5/06/2024

Daftar Beasiswa LPDP? Inilah Dokumen Penting yang Mesti Disiapkan

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola program dana pendidikan atau beasiswa di Indonesia. LPDP memberikan kesempatan bagi masyarakat, akademisi dan kalangan pekerja untuk memperoleh pendanaan guna melanjutkan pendidikannya baik di jenjang S-1, S-2, maupun S-3. 

Image by StockSnap from Pixabay

Beasiswa LPDP merupakan bentuk beasiswa yang bergengsi sehingga perlu perjuangan berat untuk meraihnya. Persiapan diri baik secara mental, akademis maupun administrasi mesti dipersiapkan terlebih dahulu untuk mendapatkannya. 

Persiapan dokumen adalah salah satu persiapan penting yang kudu dipenuhi oleh para pendaftar. Nah, apa saja dokumen yang harus dipersiapkan? Berikut ulasannya,

Sertifikat Kemampuan Bahasa Inggris 
Sertifikat kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS maupun Duolingo English Test (DET) dapat menjadi persyaratan dokumen penting yang harus dipenuhi. Setiap beasiswa yang dibuka biasanya mensyaratkan pendaftar dengan tingkat skor tertentu, misalnya IELTS yang berkisar antara 6,5 sampai 7,0.

Esai 
Setiap pendaftar beasiswa biasanya wajib membuat esai sebagai salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa LPDP. Esai yang dibuat disyaratkan sepanjang 1.500 hingga 2.000 kata dengan ketentuan yang melampirkan rencana kemanfaatan setelah lulus studi dan komitmen untuk kembali ke Indonesia setelah lulus studi.

Surat Rekomendasi 
Surat Rekomendasi biasanya berupa surat rekomendasi yang bersifat online maupun offline. Surat rekomendasi online merupakan surat rekomendasi yang dikirim LPDP melalui e-mail dan meminta pendaftar untuk melengkapi isian formulir rekomendasi. Pendaftar dapat mengisikan secara lengkap sebelum dikirim ke LPDP. Sedangkan surat rekomendasi offline merupakan surat rekomendasi yang diunggah melalui aplikasi pendaftaran. 

Letter of Acceptance (LoA)
Meskipun Letter of Acceptance bukanlah dokumen wajib yang harus dipenuhi, akan tetapi LoA dapat menjadi syarat salah satu tahapan seleksi dari beberapa kampus yang terdaftar. Pendaftar yang memiliki LoA, dapat mengikuti seleksi administrasi kemudian seleksi subtstansi. Bagi pendaftar yang mendaftar tanpa melalui LoA, maka dapat melalui seleksi bakat skolastik lebih dahulu sebelum lanjut ke tahapan berikutnya.

Data Pendukung
Data pendukung yang harus disiapkan berikutnya adalah dokumen- dokumen diri pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Scan Ijazah dan transkrip Nilai. Mahasiwa pendaftar lua negeri yang ingin mmembuat Selain itu, lengkapi juga dengan Surat Pernyataan pada aplikasi pendaftaran dan bagi pendaftar PNS/ TNI atau Polri, maka harus melengkapi dengan surat usulan pejabat yang membidangi SDM. Sedangkan untuk pendaftar beasiswa S3, maka dapat melampirkan proposal penelitian sebagai kelengkapan dokumen. 

Itulah dokumen - dokumen yang biasanya diperlukan ketika mendaftar beasiswa LPDP. Buat yang mau daftar, yuk persiapkan dokumennya dari sekarang...
Selamat berjuang
Salam. 

No comments:

Post a Comment