5/02/2024

Kemdikbudristek Buka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2024 Program S1, S2, dan S3, Kesempatan Kuliah Gratis Peserta Didik, Guru dan Dosen, Yuk Simak Informasinya

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahun 2024 kembali dibuka Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2024 merupakan beasiswa untuk jenjang sarjana (S1), Magister (S2) hingga doktoral (S3) yang diperuntukkan untuk peserta didik, tenaga pendidik hingga insan budaya. 



Melalui webinar tentang Sosialisasi Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Indonesia (BPI) tahun 2024 yang disiarkan oleh YouTube Puslapdik, Kamis, 2 Mei 2024, Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, menyampaikan bahwasanya BPI merupakan kesempatan bagi para pendidik dan insan budaya untuk meningkatkan kapasitas dan menginspirasi generasi mendatang. 

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) pertama kali diluncurka pada tahun 2021 sebagai terobosan pemerintah dalam memberikan kesempatan bagi peserta didik, pendidik, seperti guru, dosen, dan insan budaya untuk menempuh pendidikan gelar maupun non-gelar di dalam maupun luar negeri. 

Abdul Haris, selaku Direktur Pendidikan Tinggi Riset dan teknologi (Diktiristek) juga menambahkan bahwa pada tahun 2024, akan ada perluasan percepatan gelar (fast track) jenjang S2 dan S3 khususnya di luar negeri. 

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahun 2024 ini menyasar 9.951 penerima dengan tujuan pendidikan di dalam negeri atau luar negeri dengan 14 program yaitu 5 program sarjana (S1), 4 program magister (S2) dan 5 program doktoral (S3). Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

Program S1
Beasiswa S1/ D4 Calon Guru SMK -Dalam Negeri
Beasiswa Indonesia Maju (BIM) - Dalam dan Luar Negeri
Beasiswa S1 Pelaku Budaya - Dalam Negeri 
Beasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 
Beasiswa pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) 

Program S2 
Beasiswa S2  Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) - Dalam Negeri dan Luar Negeri 
Beasiswa S2  Calon Dosen perguruan Tinggi Vokasi (PTV)- Dalam Negeri dan Luar Negeri 
Beasiswa S2 Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Dalam Negeri dan Luar Negeri 
Beasiswa S2 Pelaku Budaya - Dalam Negeri dan Luar Negeri 

Program S3 
Beasiswa S3  Perguruan Tinggi Akademik (PTA) - Dalam Negeri dan Luar Negeri 
Beasiswa S3 Perguruan Tinggi Akademik (PTA) Joint Degree/ Dual Degree
Beasiswa S3 Pelaku Budaya - Dalam Negeri/ Luar Negeri 
Beasiswa S3 Dosen LPTK/ Pendidikan Profesi Guru - Luar Negeri 
Beasiswa S3 Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) - Dalam Negeri dan Luar Negeri

Pendaftaran BPI 2024
Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) tahun 2024 sudah mulai dibuka tanggal 2 Mei 2024.
Penutupan pendaftaran beasiswa untuk program beasiswa luar negeri di akhir Mei dan beasiswa dalam negeri pada Juni 2024. Adapun seleksi administrasi dan substansi dan pengumuman hasil seleksi diberitahukan segera. 

Bagi yang berminat, yuk segera daftar melalui laman https://www.beasiswa.kemdikbud.go.id, lalu klik menu daftar dan ikuti langkah selanjutnya. 

Selamat Berjuang

No comments:

Post a Comment