Wednesday, August 21, 2019

Mengenal Google Assignments, Fitur Pembelajaran Baru dari Google Education

Baru- baru ini Google for Education merilis sebuah platform baru dalam dunia pendidikan yaitu Google Assignments. Assignments, disebut sebagai sebagai terobosan bagi guru dalam menyederhanakan proses dalam pembelajaran khususnya pemberian pendampingan dan umpan balik yang sebelumnya memakan banyak waktu. Assignments juga memungkinkan kita untuk melalui proses pembelajaran secara mudah, fleksibel, dan kolaboratif.
sumber gambar : https://edu.google.com/assignments

Assignments mengkombinasikan fitur- fitur Google lainnya seperti Google Documents, Google Drive dan Google Search untuk kepentingan evaluasi guru baik pengumpulan tugas dan penilaian pekerjaan siswa. Hal ini tentu saja akan menghemat waktu mengingat alur yang cukup panjang sebelumnya. Selain itu Assignments dapat digunakan sebagai pendamping untuk LMS dengan mengintegrasikannya dengan LMS anda.

Prinsip kerjanya sangat sederhana, guru memberikan tugas untuk siswa melalui Google Documents dan Google Drive dan berikan mereka salinannya,  kemudian atur tugas berdasarkan kelas, tanggal, dan siswa serta sesuaikan pula untuk tugas pada kursus yang baru. Guru dan siswa dapat melampirkan apa pun pada tugas: dokumen atau file Word untuk makalah, Spreadsheet untuk analisis data, slide untuk presentasi, situs untuk portofolio digital atau proyek akhir, dan banyak lagi.

Beberapa keunggulan Google Assignments dalam menyederhanakan proses dan pengelolaan kursus bila dibandingkan dengan LMS lainnya adalah

  • Tanpa perlu khawatir dalam menekan tombol "simpan" pada kolom komentar karena fitur pendeteksian ketikan umpan balik yang sama berulang- ulang. 
  • Memeriksa karya siswa dari segi keaslian dan secara otomatis mengunci pekerjaan setelah diaktifkan
  • Menetapkan file dengan pilihan untuk mengirim setiap siswa salinan.
  • Tugas kelas untuk seluruh kelas dengan siswa yang berganti serta meninjau jenis file apa pun tanpa meninggalkan antarmuka penilaian anda
  • Dapat berkomentar dan meninggalkan saran untuk pekerjaan siswa dengan Google Documents
Fitur Originality Report untuk mencegah Plagiarisme
Salah satu fitur penting yang disematkan pada  Assignments adalah fitur Originality Report. Fitur ini membantu kita mencegah aksi plagiat pada tugas yang dikerjakan siswa. Fitur ini akan memeriksa pekerjaan siswa dan memastikan bahwa pekerjaan mereka asli, bukan berasal dari salinan pihak lain. Saat siswa menyerahkan dokumen, Assignments akan memeriksa teks siswa terhadap ratusan miliar halaman web dan puluhan juta buku.

Ketika anda mengaktifkan fitur originality report pada Assignments, siswa juga dapat memeriksa karya mereka akan keasliannya untuk memperbaiki masalah mereka, kemudian menghasilkan karya terbaik mereka, dan tentu saja akan menghemat waktu penilaian anda. 

Menarik bukan? Nah, untuk mencobanya, anda bisa langsung sign up ke Google Assignments yang saat artikel ini ditulis masih dalam versi beta. 

Selamat Mencoba..

No comments:

Post a Comment