3/07/2020

Cara Mudah Bermain Bingo di Kelas dengan Quizlet

Permainan Bingo sudah tidak asing lagi dikalangan anak- anak. Permainan ini sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam mengasah vocabulary anak- anak. Selain menyenangkan, permainan ini juga sangat mudah diaplikasikan. 

Nah, pada posting kali ini, saya akan mencoba membagikan cara untuk mengkombinasikan permainan Bingo dengan salah satu aplikasi populer yaitu Quizlet. Quizlet merupakan aplikasi pembelajaran dikelas untuk membuat pengajaran lebih menyenangkan. Melalui Quizlet, permainan Bingo akan lebih menarik lagi karena sistemnya mengkombinasikan penerapan berbasis teknologi dan konvensional dalam pembelajaran.

Bagi Anda yang belum mengenal Quizlet, saya pernah menulis posting tentang pengenalan Quizlet beberapa waktu lalu. Silahkan baca dulu artikel Quizlet saya berikut ini,


Untuk bermain Bingo dengan Quizlet, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.  

Buatlah lembaran Bingo untuk diberikan ke siswa. Bila Anda merasa kesulitan, Anda bisa memanfaatkan situs Bingo card generator gratis melalui website osric.com untuk membuat lembaran Bingo untuk siswa Anda. Beberapa pilihan ukuran bisa Anda buat, ukuran 4 X 4, 5 X 5, 6 X 6 atau ukuran yang lebih besar lagi. Ketikkan semua kata dari daftar spesifik Anda. Jangan lupa tentukan juga topik yang ingin dipelajari, misalnya tentang hewan (animal), buah- buahan (fruit), Profesi (profession), transportasi (transportation), dan sebagainya. 

Bingo cards generator dari osric

Isikan form sampai dengan selesai, lalu klik Generate Bingo cards. Cetak kartu tersebut dan bagikan kepada siswa secara individu atau kelompok.
cetakan kartu Bingo yang sudah di generate

Buat kelompok siswa, bisa dua kelompok atau lebih tergantung dari kelas Anda dan bagikan kartu tersebut ke dalam kelompok, masing- masing satu kartu.

Buka flashcard Quizlet Anda (bila merasa kesulitan memulai Quizlet, silahkan buka pada postingan Quizlet saya disini). Buatlah set Quizlet baru. Isikan kata- kata sesuai topik yang sudah anda list dan buatlah deskripsinya. Setelah selesai,, klik finish atau klik selesai (mode bahasa Indonesia)
pembuatan set flashcard Quizlet

Pada halama dashboard set Quizlet Anda, klik Flashcard.

Atur flash card anda dalam mode acak (shuffle). Quizlet memiliki urutan "acak" dalam fitur flashcard, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang urutan kata yang dipanggil. 
atur dalam settingan shuffle

Saat bermain, proyeksikan perangkat Anda ke layar proyektor, buka Quizlet dan temukan set yang ingin Anda mainkan. 


Note : Siswa perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang kosa kata dan pastikan siswa tahu kata-kata itu dengan sangat baik. Jika mereka belum terbiasa dengan istilah tersebut, Anda dapat membalik kartu untuk mengungkap kata-kata bingo.

Permainan dimulai.   
Mintalah anak untuk melihat clue yang ditampilkan melalui layar proyektor. Anda bisa menggunakan fitur audio juga dalam set Quizlet.

Siswa atau kelompok siswa memberi tanda silang pada kotak yang bertuliskan tebakan hewan tersebut.
Pemenang adalah siswa atau kelompok siswa yang berhasil membuat garis diagonal, vertikal atau horizontal dari kotak-kotak yang telah bertanda silang.
Saat siswa berhasil membuat garis dari 3 deret  kotak bertanda silang ( boleh diagonal, vertikal atau horizontal), maka, BINGO!

Menarik Bukan?

Selamat Mencoba...

No comments:

Post a Comment