3/30/2020

Tutorial Quizizz : Cara Mudah Menyelenggarakan Kuis atau Game Secara Live di Quizizz

Salah satu cara guru dalam menerapkan e-learning dalam pembelajaran adalah melalui aplikasi Quizizz. Ada banyak fitur Quizizz yang bisa dimanfaatkan antara lain pembuatan kuis secara interaktif, kuis realtime atau langsung,  manajemen tugas, dan sebagainya. Selain tampilannya yang menarik, fasilitas Quizizz lengkap serta  mudah dioperasikan bahkan oleh pemula sekalipun. Ada beberapa tutorial Quizizz yang sudah saya posting sebelumnya. Melengkapi tutorial- tutorial tersebut, ada satu fitur yang bisa dibilang sangat penting dalam penyelenggaraan kuis di Quizizz yaitu menyelenggarakan kuis secara realtime atau live quiz. Untuk saat ini cara ini sangat tepat mengingat  himbauan pemerintah akan pembelajaran jarak jauh (distance learning).

Untuk menyelenggarakan kuis atau game secara live di Quizizz ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan, antara lain:

Buat kuisnya lebih dahulu di Quizizz. Anda bisa membaca postingan sebelumnya tentang bagaimana membuat kuis di Quizizz disini. Lanjutkan pembuatan kuis sampai dengan selesai.

Saat kuis anda sudah selesai, pilih "Play Live"


Atur setting kuis melalui advanced settings lalu pilih "Selenggarakan Kuis"
Setelah pilih "selenggarakan kuis" , Anda bisa membagikan link kuis melalui kelas virtual yang anda kelola atau siswa dapat bergabung ke joinmyquiz.com dan memasukkan kode game yang diperoleh.

Klik ‘Mulai Game’ untuk memulai. Anda membutuhkan setidaknya satu pemain untuk memulai permainan langsung atau realtime.

Selamat Mencoba...


1 comment:

  1. apakah saya bisa memberikan link hari ini untuk pelaksanaannya besok hari?

    ReplyDelete