Friday, March 20, 2020

Rekomendasi Platform Teleconference Terbaik untuk Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)

Ancaman corona virus telah menyebabkan banyak negara mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah-sekolah dan universitas-universitasnya. Untuk sementara waktu mereka menutup dan memindahkan pengajaran mereka secara online dengan sistem pembelajaran jarak jauh (distance learning). Sistem ini dipilih sebagai cara yang efektif untuk mengurangi interaksi langsung antar anggota kelas.

Dalam sistem pembelajaran kelas jarak jauh ada dua fasilitas yang mesti dipenuhi yaitu pertama, platform aplikasi pembelajaran seperti Google Classroom, Quizizz, Kahoot, Flipgrid dan sebagainya. Kedua, adalah perangkat teleconference untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan kelas anda. Pada yang kedua ini kita juga memerlukan aplikasi atau platform tertentu.

Untuk memudahkan Anda sebagai guru dalam sistem distance learning, berikut ini saya  rekomendasikan daftar platform gratis untuk membantu Anda melibatkan siswa secara online melalui teleconference.

source : Kahoot.com

Google Hangouts Meet
Google hangout memungkinkan guru untuk menjalankan kelas melalui konferensi video, mendorong diskusi antara siswa dan berinteraksi dengan siswa secara online. Platform ini banyak digunakan guru dan pengguna bisnis untuk memfasilitasi pekerjaan dari jarak jauh. Kabar baiknya, beberapa hari yang lalu, Google mengumumkan akan memberikan akses gratis untuk konferensi video tingkat lanjut hingga 1 Juli. Untuk info lebih lanjut, anda bisa mengeklik link ini, Google hangout Meet

Skype
Skype memuat Anda dapat terhubung dengan siswa Anda secara individu atau dengan seluruh kelas untuk mengajar melalui konferensi video. Anda bisa menggabungkannya dengan fitur berbagi layar, dann fasilitas lainnya. Selain itu, Anda dapat memeriksa Skype di kelas, komunitas pembelajaran global di mana Anda dapat menemukan kelas gratis dalam berbagai mata pelajaran, kemudian bergabung dengan kunjungan lapangan virtual atau terhubung dengan ruang kelas lain di mana pun di dunia.

Zoom
Zoom merupakan alat untuk konferensi video dengan sistem berbagi layar. Alat ini telah memperluas kemampuannya termasuk dalam lisensi gratis untuk mendukung sekolah dan bisnis yang terkena dampak virus corona. Misalnya saja, fasilitas Zoom yang memungkinkan Anda menyelenggarakan sejumlah pertemuan video tanpa batas dengan hingga 100 peserta. 

Ada dua fitur aplikasi ini yaitu gratis dan berbayar. Aplikasi gratis dengan waktu pertemuan belajar dibatasi maksimal 40 menit untuk satu kali pembelajaran. Bila ingin mendapatkan lebih bisa mengunakan Zoom Pro dan Zoom Business. 

Itulah tiga platform rekomendasi untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning) Anda. Jangan lupa tentukan waktu pembelajaran Anda untuk kesepakatan berkumpul dalam satu waktu dan forum. Koneksi internet adalah hal yang wajib ya..

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang menyelenggarakan kelas jarak jauh imbas virus corona.

Selamat bekerja dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment