun online. Tentu saja, harga yang ditawarkan pun tidak sedikit, berjuta hingga berpuluh juta untuk sekali pembayaran dikeluarkan per-paketnya. Selain itu sistem klasikal kelas dalam bimbel yang sama dengan sistem di sekolah. Dalam sebuah lembaga bimbingan belajar, satu kelas bisa diisi oleh sepuluh atau bahkan sampai 20 siswa. Untuk anak- anak yang memiliki kecenderungan belajar memerlukan perhatian dan fokus, sangat tidak cocok diterapkan. Kecenderungan belajar anak- anak yang memerlukan perhatian tersebut sangat cocok dengan sistem belajar privat mendatangkan guru atau tentor privat kerumah.

Les privat lebih mengutamakan pelayanan yang bersifat eksklusif bagi para siswanya, mendatangkan guru ke rumah untuk memberikan tambahan jam pelajaran. Les privat memberikan sistem waktu yang fleksibel, tentor yang bisa dipilih sesuai dengan kompetensinya, serta biaya yang sangat terjangkau. Sangat cocok bagi anak yang memerlukan konsentrasi dalam belajar, tidak terganggu dengan siswa lainnya dalam sebuah kelas. Arus informasi belajar yang mengalir pun lebih baik dibandingkan dengan lembaga bimbingan belajar. Les privat mengedepankan sistem two ways communication  antara siswa dengan tentornya yang memungkinkan siswa untuk bisa berkonsultasi secara langsung tentang kesulitan yang mereka hadapi tanpa rasa canggung. Siswa akan lebih memiliki rasa percaya diri untuk mengungkapkan kesulitan- kesulitan dalam pelajaran yang dihadapi. Adapun kelemahan dari sistem privat pun relatif terjadi, seperti  layanan informasi dan kelengkapan media pembelajaran seperti modul plus sumber daya yaitu tentor yang mungkin kurang terseleksi. 

Pada intinya, memilih lembaga bimbingan pun mesti selektif, dengan mengedepankan keabsahan dari lembaga nya sendiri. Pilihlah lembaga yang mengutamakan kualitas dibandingkan hanya kuantitas semata karena saat ini sebagian besar dari menjamurnya lembaga bimbingan belajar hanya untuk kepentingan bisnis saja. Demikian juga ketika memilih guru pada les privat, pilihlah yang memang benar- benar kompeten sesuai dengan keahliannya dengan penyampaian materi yang bagus plus komunikasi yang baik.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan lembaga bimbingan belajar dibandingkan dengan les privat. Masih bingung menentukan pilihan, bimbel atau les privat? Nah, bagi anda yang tinggal di Semarang dan sekitarnya, yang sedang mencari les privat sebagai pilihan untuk putra putrinya, bisa buka website berikut ini, www.horisonprivatecourse.web.id,

Semoga kami bisa membantu..


No comments:

Post a Comment