1/27/2022

Latihan Soal Tes Akademik Bintara TNI dan POLRI Tahun 2023 Materi Tes Bahasa Indonesia

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Hari ini saya lanjutkan lagi untuk post latihan soal Tes Akademik Bintara TNI dan POLRI Tahun 2023 Materi Tes Bahasa Indonesia  setelah pada tulisan sebelumnya saya post untuk latihan soal bintara POLRI dan TNI untuk materoi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan materi Bahasa Inggris. Setiap tahunnya Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polri membuka kesempatan pendaftaran bagi bagi lulusan SMA, D-IV/S1 dan S2. Para peserta harus melalui beberapa tes atau ujian untuk lolos ke tahapan berikutnya. 

Tes akademik merupakan salah satu tes yang harus dijalani oleh peserta. Tes tersebut mencakup tes bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan pengetahuan umum melalui sistem CAT (Computer Assisted Test).


Latihan soal ini merupakan latihan soal untuk melengkapi ujian masuk Bintara POLRI dan TNI yang sudah pernah saya posting sebelumnya.

Baca Juga :

Soal bahasa Indonesia yang diujikan dibuat sepadan dengan tingkat kesulitan pada soal- soal tingkat SMA dengan berbagai topik teks dan jenis pertanyaan. Nah, untuk melengkapi belajar teman- teman menghadapi ujian akademik bintara TNI dan Polri, berikut saya susun soal berdasarkan beberapa topik yang relevan dan sesuai dengan tingkatan kemampuan siswa SMA. 

Semoga soal latihan ini memberikan referensi baru bagi teman- teman  yang sedang belajar giat menghadapi ujian seleksi ini.

Nah,, langsung saja, berikut latihan soal- soalnya, Semoga Bermanfaat

===================================================================================
Latihan Soal Tes Akademik Bintara TNI dan POLRI Tahun 2023 Materi Tes Bahasa Indonesia

===================================================================================

1. (1) Cuaca buruk dinilai memiliki dampak yang beragam tingkatannya pada sektor perikanan di Indonesia, terutama pada sejumlah perikanan budidaya yang memerlukan kualitas perairan bersensivitas tinggi seperti udang. (2) Sejumlah sektor perikanan budidaya memiliki dampak signifikan karena sangat sensitif dan tergantung pada kualitas perairan tempat binatang laut itu dibudidayakan. (3) Dengan adanya curah hujan yang tinggi di berbagai daerah di tanah air, dikhawatirkan sejumlah tambak udang juga akan berkurang salinitasnya. (4) Hal tersebut akan menjadikan biaya produksi meningkat. (5) Bukan hanya itu, cuaca ekstrem ini membuat binatang budidaya tersebut rentan terhadap sejumlah penyakit. (6) Saat musim hujan, udang masih bias dibudidayakan tetapi biaya produksinyalebih tinggi dari biasanya.

Gagasan utama dalam paragraf di atas terdapat pada … .
A. kalimat keenam
B. kalimat kelima
C. kalimat keempat
D. kalimat kedua
E. kalimat pertama



2. Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus adalah seorang penulis yang aktif menulis di berbagai media massa. Gus Mus menerbitkan sedikitnya 8 kumpulan puisi, salah satunya adalah Kumpulan Puisi Balsem (Jakarta:Pustaka Firdaus), cerpennya “Guk Jakfar” masuk dalam antologi cerpen pilihan Kompas 2003. Selain menulis, ia juga aktif melukis. Karya lukisannya pernah tampil dalam pameran lukisan bersama para pelukis Bandung dan Surabaya (2003).

Berdasarkan bacaan diatas biografi Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri berisi tentang… .
A. Sejarah hidup Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri
B. Karya-karya Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri
C. Perjalanan karier Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri
D. Pendidikan Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri
E. Kemampuan Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri dalam menulis


 
3. Malam merambat amat letih. Langit bertabur hitam. Jalan basah dan aku harus bergegas memacu mobil dalam guyuran hujan yang masih menampakkan runcing pisai. Desember tahun lalu memang akrab sekali dengan hujan. Jalan basah dan gigil, terutama sejak sore hingga malam.

Unsur instrinsik yang menonjol dalam kutipan cerpen di atas adalah… .
A. tema
B. sudut pandang
C. setting 
D. amanat
E. alur




4. Penambahan usia memerlukan suatu kompensasi dalam penampilan, suatu upaya khusus. Ubahlah gaya penampilan itu yang biasanya citra temaram supaya menjadi ceria. Jika biasanya anggun menjadi menantang. Perubahan gaya berpakaian dan penggunaan warna kesayangan yang tentunya masih cocok dengan kepribadian. Jangan khawatir membuat kejutan, jangan lupa memanjakan diri, sebab siapa tahu memang kurang perhatian dari lingkungan dekat yang diberikan kepada anda. Beranilah untuk bereksperimen.

Kutipan esai tersebut berisi … .
A. cara memilih dan menyesuaikan pakaian dengan usia
B. merupakan salah satu upaya khusus dalam proses penambahan usia adalah dengan mengubah penampilan
C. penambahan usia dan penampilan merupakan 2 hal yang saling berhubungan
D. perubahan penggunaan warna kesayangan dan gaya berpakaian merupakan hal penting dalam penambahan usia
E. mengubah penampilan sama dengan memanjakan diri



5. Seorang wanita bertubuh langsing berjalan gemulai menyisir jalan. Badannya dibalut blus warna merah jambu. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya. Rambutnya tersisir rapi. Matanya bening, tetapi pandangannya sayu. Sebuah tas berwarna cokelat tua dikempitnya. ... .

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ... .
A. Sayangnya, dia tidak memakai selendang yang kusukai.
B. Memang, apa yang dipendam dalam hatinya itu akan ia lontarkan.
C. Namun, pikirannya yang terpendam itu dibiarkannya saja berulang-ulang.
D. Sayangnya, ia tak mau tahu kepada siapa akan ditumpahkannya pikirannya itu.
E. Selendang merah tua di pundaknya melambai tertiup angin



6. Di tempat inilah terjadi peristiwa yang menyesatkan. Namun, Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya. Dan kenyataannya lain. Ibu Monang telah menjodohkannya dengan gadis Batak pilihan ibunya. Monang sendiri tidak bisa menolaknya. Dia kawin dengan gadis pilihan ibunya. Sementara itu janin yang dikandung Manen, mengalami kelainan, bayi itu akan lahir cacat.
                                                                               
Raumanen, Mariene Katoppo

Nilai budaya yang terkandung dalam penggalan novel tersebut adalah …
A. Berpacaran sebelum menikah.
B. Pergaulan bebas.
C. Budaya patriarki dalam perkawinan
D. Kewenangan perempuan dalam memilih pasangan
E. Sistem tradisi perjodohan anak



7. Ular, biawak, cicak, dan sebagainya termasuk jenis binatang melata. Seperti jenis binatang lainnya, binatang-binatang tersebut memerlukan air. Begitu juga tumbuh-tumbuhan misalnya mawar, kelapa, sawo. Manusia juga memerlukan air. Manusia, tumbuh-tumbuhan, dan binatang sangat memerlukan air. 

Simpulan paragraf tersebut adalah... 
A. Semua manusia memerlukan air. 
B. Tumbuhan memerlukan air untuk hidup. 
C. Semua binatang memerlukan air untuk hidup. 
D. Setiap orang memerlukan air untuk hidup. 
E. Semua makhluk hidup sangat memerlukan air.



8. Premis Umum : Semua pendaftar bintara POLRI adalah lulusan SMA. 
Premis Khusus : Dito adalah pendaftar bintara POLRI. 
Simpulan : …. .

Simpulan yang tepat dari silogisme tersebut adalah ...  
A. Dito pendaftar bintara POLRI , lulusan SMA. 
B. Dito lulusan SMA. 
C. Dito sudah lulus dari SMA beberapa tahun lalu. 
D. Dito pendaftar bintara POLRI yang sudah lulus. 
E. Dito pendaftar bintara POLRI karena ia lulusan SMA. 



9. Lingkungan sehat, bersih, dan bebas dari pencemaran adalah dambaan setiap warga masyarakat. Untuk itu, berbagai cara telah dilakukan dalam menanggulangi masalah pencemaran lingkungan. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya, melakukan gerakan operasi bersih, melakukan program kali bersih seperti yang dilakukan di kali Ciliwung Jakarta merupakan jalan keluar dalam mengatasi pencemaran lingkungan. Perlu diingat bahwa usaha mengurangi pencemaran lingkungan ini tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah tetapi juga masyarakat. … . 

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... 
A. Dengan hidup bersih kita akan senantiasa sehat dan lingkungan asri 
B. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya dan tidak sembarangan. 
C. Marilah kita ciptakan budaya bersih, untuk mewujudkan lingkungan sehat.. 
D. Jadi, lingkungan yang bersih dan asri adalah dambaan setiap orang. 
E. Dengan demikian, pencemaran lingkungan dapat diatasi berkat kita semua,



10. Bagi bangsa Indonesia, bahasa Indonesia merupakan simbol dan identitas kultural maupun politis yang menjadi rantai pengikat kuat dalam membangun kebersamaan sebagai sebuah komunitas di dalam keberanekaragaman kepentingan. Sebagai sebuah rantai pengikat, bahasa Indonesia yang dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahsaan telah teruji mampu mempersatukan beragam kepentingan dan latar belakang etnis maupun agama. Berdasarkan hal ini, sudah selayaknya revitalisasi penggunaan bahasa Indonesia melalui program pembelajaran di sekolah harus selalu ditingkatkan dari hari ke hari.

Simpulan isi paragraf di atas adalah ... .
A. Bahasa Indonesia merupakan simbol identitas kultural maupun politis yang sudah selayaknya direvitalisasi penggunaannya melalui program pembelajaran di sekolah.
B. Sebagai rantai pengikat dalam membangun keberagaman kepentingan, bahasa Indonesia dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan.
C. Bahasa Indonesia yang sudah dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan mampu mempersatukan beragama kepentingan, latar belakang etnis maupun agama.
D. Kebersamaan sebagai sebuah komunitas mampu diwujudkan oleh bahasa Indonesia sejak dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan.
E. Revitalisasi penggunaan bahasa Indonesia melalui program pembelajaran di sekolah-sekolah harus ditingkatkan dari hari ke hari.



11. Bacalah penggalan surat berikut dengan saksama !
Surat Permohonan Izin Penggunaan Meeting Room
… 
Demi kelancaran acara tersebut, kami mohon agar Bapak mengizinkan penggunaan Meeting Room  untuk keperluan workshop pada tanggal 01-05 Februari 2022.

Dengan penuh harapan semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan permohonan tersebut 
… .

Kalimat yang tepat untuk penutup surat izin di atas adalah … .
A. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.
B. Atas izin yang  Bapak/Ibu berikan, kami mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menyampaikan banyak terima kasih.
D. Saya sampaikan terima kasih banyak kepada Bapak/Ibu atas diterimanya kami.
E. Atas segala perhatian bapak/ibu, saya mengucapkan terima kasih.



12. Fluktuasi harga minyak goreng sulit diprediksi karena sangat tergantung dari situasi perdagangan dunia. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pelaku industri rumah tangga yang sebagian besar menggunakan minyak goreng mencoba mencari alternatif penyelesaian masalah seperti menaikkan harga produk yang dijual dan mengurangi kuantitas produk yang dijual. 

Makna kata yang dicetak miring dalam paragraf di atas secara berurutan adalah ... .
A. perubahan harga, diramal, keberadaan
B. perubahan harga, ramalan, keadaan
C. gejala naik turunnya harga, ramal, keadaan
D. gejala naik turunnya harga, diramal, keadaan
E. keadaan naik turun, ramal, keberadaan



13. Pola pertumbuhan berat badan bayi dan panjang bayi digambarkan dalam gambar kurva pertumbuhan atau weight chart. Rentang pada kurva pertumbuhan mulai dari 5% sampai 95%. Bayi masih dikatakan normal ... bayi berada dalam kurva tersebut ..., bila berada di luar kurva, baik lebih rendah maupun lebih tinggi, tidak bisa otomatis dinilai ada kelainan.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. karena, tetapi
B. sampai, bila
C. ketika, daripada
D. andaikan, jadi
E. bila, namun



14. Apabila kita melihat dalam spektrum yang lebih luas dan juga mengaitkan dengan kebutuhan –  kebutuhan bangsa pada era reformasi ini, pastilah akan melihat putusan MK sebagai suatu yang bijak dan tepat. Sebab, kita akan sekaligus menghapus sekat-sekat lama yang begitu membelenggu, sesuatu yang selama ini menjadi ganjalan dalam proses rekonsiliasi nasional.  Memang benar bahwa bangsa Indonesia pernah mengalami pengalaman buruk dengan ideologi komunis. Akan tetapi semua sudah berlalu hampir empat dasa warsa. Haruskah ini menjadi dosa turunan yang tak akan termaafkan, sementara hal itu justru kontraproduktif bagi pembentukan visi bangsa ke depan?

Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat … .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima




15. Cermati paragraf berikut ini
Budidaya burung walet, ibarat mempunyai tabungan yang tidak ada habisnya. Sarang burung walet tidak hanya memiliki nilai ekonomis tinggi, tetapi juga pemasarannya sangat mudah, baik untuk pasar nasional maupun internasional. Budidaya jenis burung ini sangat prospektif untuk masa depan. Sayangnya hingga kini potensi itu belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Padahal, tahun lalu produk ekspor komoditas ini mencapai 12 juta dolar AS.

Gagasan pokok teks di atas adalah … .
A. nilai ekonomis tinggi 
B. potensi yang belum dimanfaatkan 
C. pemasaran bertaraf internasional 
D. budi daya burung walet 
E. tabungan jangka panjang 



16. Seorang anak yang baru lahir masih suci. Baik buruknya anak tersebut bergantung pada bagaimana cara orang tua mendidiknya, pengaruh orang-orang terdekat, dan lingkungannya. Kertas putih yang belum diberi goresan tak ubahnya seperti bayi, akan diberi goresan apa pada kertas itu bergantung kepada orang yang menggoreskannya. Jika orang itu pandai melukis, kertas itu akan menjadi lukisan yang bagus. Demikian juga dengan seorang anak … .

Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A. kita bebas memengaruhi anak dan menggoreskan apa saja pada kertas putih sesuai keinginan anak dan kita
B. jika orang tua membimbing anak tersebut dengan baik, akan menjadi baik pula seperti melukis lukisan yang indah 
C. anak akan memiliki karakter yang berbeda-beda seperti kertas digambar dengan gambar yang berbeda-beda sesuai keinginan si penggambar 
D. mendidik anak harus menggunakan pedoman agama karena anak masih suci dan tidak tercemar perbuatan dosa 
E. anak kecil mudah dipengaruhi oleh orang dewasa dan lingkungannya karena tergantung kepada kuat lemahnya pengaruh



17. Setelah sampai di sekolahan, Diba segera mencari tempat duduk. Ia tidak berani di kursi paling depan karena belum mengerjakan tugas. Ia yakin, Bu Firda akan marah jika tahu hal ini. Beberapa murid pernah dimarahinya. Dengan demikian, para siswa menjadi tampak rajin setiap pelajaran Bu Firda.

Kata tidak baku dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat … .
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
E. (1)



Bacaan untuk soal nomor 18 sampai dengan 19

Kepergian sejumlah tokoh pada saat kita memasuki seabad kebangkitan nasional seakan membawa pesan untuk kembali bangkit. Negeri ini  membutuhkan pelopor dan pejuang yang memiliki integritas moral, memegang teguh prinsip, memiliki keberanian melawan ketidakadilan, tidak korupsi, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, dan mengutamakan perhatiannya terhadap perbaikan nasib rakyat kecil. Kepergian mereka seolah mengingatkan bahwa dewasa ini sifat-sifat itulah yang hilang dari kalangan elit bangsa kita saat ini. Karena itu, alih-alih kita bangkit dalam kehidupan dunia global yang semakin kompetitif sekarang ini, malah sebaliknya limbung sehingga mendekati ambruk. Meskipin demikian, kita tetap menaruh harap semoga para elit bangsa kita menyadari hal ini dan kembali menyulut api kebangkitan nasional sebelum padam.  


18. Kalimat saran yang tepat untuk diungkapkan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Sebagai bangsa besar, kita tidak perlu lagi mengharap munculnya tokoh-tokoh pembaharu.
B. Jiwa luhur dan integritas moral yang baik telah dimiliki oleh para pemimpin Negara kita sejak dulu.
C. Tidak pada tempatnya jika kita tidak percaya dengan pemimpin yang kita pilih sendiri melalui Pemilu.
D. Para pemimpin saat ini sebaiknya memiliki integritas moral yang baik agar mampu mengelola negara dengan baik.
E. Sebaiknya kita menerima saja apa yang terjadi di Negara kita agar tidak terjadi kesuruhan lagi.



19. Simpulan kutipan opini yang sesuai dengan isi paragraf  tersebut yang tepat adalah … .
A. Para tokoh  memiliki integritas moral, teguh prinsip, berani, dan peduli rakyat kecil. 
B. Negeri ini   membutuhkan pelopor pejuang yang memiliki integritas. 
C. Kepergian para tokoh  membawa pesan untuk bangkit kembali bangsa kita. 
D. Kebangkitan nasional dicapai dengan memilih pemimpin yang memiliki kualitas kepemimpinan. 
E. Negeri ini memerlukan tokoh yang memiliki moralitas tinggi untuk bangkit kembali.



Bacaan untuk soal nomor 20 sampai dengan 21

(1) Bengawan Solo kembali mengamuk atas eksploitasi, destruksi, dan keserakahan manusia. (2) Jembatan dan akses jalan putus. (3) Permukiman dan sawah terendam banjir. (4) Rakyat miskin terdampak merasakan kedinginan, lapar, dan  tertekan akibat bencana ini. (5) Tanah longsor menjadi subur karena banyak humus di dalamnya.

20. Ide pokok paragraf tersebut adalah… .
A. Mengamuknya Bengawan Solo
B. Keadaan banjir Bengawan Solo
C. Terulang lagi musibah Bengawan Solo
D. Rusaknya bantaran Bengawan Solo
E. Amukan dahsyat Bengawan Solo



21. Kalimat sumbang  dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4
E. ke-5



22. Perhatikan penggalan gurindam berikut ini, 
Apabila terpelihara mata
Sedikitlah cita-cita

Maksud isi gurindam tersebut adalah …
A. Orang yang sering tidur terlalu malam akan mudah terkena penyakit mata
B. Orang tidak boleh memandang sebelah mata atas prestasi orang lain.
C. Orang yang tidak suka mencari ilmu akan mengalami kesulitan untuk hidup di masyarakat.
D. Orang yang berjiwa penakut akan kesulitan mendapatkan teman.
E. Orang yang sakit mata tidak boleh bergaul dengan orang lain agar tidak menular.


 
23. Panglima Besar Jenderal Sudirman lahir di Purbalingga, Jawa Tengah pada tahun 1916. Sejak kecil dia diambil sebagai anak angkat oleh saudara ibunya yang menjadi pejabat tinggi di kantor kehakiman Cilacap. Sudirman kecil dididik dalam suasana religius. Dia sering tirakat dengan cara mengurangi makan dan tidur untuk meningkatkan mutu kejiwaan. Pada malam hari ia sering menunaikan salat tahajud. 

Pernyataan yang sesuai dengan biografi di atas adalah … .
A. Sudirman sejak kecil hidup dalam suasana agama. 
B. Sudirman diasuh oleh ibu kandungnya sejak kecil. 
C. Sudirman diharuskan untuk melaksanakan salat tahajud pada malam hari.
D. Sudirman mengurangi makan dan tidur untuk tujuan ibadah. 
E. Orang tua Sudirman merupakan pejabat tinggi di kantor kehakiman Cilacap.



Bacaan untuk soal nomor 24 dan 25

Suasana benar-benar kacau balau. Beberapa orang melompat ke tepi dan tercebur ke kali. Beberapa perahu yang lepas tampak melaju menuju hilir. Yang lainnya menyusul, sementara teriakan  terdengar riuh sekali. Begitu saja keadaan terjadi. Arus deras dari kampar-kampar menyerbu dari hulu mendorong  sampan-sampan itu ke hilir. Sementara gemuruh kapal dari hilir makin mendekat, tetapi gemuruh dan gemertak api yang datang dari hulu lebih seru. Lengking suara orang dan tabuhan gong, menandakan tibanya petaka. … .

24. Paragraf tersebut termasuk jenis karangan  ....
A. argumentasi 
B. deskripsi 
C. eksposisi 
D. narasi
E. persuasi 


 
25. Kalimat  yang tepat untuk  menutup paragraf tersebut adalah.... 
A. Asap yang mengepul hitam legam menandakan kebakaran hebat terjadi.
B. Orang-orang berlarian untuk menyelamatkan diri.
C. Hujan begitu deras, melahap rumah dan apa saja yang ada di kampung.
D. Tidak diketahui nasib orang- orang yang berlompatan ke dalam air
E. Tidak dapat diharap lagi keadaan para nelayan di atas kapal.


No comments:

Post a Comment