5/19/2020

Inilah Fitur Baru Google Lens yang Mempermudah Pembelajaran di Kelas Anda

Satu lagi aplikasi besutan Google yang saat ini sangat populer adalah Google Lens. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2018, sampai saat ini beragam fitur sudah dapat dihadirkan untuk memudahkan kita dalam bekerja dan belajar. Pada prinsipnya aplikasi ini menyematkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang mampu menyampaikan berbagai informasi tentang gambar yang diambil oleh para penggunanya. Seiring berjalannya waktu, berbagai penyempurnaan dilakukan.


Beberapa fitur Google Lens yang sebelumnya biasa kita gunakan untuk membantu kita, diantaranya
  • Identifikasi hewan dan tanaman. Kita dapat mencari tahu jenis tanaman atau hewan yang dilihat.
  • Jelajahi tempat-tempat di sekitar Anda. Kita dapat mengidentifikasi dan pelajari tentang landmark, restoran, dan etalase toko,  melihat peringkat, jam operasi, fakta sejarah, dan lainnya.
  • Temukan penampilan yang Anda sukai. Kita dapat melihat pakaian, perabotan, atau dekorasi rumah yang menarik perhatian.
  • Tahu apa yang harus dipesan.  Kita bisa melihat hidangan populer di menu restoran berdasarkan ulasan dari Google Maps.
  • Pindai kode. Secara mudah kita dapat memindai kode QR dan barcode dengan cepat. "

Nah, Beberapa waktu lalu Google Lens merilis beberapa fitur menarik yang akan meningkatkan pengalaman pencarian Anda dan membantu agar lebih memahami dunia di sekitar Anda. Dengan versi Chrome terbaru, kita hanya perlu sign in ke akun Google yang dimiliki.

Fitur utama dalam Google Lens adalah pemindaian cerdas. Fitur ini memungkinkan kita untuk dapat memindai dokumen atau gambar yang menyertakan teks dan dengan satu klik teks disalin ke komputer kita. 
dok pribadi Ahzaa
Fitur ini sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran, siswa tidak perlu lagi mengetik ulang catatan tulisan tangan penting yang mereka ambil di kelas atau selama presentasi atau saat membaca buku. Google Lens juga memudahkan kita untuk mendigitalkan teks yang tertanam dalam gambar atau poster.

Selain itu terdapat fitur terjemahan. Fitur baru Lens adalah memudahkan kita dalam membantu belajar bahasa dengan pelafalan yang baik. Sebelumnya, pengguna Lens hanya bisa mendapatkan terjemahan teks lebih dari 100 bahasa saja, sekarang, Lens memungkinkan Anda memilih item leksikal dari teks Anda dan mengetuk mendengarkan untuk mendengarkannya dengan keras. Pembelajar bahasa dapat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan belajar untuk berlatih pengucapan yang benar dari bahasa mereka.


Ada juga fitur baru lainnya yang dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Saat membaca teks dengan jargon dan konsep yang bersifat teknis, siswa dapat dengan mudah mencari penjelasannya melalui Lens.
dok pribadi Ahzaa

Dan yang tidak kalah menariknya, adalah fitur pencarian gambar yang akan memberikan informasi tentang gambar atau foto yang kita ambil. Sebagai contoh disini saya mencoba mengambil gambar foto kucing di rumah, terdapat hasil terkait yang menunjukkan jenis dari kucing tersebut.


Saat ini Google Lens sudah tersedia di Playstore android. Namun tidak semua platform smartphone kompatibel dengan Google Lens. Saat membuka Playstore lalu cari Google Lens, akan muncul notifikasi apakah smartphone bisa menginstal aplikasi ini atau tidak.

Silahkan dicoba.

No comments:

Post a Comment