Monday, May 18, 2020

5 (Lima) Platform Efektif Pembuat Formulir Online untuk PPDB Sekolah

Tidak lama lagi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimulai. Masih dalam situasi social distancing yang membatasi kerumunan, sistem PPDB mungkin saja tidak seperti tahun- tahun sebelumnya dengan ubahan sistem yang lebih banyak menggunakan sistem online, baik dalam pengisian form maupun upload berkasnya.  Keberadaan website sekolah pun dianggap penting saat ini, khususnya bagi sekolah swasta yang sistemnya tidak terintegrasi dengan pemerintah. Web sekolah bisa berisikan informasi tentang sekolah seperti profil, sistem kurikulum, ekstra kurikuler, maupun pendaftaran online.
source : pixabay

Tentang pendaftaran online, hal yang kita tuju adalah tentang pembuatan formulir siswa. Yap, formulir merupakan komponen utama dalam pendafataran daring yang berisikan biodata siswa pendaftar. Calon siswa dapat dengan mudah dan cepat mengisikan form secara realtime. Hasil form juga dapat disematkan ke dalam website sekolah yang memudahkan calon peserta didik untuk mengakses dan mengisikannya. Pada post kali ini, dengan topik form, akan saya bahas beberapa  tool pembuat form efektif yang bisa Anda gunakan dalam masa PPDB kali ini. 

Inilah ulasannya,

1. Jotform
screenshot Jotform
Jotform memungkinkan Anda dengan mudah membuat form. Anda bisa menggunakan tema form dan template form siap pakai untuk membuat formulir Anda. Terdapat lebih dari 2000 template form yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan formulir Anda. Selain itu, formulir yang Anda buat bisa disematkan ke dalam situs atau website sekolah dengan mudah. Sehingga calon peserta didik baru akan dapat mudah mengisikan biodata mereka. Tiga langkah mudah dalam membuat form melalui Jotform yaitu Build- Setting - Publish memungkinkan pembuatan form secara mudah dan cepat.
Untuk menggunakannya sign up lebih dulu ya melalui https://www.jotform.com/

2. Formlets
Screenshot Formlets

Formlets merupakan tool lainnya untuk membuat formulir. Kelebihan Formlets adalah Anda dapat membuat formulir dengan banyak halaman dan memungkinkan orang mengunggah lampiran konten seperti resume, file video, foto resolusi tinggi. Terdapat bermacam tema yang bisa dipilih dan gunakan, tinggal pilih salah satunya sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menyematkan hasil form yang dibuat melalui web sekolah atau mengirimkan tautan melalui email atau media sosial calon siswa. Silahkan kunjungi https://www.formlets.com untuk lebih lanjut.

3. Zoho Forms
Screenshot Zoho Forms

Zoho Forms adalah pembuat formulir online gratis yang memungkinkan Anda membuat formulir berbasis mobile seluler. Terdapat lebih dari 40 bidang tema, template sesuai dengan kebutuhan form Anda. Selain itu Anda juga dapat menyematkan form yang dibuat melalui website sekolah atau link media sosial yang Anda miliki. Notifikasi juga termasuk dalam kelebihan form builder ini. Anda bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email akan data terbaru. Anda bisa mencobanya melalui https://www.zoho.com

4. Typeform
Screenshot Typeform

Typeform adalah platform berbasis web yang memungkinkan Anda untuk membuat form yang menarik. Anda dapat membuatnya menarik dengan memilih warna, background, sesuai keinginan. Terintegrasi dengan Google Sheets yang memungkinkan data akan secara otomatis masuk. Mulailah menggunakan Typeform melalui https://www.typeform.com/

5. Google Form
screenshot pembuatan form di Google Form

Google Form merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google dalam pembuatan form, kuis, dan survey. Google form bisa dimanfaatkan untuk membuat formulir PPDB online dengan mudah. Hasil pembuatan bisa di-embed dengan mudah di website sekolah atau kirim link melalui media sosial. Data hasil form terintegrasi dengan Drive Anda sehingga memudahkan untuk mengelola datanya. Penggunaanya sangat mudah, sign in melalui akun Google Anda dan dapatkan fasillitas Google Form di dalamnya. Desain form pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment