4/23/2024

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, Inilah Tema, Logo dan Himbauan Ragam Aktivitas yang dilaksanakan

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis surat edaran tentang peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Melalui Surat nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 tertanggal 22 April 2024 tersebut disampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 yang meliputi ketentuan umum seperti tema, logo, penyelenggaraan upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional, dan ragam aktivitas yang dilaksanakan dalam memperingati Hardiknas 2024. 

Tema Hardiknas 2024 
Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". Selain itu, Bulan Mei tahun 2024 juga ditahbiskan sebagai bulan Merdeka Belajar. 

Logo Hari Pendidikan Nasional 
Logo Hari Pendidikan Nasional dapat diunduh melalui laman Kemdikbud di www.kemdikbud.go.id. Logo dan tema yang diusung dapat digunakan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 melalui publikasi cetak, elektronik maupun media sosial. 

Pelaksanaan Upacara Bendera
Penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 digelar oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta segenap instansi baik di tingkat pusat, daerah, satuan pendidikan dan kantor perwakilan republik Indonesia di luar negeri dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Adapun waktu dari pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hardiknas 2024 dilakukan pada Hari Kamis, 2 Mei 2024 pukul 07.30 waktu setempat di halaman kantor/ lapangan/ tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat. 

Pakaian Peserta Upacara Hardiknas 2024
Pakaian untuk peserta upacara dirinci sebagai berikut :
Undangan 
Pejabat dan Undangan memakai pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. 

Barisan 
Pegawai, pendidik, siswa dan mahasiswa memakai pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. Petuga upacara memakai pakaian sesuai dengan ketentuan. 

Ragam Aktivitas Hardiknas 2024
Segenap instansi tersebut di atas juga dapat menyelenggarakan aktivitas atau kegiatan untuk memeriahkan Hardiknas tahun 2024 dan bulan Merdeka Belajar 2024 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik. Selain itu, sebagai tambahan, publikasi peringatan Hardiknas 2024 dan Bulan Merdeka Belajar dapat dilakukan melalui media sosial dengan tagar #Hardiknas2024 dan #LanjutkanMerdekaBelajar.

Surat Edaran berisikan pedoman penyelenggaraan peringatan Hardiknas Tahun 2024 dapat diunduh DISINI dan Pedoman pelaksanaan upacara Peringatan Hardiknas 2024 dapat diunduh DISINI.

Semoga Bermanfaat. 

Salam.  

No comments:

Post a Comment