3/16/2024

Kemendikbudristek Gelar Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Program Pengembangan Kompetensi Guru (PKG) Mapel PJOK 2024, Berikut Syarat Peserta, Cara Pendaftaran, dan Jadwal Seleksinya

Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan menggelar Program Pengembangan Kompetensi Guru (PKG) pengampu mapel PJOK. Program tersebut merupakan program pelatihan dan kegiatan kolektif guru untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan khususnya untuk pengampu mapel PJOK yang berasal dari Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak Angkatan 1 s.d. 9, Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. 


Rencana pelaksanaan kegiatan Program Pengembangan Kompetensi Guru (PKG) mapel PJOK tersebut dilakukan pada 27 Mei hingga 24 Agustus 2024 mendatang. Selama kurang lebih tiga bulan tersebut, para peserta akan melalui pembelajaran secara tatap maya dan tatap muka dengan mekanisme pembelajaran kombinasi (blended learning). 



Syarat Peserta PKG PJOK 2024
  1. Calon peserta merupakan guru pengampu PJOK yang berasal dari Guru Penggerak Angkatan 1 sampai dengan 8 serta Calon Guru penggerak angkatan 9 yang mengampu mapel PJOK. 
  2. Guru penggerak sedang tidak bertugas selama proses seleksi dan pendidikan program PKG PJOK apabila telah menjadi pengajar praktik, fasilitator, dan/ atau instruktur.
  3. Peserta dapat berasal dari guru ASN, Non ASN dari sekolah negeri maupun swasta di jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. 
  4. Untuk guru penggerak angkatan 1 sampai 8, maka peserta memiliki sertifikat guru penggerak.
  5. Peserta memiliki akun guru di Dapodik.
  6. Kualifikasi pendidikan peserta minimal S1/ D4 dengan pengalaman mengajar minimal lima tahun. 
  7. Bagi calon guru penggerak yang lulus diklat PGP angkatan 9, maka sertifikat secara otomatis akan langsung ditambahkan. 

Cara Pendaftaran PKG PJOK 2024
Untuk mengikuti pendidikan program PKG PJOK, maka calon peserta dapat melalui beberapa tahapan rekrutmen, diantaranya sebagai berikut :
Mengisi CV melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dan mengunggah dokumen penting yang terdiri atas :

a. Biodata pada laman.
b. Scan KTP.
c. Pas foto.
d. Sertifikat guru penggerak (untuk Guru Penggerak angkatan 1 s.d. 8) .
e. Sertifikat/penghargaan atau prestasi di bidang PJOK.
f. Scan ijazah S1 (asli atau salinan yang dilegalisir).
g. Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar yang ditandatangani dan dibubuhi cap sekolah
h. Pakta integritas sebagai peserta pendidikan (sesuai format).
i. Surat izin dari pimpinan satuan kerja (sesuai format).

Setelah melengkapi CV dan unggahan dokumen pada laman, calon peserta dapat melakukan pelatihan mandiri dan menyelesaikan post tes pada PMM dengan topik modul yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. 

Jadwal seleksi 
  • 16 Februari 2024 : Informasi pendaftaran Calon peserta pendidikan Program PKG PJOK
  • 13 Maret – 3 April 2024 :  Pendaftaran dengan Mengunggah CV, dokumen penting
  • 13 Maret – 3 April 2024 :  Pelatihan mandiri & pengerjaan Post-test di PMM dengan Topik Kurikulum Merdeka 
  • 16 – 19 April 2024 :  Verval & Sinkronisasi data dengan PMM 
  • 22 – 26 April 2024 : Pengolahan Data 
  • 29 April 2024 : Pleno Kelulusan 
  • 30 April 2024 : Pengumuman kelulusan 
  • 27 Mei – 24 Agustus 2024 : Pendidikan Program PKG PJOK 
 
Demikian informasi Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Program Pengembangan Kompetensi Guru (PKG PJOK) 2024. Bagi yang memenuhi syarat, yuk segera lengkapi dokumen yang dipersyaratkan untuk mengikuti program ini. Bagi yang memerlukan informasi lengkap dan format pakta integritas serta surat izin dari pimpinan satuan kerja, dapat dilihat melalui dokumen berikut :



Semoga Bermanfaat 

Salam. 

No comments:

Post a Comment