3/07/2024

Balai Bahasa Kemendikbudristek Gelar Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2024, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Balai Bahasa) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)  menggelar sayembara penulisan bahan bacaan literasi tahun 2024. Kegiatan sayembara lomba tersebut rencananya akan diselenggarakan pendaftarannya 6 Maret 2024 hingga 29 April 2024. 



Sayembara lomba penulisan bahan bacaan literasi tahun 2024 yang diselenggarakan dalam rangka gerakan literasi nasional mentargetkan hasil berupa 300 buku cerita bergambar untuk jenjang B1- B3 dan 50 buku novel bergambar untuk jenjang D dengan berbagai tema. 

Untuk jenjang B1- B3, tema yang diusung adalah pencegahan kekerasan terhadap anak, pengenalan literasi finansial, pengenalan literasi kewarganegaraan, mitigasi bencana dan sanitasi serta kesehatan. Sementara itu, untuk jenjang D, tema berkisar tentang pencegahan kekerasan terhadap anak, fiksi sains dan perubahan iklim serta isu lingkungan. 

Para peserta yang akan mengikuti sayembara lomba penulisan bahan bacaan literasi tahun 2024 merupakan warga negara Indonesia yang sudah berusia 19 tahun. Bagi peserta yang tidak memiliki kemampuan ilustrasi, maka wajib bekerja sama dengan ilustrator profesional. 

Bagi penulis yang terpilih pada sayembara lomba ini, akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 16 juta rupiah perbuku yang diberikan dalam dua tahap. 

Pendaftaran Peserta
Untuk dapat melakukan pendaftaran melalui https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2024 dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut :
  1. Foto/ scan KTP/ SIM/ Kartu Mahasiswa
  2. Foto/ scan NPWP baik milik pribadi atau gabungan yang mencantumkan nama calin penulis.
  3. Biodata dan pas foro ukuran 3X4 berwarna 
  4. Papan cerita/ storyboard untuk jenjang B1- B3 dan rancangan buku untuk jenjang D
  5. ilustrasi/ gambar berwarna untuk satu atau dua halaman berdasarkan storyboard untuk jenjang B1- B3 dan berdasarkan deskripsi ilustrasi pada rancangan buku untuk jenjang D.
  6. Surat pernyataan keaslian naskah/ ilustrasi dan kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan. 

Dalam lomba tersebut, jika peserta mengirimkan buku cerita dalam jenjang yang berbeda, maka diberikan kesempatan dengan melampirkan maksimal dua file yang berbeda. Sebagai tambahan, pendaftaran melalui tautan hanya dilakukan sekali dengan satu akun. 

Jadwal Kegiatan Sayembara Seleksi Penulis 
  • 6 Maret 2024 : Pengumuman Seleksi Penulis 
  • 6 Maret - 19 April 2024 : Masa Pendaftaran Seleksi Penulis 
  • 19 April 2024 : Batas Akhir Pengumpulan Berkas
  • 6 Maret - 20 April 2024 : Seleksi Administrasi
  • 22 April - 1 Juni 2024 : Seleksi pakar/ dewan juri
  • 4 - 7 Juni 2024 : Moderasi Penjurian 
  • 10 Juni 2024 : Pengumuman Penetapan Penulis Terpilih  

Demikian informasi sayembara Sayembara lomba penulisan bahan bacaan literasi tahun 2024. Bagi yang berminat, yuk persiapkan syarat- syarat yang diperlukan dan segera lakukan pendaftaran. Oya, juknis dan flyer dapat diunduh melalui pengumuman lomba di laman web resmi badan bahasa DISINI.

Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment