8/10/2022

Kumpulan Materi dan Latihan Soal IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 2 (Genap)

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet yaa.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan rezeki yaa.. Baik, pada post kali ini saya akan menjabarkan materi- materi yang terdapat pada mapel IPAS kelas 4 SD Kurikulum Merdeka semester 2 (genap). Pada penerapan kurikulum merdeka, Mapel IPAS merupakan mapel gabungan IPA dan IPS khususnya pada jenjang SD. 

Photo by Henry Be on Unsplash


Nah, sebenarnya apa saja yaa yang dipelajari pada mapel IPAS tersebut, berikut akan saya sampaikan melalui ulasan berikut. 

Mapel IPAS kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum Merdeka terdiri atas 4 bab, diantaranya, 

Bab 5 Cerita Tentang Daerahku
Pada bab 5 ini teman- teman akan belajar tentang perkembangan sejarah daerah tempat tinggal, seperti perkembangan kerajaan- kerajaan nusantara pada masa lalu baik kerajaan bercorak Hindu - Buddha maupun kerajaan bercorak Islam dan peninggalannya. Di samping itu akan belajar tentang kekayaan alam yang ada di sekitar dan menelaah perkembangan daerah terhadap kehidupan perekonomian masyarakat di daerah tempat tinggal. 


Bab 6 tentang Indonesiaku kaya budaya. 
Nah, bab ini akan mempelajari tentang keragaman budaya dan kearifan lokal di daerah. Teman- teman juga akan mengetahui manfaat dan pelestarian keragaman budaya di Indonesia


Bab 7 tentang barang kebutuhan
Pada bab ini akan dipelajari tentang cara mendapatkan barang kebutuhan, pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan dengan nilai guna barang dan skala prioritas, pengenalan nilai uang sebagai alat tukar dalam jual beli dan alur kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan manusia.


Bab 8, tentang membangun masyarakat yang beradab.
Pada bab ini akan dipelajari tentang norma dan adat istiadat, serta peraturan tertulis dan tidak tertulis. Selain kedua materi di atas, juga akan dipelajari tentang identifikasi norma dan pentingnya norma dalam lingkungan masyarakat. 


Itulah materi- materi yang akan dipelajari pada mapel IPAS kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 2 (genap). Semoga kumpulan materi- materi ini membantu teman- teman dalam belajar. Jangan lupa  follow blog ini yaa untuk update artikel terbaru dan bagikan tulisan ini ke teman- teman lainnya.

Semoga Bermanfaat. 

Salam.


No comments:

Post a Comment