3/29/2020

Cara Memasang (Embed) Kuis Google Form di Blogger

Google Form merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google dalam pembuatan form, kuis, dan survey. Dalam pembelajaran, google form bisa dimanfaatkan untuk membuat kuis atau tugas bagi para siswa. Hasil kuis yang kita buat melalui google form bisa kita kirimkan melalui email atau bisa juga kita sematkan pada blog yang kita miliki.

Nah, pada tutorial tekno guru kali ini saya akan membahas tentang bagaimana menyyematkan kuis pembelajaran ke dalam blog Anda. Ada dua bagian dalam menyematkan kuis kita ke dalam blog yang Anda kelola, yaitu pertama, membuat kuis melalui google form dan kedua, menyematkan ke dalam postingan blogger.

Selengkapnya, inilah langkah- langkahnya.

Bagian Pertama
Buat kuis anda melalui Google Form.
Buka dulu Google Form disini, lalu mulailah buat form baru

Isikan data secara lengkap seperti judul kuis.


Anda bisa memuat isian data terlebih dahulu seperti nama siswa, alamat email dan data penunjang lainnya sebelum beranjak ke dalam soal. Data tersebut fungsinya untuk mengetahui siapa saja yang sudah mengisikan data dan mengerjakan tugas Anda. Jangan lupa tambahkan settingan atas jawaban yang benar serta pengaturan- pengaturan lainnya. Lanjutkan sampai selesai

Dan inilah contoh soal yang sudah saya buat.

Setelah selesai dalam pembuatan soal, klik tombol Kirim. Pada pop up kirim formulir, pilih lambang embed (< >)


Salin kode html yang didapat.


Bagian Kedua
Buka blogger Anda, buat entry baru, Pilih tab posting html dan Sematkan salinan kode html yang kita peroleh tadi pada posting html blog. Anda bisa mengatur tinggi dan lebar tampilan  kuis yang dibuat.



Klik tab Compose untuk melihat hasilnya lalu klik Publikasikan bila sudah selesai.

Berikut ini contoh dari embed kuis yang sudah saya buat. Setiap siswa yang sudah mengisikan data dan mengerjakan kuis, maka secara otomatis data dan hasilnya akan masuk ke dalam akun Anda.


Demikian cara menyematkan kuis pembelajaran berbasis google form di blog Anda. Semoga tutorial ini bisa membantu teman- teman yang sedang menerapkan pembelajarannya di kelas melalui blog. Bila ada pertanyaan, atau tambahan silahkan tuliskan melalui kolom komentar di bawah ini.

Selamat Mencoba

1 comment: