5/14/2020

Menggunakan Berbagai Ucapan Salam (Greeting) dalam Kehidupan Sehari- Hari

Salam merupakan ucapan pertama saat bertemu dengan seseorang atau untuk memulai percakapan. Saat Anda menyapa seseorang, sangatlah penting untuk menggunakan tingkat formalitas yang sesuai untuk setiap situasi apakah dalam situasi yang formal, ataukah dalam situasi yang informal dalam kehidupan sehari- hari. 

Nah, berikut ini beberapa pembahasan mengenai penggunaan ucapan salam baik dalam situasi yang formal (resmi) atau dalam situasi yang informal (tidak resmi).

Greeting dalam situasi Formal
Greeting dalam situasi ini menggunakan bahasa formal untuk menunjukkan rasa hormat, untuk menunjukkan pentingnya situasi. Situasi ini seperti dalam acara- acara resmi baik forum di sekolah, kantor dan lainnya. Beberapa contoh kata dan ungkapan di bawah ini bisa kita gunakan untuk menyapa seseorang secara formal dalam memulai percakapan.

Hello. How do you do?
Ungkapan ini digunakan ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya dalam keadaan yang formal. Ungkapan ini merupakan ungkapan salam sederhana. Biasanya dijawab dengan ungkapan yang sama, yaitu How do you do?

Good Morning/ Good afternoon/ Good evening
Ini adalah bentuk salam yang paling umum dalam situasi formal dan dapat digunakan kapan saja. Dalam penggunaannya, Anda juga dapat memasukkan nama belakang orang tersebut, misalnya: "Good Morning, Mr. Laksono." Jika Anda mengenal seseorang dengan baik, Anda juga dapat menerapkan nama depan setelah kata Good morning/ afternoon/ evening.

Atau saat Anda sebagai pembicara dalam sebuah forum ingin menyapa sekelompok orang dalam forum tersebut, maka bisa menggunakan kalimat berikut ini,

Good morning, everyone. I hope you are doing well this morning.

How have you been doing? / How have you been?
Ungkapan ini adalah pertanyaan yang sederhana, sopan dan tepat untuk digunakan untuk memulai percakapan dalam situasi yang formal. Ucapan ini merupakan cara yang sopan untuk bertanya kabar dengan seseorang yang tidak bertemu dalam waktu yang lama atau seseorang yang jarang ditemui setiap hari.

Greeting dalam situasi Informal
Ungkapan salam secara informal bisa digunakan dalam situasi yang informal terutama dengan orang- orang yang sudah dikenal sebelumnya. Beberapa ungkapan yang digunakan adalah sebagai berikut,

Hello / Hi / Hey
Hello dan Hi sangat umum dan sesuai untuk digunakan dalam situasi yang informal. Biasanya orang memasukkan nama depan orang tersebut setelah kata tersebut. 
  • Hello, Ahza
  • Hi, Chandra

How are you? / How are you doing? / How is it going?/ How are things
Ungkapan diatas digunakan untuk menanyakan kabar (bagaimana keadaanmu). Ungkapan ini dapat diterapkan di rumah atau di sekolah dengan orang yang akrab dengan kita tentunya. Selain ungkapan tersebut, kita juga bisa menggunakan ungkapan dibawah ini, 
  • What's it up?  ---- Ada apa?
  • How's it going ? ---- Apa kabar?
  • Hi / Hey / Hey there / Hey man ---- Biasanya dengan teman atau keluarga
  • What’s up? / What’s new? 
  • Long-time, no see. / It’s been ages! (since I’ve seen you.) / Where have you been hiding?

Untuk menjawab ungkapan diatas, kita bisa menggunakan beberapa kalimat berikut ini,
  • Fine, thanks. And you?
  • Great! You?
  • Hi, Ahza – good thanks. How about you?
  • Doing well. And how have you been?
  • Not bad. And you? How are you?
It's good to see you. / It’s great to see you. / Nice to see you.
Anda dapat menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut ketika Anda tidak bertemu dalam waktu yang lama atau ketika bertemu secara tidak sengaja.
Ungkapan ini bisa digunakan pada situasi :
  • Segera setelah mengatakan Hello atau Hi. Contoh : Hello, Adam. It's good to see you.
  • Setelah menyelesaikan percakapan atau untuk menutup percakapan. Contoh : Well, it was great to see you. I have to get going. Have a good day. Goodbye.
Long-time, no see / It’s been awhile / When was the last time we saw each other?
Ungkapan-ungkapan ini digunakan ketika tidak bertemu seseorang dalam waktu yang lama. Ungkapan ini juga dapat digunakan untuk memulai pembicaraan ringan. 

How have you been? / How have things been going (since I last saw you)? / What have you been up to?
Pertanyaan-pertanyaan ini sering digunakan setelah ungkapan seperti, "Long-time, no see" atau "It’s been awhile." Pertanyaan tersebut mirip dengan  "How are you?" dan merupakan cara untuk memulai pembicaraan ringan. 

Penutup
Tentu masih banyak lagi ungkapan- ungkapan lainnya yang belum disebutkan diatas. Setidaknya itulah beberapa ungkapan salam dalam kehidupan sehari- hari yang bisa diterapkan. Semoga bisa menambah pengetahuan dalam berbahasa Inggris yaa.

Salam.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi :
https://www.speakconfidentenglish.com/greetings-for-every-situation/

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



No comments:

Post a Comment