Wednesday, May 6, 2020

Membuat Presentasi Pembelajaran Menarik dan Profesional dengan DesignCap

Presentasi sudah menjadi bagian dari pekerjaan kita sehari- hari. Apakah Anda seorang pendidik (guru), marketer atau profesi lainnya, tidak bisa lepas dari presentasi. Presentasi yang menarik dan  informatif akan mempengaruhi keberhasilan dalam penyampaian informasi yang kita buat. 

Presentasi dalam dunia pendidikan yang kita geluti, sangat berimbas pada output pemahaman siswa. Penggunaan gambar dipandang sangat efektif untuk siswa. Kita dapat membuat presentasi kita dengan design secara profesional. Pembuatan design profesional untuk kepentingan pembelajaran saat ini tidak sesulit yang dibayangkan. Kita tidak perlu menguasai software- software design profesional untuk membuatnya karena teknologi semakin berkembang untuk memudahkannya.  Ada banyak alat atau platform untuk membuat presentasi kita lebih menarik baik secara offline maupun secara online. 

Nah, salah satu web tool yang sangat hebat dalam membantu kita membuat presentasi yang profesional adalah DesignCap.

DesignCap merupakan sebuah software design grafis online yang memungkinkan penggunanya untuk membuat design profesional seperti presentasi, infografis, poster, banner, flyer, grafis media sosial dan sebagainya. DesignCap sangat memudahkan bahkan seorang pemula sekalipun untuk membuat produk grafis secara profesional tanpa ribet dan rumit. 

Keunggulan lain yang di tawarkan oleh Designcap, antara lain,
  • Mudah digunakan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk membuat design secara profesional, plus mudah digunakan tanpa software tambahan.
  • Ratusan Template Yang disediakan. Dengan berbagai pilihan template yang disediakan tentu akan memudahkan anda dalam memilih salah satu yang terbaik untuk kepentingan design anda apakah untuk keperluan pembelajaran, marketing, bisnis dan sebagainya.
  • Alat yang mudah. Selain template yang melimpah, DesignCap juga memberikan banyak fitur, termasuk alat yang sepenuhnya disesuaikan bagi pengguna untuk memudahkan sistem kerja dalam pembuatan design. 

Tiga langkah mudah dalam DesignCap yaitu pilih template, atur design, dan ekspor karya Anda ke dalam berbagai format file dan simpan ke perangkat atau bagikan karya anda. 

Nah, pada tulisan kali ini saya akan mencoba membuat presentasi pembelajaran dengan DesignCap.

Langkah awal, anda harus sign up terleih dahulu ke website resminya di https://www.designcap.com, (anda bisa menggunakan email Google anda atau Facebook)

Pada dashboard DesignCap, pilih menu category, silahkan pilih produk design yang ingin anda buat, saya memilih Presentation.

Silahkan pilih tombol Get Started Now untuk melanjutkan.

DesignCap akan menampilkan berbagai macam template yang bisa anda gunakan untuk membuat presentasi, pilih salah satu dari template- template tersebut sesuai dengan tema presentasi yang anda butuhkan. Tema yang saya pilih adalah tentang teaching and learning.
tema presentasi

Anda bisa mengedit tulisan yang ada pada template presentasi tersebut. Atur dan sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda seperti background, Text, atau tambahkan gambar output dari perangkat anda. Klik save bila sudah selesai.



Pilih Download untuk mengunduh presentasi dengan berbagai format seperti PPTX, PNG, PDF dan lainnya sesuai kebutuhan.


Selain itu Anda juga bisa membagikan presentasi tersebut baik melalui tautan, atau sosial media.

Link yang anda dapatkan bisa dibagikan melalui kelas virtual yang Anda miliki agar bisa dilihat oleh siswa.

DesignCap menyediakan tiga fitur yang bisa anda manfaatkan yaitu Free, Basic dan Plus. Tentu saja fitur yang paling baik adalah fitur Plus dengan fitur unlimited baik segi template, ikon, foto, vektor gambar,  dan kelebihan lain.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment