Tuesday, August 20, 2019

Web Tool ini Memudahkan Kita Membuat Digital Storytelling di Kelas

Dalam pelajaran bahasa Inggris, salah satu cara untuk memantik siswa dalam mengembangkan kemampuannya adalah dengan mengasah keterampilan menulisnya. Materi- materi yang sering digunakan bisa dimulai dari hal yang sederhana atau simpel saja sampai dengan materi yang kompleks. Kesulitan yang dihadapi biasanya berkutat pada bagaimana memulai, metode apa yang digunakan, serta topik apa yang dipakai dalam keterampilan menulis. 

Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alat atau web tool yang bisa dipakai adalah StoryJumper. StoryJumper adalah salah satu web tool yang dapat digunakan oleh  siswa untuk membuat dan menerbitkan buku cerita merreka masing -masing. Tentu saja ini akan membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan penulisan yang menarik. 

Penggunaan StoryJumper cukup mudah dan sederhana. Web tool ini menyediakan banyak fitur menarik untuk melepaskan kreativitas siswa dan mendorong imajinasi mereka ke pengalaman belajar tanpa batas. Cerita dapat berupa teks, foto, audio dan banyak lagi. 

Sebagai seorang guru, Anda dapat membuat ruang kelas online di StoryJumper di mana Anda dapat mengumpulkan dan menyimpan cerita siswa. Kemudahan lainnya, StoryJumper terintegrasi dengan Google Classroom yang memungkinkan anda untuk mengelola kelas online anda sendiri. 

Prosesnya, StoryJumper menyediakan buku kerja  sebagai alat untuk membimmbing siswa untuk melalui proses penulisan kreatif. Tujuan dari buku kerja ini adalah untuk melatih siswa dalam membangun tujuh komponen kerangka utama dari sebuah cerita  seperti karakter, tantangan, motivasi, pengaturan, hambatan, klimaks, dan penutupan. Dengan menyelesaikan ketujuh langkah tersebut, maka siswa akan dapat mengembangkan menjadi cerita yang kaya dan terperinci. Selain itu anda juga dapat menyesuaikan materi agar sesuai dengan kebutuhan kelas anda. Menurut saya, web tool ini sangat cocok sekali digunakan dalam  bentuk materi story telling seperti Narrative text.

Untuk memulainya, klik pada alamat website nya, Storyjumper.com, buatlah akun, dengan Gmail atau Facebook. Langkah selanjutnya, isikan borang konfirmasi anda sebagai guru, dan pilihan  integrasi Google Classroom. Setelah berhasil, kelola kelas anda sendiri dan mulailah membuat kelas pertama anda.

Selamat Mencoba


No comments:

Post a Comment