8/11/2022

Rangkuman Materi PPKn Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semester Ganjil Unit I Aku Cinta Pancasila

Hai sahabat Ahzaa, kita lanjutkan lagi yaa untuk merangkum materi- materi yang terdapat pada jenjang SD khususnya kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan ini akan saya rangkum tentang materi untuk mapel PPKn kelas 1 SD Kurikulum Merdeka sesuai dengan buku teks terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. 

source : https://bpip.go.id/

Untuk materi pembelajaran yang akan saya rangkum adalah Unit 1 Aku Cinta Pancasila. Pada unit materi ini dipelajari tentang elemen pembelajaran PPKn yang pertama, yaitu Pancasila. Teman- teman akan mempelajari tentang Pancasila baik simbol, makna pada simbol dan nilai- nilai Pancasila, Hubungan simbol- simbol Pancasila dengan sila- sila Pancasila dan penerapan nilai- nilai  sila- sila Pancasila. Baik, langsung saja yaa berikut rangkumannya. 
========================================================================================
Rangkuman Materi PPKn Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka 
Unit I Aku Cinta Pancasila

A. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca dan sila. kata panca berarti lima dan sila berarti sendi/dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Jadi Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik

B. Bunyi lima sila Pancasila
1. Ketuhanan yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan.
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

C. Implementasi atau contoh perilaku sesuai nilai Pancasila
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung nilai ketuhanan yang meliputi iman, takwa, syukur dan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua pemeluk agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk berkembang di Indonesia.

2. Sila kemanusiaan yang Adil dan Beradab mengandung nilai kesamaan derajat, kewajiban, hak, cinta-mencintai, hormat-menghormati, keberanian membela kebenaran dan keadilan, toleransi, serta gotong royong.

3. Sila Persatuan Indonesia dalam masyarakat Indonesia yang majemuk mengandung nilai persatuan bangsa dan kesatuan wilayah sebagai pengikat yang menjamin keutuhan nasional atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.

4. Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mempunyai nilai kerakyatan sebagaimana kedaulatan negara ada di tangan rakyat dan keputusan bersama merupakan hikmat kebijaksanaan harus dihargai bersama.

5. Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, mengandung nilai keadilan, keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghargai hak orang lain, gotong royong, dan kerja keras untuk mewujudkan kemajuan yang adil dan merata

D. Makna warna pada simbol Garuda Pancasila
Garuda Pancasila terdiri atas tiga komponen utama, yaitu burung garuda, perisai dan pita putih. Jumlah bulu pada sayap Garuda sebanyak 17, bulu di ekor berjumlah 8, bulu di pangkal ekor berjumlah 19 dan bulu di leher berjumlah 45. Dan bulu-bulu tersebut mengandung makna jika digabungkan menjadi 17 (tujuh belas) 8 (delapan) dan 1945 (sembilan belas empat lima) yang menggambarkan waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, yaitu 17 Agustus 1945.

Makna warna pada simbol Garuda Pancasila
1. Warna hitam menjadi warna kepala banteng yang terdapat di lambang Garuda Pancasila. Warna hitam digunakan juga untuk warna perisai tengah latar belakang bintang, juga untuk mewarnai garis datar tengah perisai. Warna hitam juga dipakai sebagai warna tulisan untuk semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.
2. Warna merah digunakan untuk warna perisai kiri atas dan kanan bawah yang terdapat pada lambang Garuda Pancasila.
3. Warna hijau digunakan sebagai warna pohon beringin.
4. Warna putih dipakai untuk warna perisai kiri bawah dan kanan atas. Warna putih juga diberi pada pita yang dicengkeram oleh burung Garuda Pancasila.
5. Warna kuning diletakkan sebagai warna Garuda Pancasila, untuk warna bintang, rantai, kapas, dan padi.

Bagian perisai dari Garuda
Perisai yang terdapat pada Garuda, mengandung lima buah simbol yang masing- masing melambangkan sila-sila dari dasar negara Pancasila. Perisai yang dikalungkan tersebut melambangkan pertahanan Indonesia.

1. Bintang Tunggal
Makna Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan perisai hitam dengan sebuah bintang emas berkepala lima (bersudut lima), bintang emas sendiri dapat diartikan sebagai sebuah cahaya seperti layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

2. Rantai Emas
Makna Sila 2, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu, gelang yang persegi menggambarkan pria sedangkan gelang yang lingkaran menggambarkan wanita.

3. Pohon Beringin
Makna Sila 3, Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di bagian kiri atas perisai berlatar putih, pohon beringin merupakan sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang–sebuah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung dari ranting-rantingnya. Ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun memiliki berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda.

4. Kepala Banteng
Makna Sila 4, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Disimbolkan dengan kepala banteng pada bagian kanan atas perisai berlatar merah. Lembu liar atau banteng merupakan binatang sosial yang suka berkumpul, sama halnya dengan manusia di mana dalam pengambilan keputusan harus dilakukan secara musyawarah salah satunya dengan cara berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

5. Padi Kapas
Makna Sila 5, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas di bagian kanan bawah perisai yang berlatar putih. Kapas dan padi (mencerminkan pangan dan sandang) merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status maupun kedudukannya. Ini mencerminkan persamaan sosial di mana tidak adanya kesenjangan sosial antara satu dan yang lainnya, tapi hal ini (persamaan sosial) bukan berarti bahwa Indonesia memakai ideologi komunisme.

========================================================================================
Demikian Rangkuman Materi PPKn Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Semester Ganjil Unit I Aku Cinta Pancasila. Semoga rangkuman di atas membantu teman- teman dalam belajar materi PPKn kelas 1 SD Unit 1 Aku Cinta Pancasila. 

Oya, nantikan juga latihan soal sumatif untuk unit I sebagai uji kompetensi teman- teman dalam memahami materi yang diajarkan. 



Tetap di AhzaaNet yaa.. Follow juga blog ini untuk update artikel  terbaru. Jangan lupa bagikan tulisan di atas bila bermanfaat..

Terima kasih sudah berkunjung. 

Salam.

No comments:

Post a Comment