5/08/2024

Kemdikbudristek Buka Program Magang Instruktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista Tahun 2024, Berikut Mekanisme Daftar, Dokumen dan Timeline Pendaftarannya

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggelar program magang instruktur lembaga kursus dan pelatihan (LKP) khususnya untuk bidang vokasi teknik sepeda motor dan barista tahun 2024.

Source picture: Kemdikbud


Program magang yang ditujukan bagi para instruktur kursus dan pelatihan tersebut mulai dibuka tanggal 5 Mei hingga 16 Mei 2024. Adapun pelaksanaan magang dilakukan pada tanggal 3 sampai dengan 14 Juni 2024. Bagi para peserta yang terpilih dalam program magang LKP, dapat mengikuti setiap pembelajaran secara gratis atau tanpa biaya.

Mitra Pelatihan Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista
Program magang industri kursus dan pelatihan untuk instruktur LKP bidang Teknik sepeda motor bekerja sama dengan Yamaha Direct Distribution System (DDS) 2 Jawa Barat, sementara untuk bidang keterampilan barista, mitra yang ditunjuk untuk bekerja sama adalah Indonesia Coffee Academy by Anomali Coffee. 

Yamaha dipilih sebagai mitra industri untuk bidang Teknik Sepeda Motor untuk mensukseskan program ini sebagai komitmen keterlibatan Yamaha dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sebelumnya, Yamaha telah bekerja sama dengan 88 SMK binaan yang melingkupi sertifikasi guru maupun pelatihan. 

Sedangkan Indonesia Coffee Academy, merupakan lembaga pelatihan para barista yang sudah memiliki nama di Indonesia. Latihan yang akan diberikan untuk program magang barista mencakup pengetahuan dasar tentang kopi, berbagai macam teknik manual brew, hingga manajemen coffee shop. Tentunya, pelatihan tersebut akan lebih banyak mengedepankan praktik daripada teori.

Tentang Program Magang Industri Instruktur LKP 
Program magang industri untuk instruktur LKP diselenggarakan sejak tahun 2020 dimana sebanyak 354 orang instruktur kursus telah melakukan magang di sejumlah industri yang membekali mereka dengan berbagai macam keterampilan. 

Mekanisme Langkah Pendaftaran 
  1. Penyusunan pedoman dan program
  2. Sosialisasi program magang
  3. Pengumuman pembukaan pendaftaran
  4. Proses kurasi yang mencakup pengiriman portofolio hingga wawancara

Dokumen Pendaftaran 
Berikut ini beberapa dokumen yang dapat dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran, diantaranya :
  1. Foto NPSN lembaga 
  2. Sertifikat Keterampilan
  3. Sertifikat Kompetensi lain yang terkait 
  4. Pengalaman kerja di bidang terkait 
  5. Surat pernyataan tidak mengikuti kegiatan lain baik luring maupun daring 
  6. KTP
  7. Ijazah pendidikan terakhir 
  8. Prestasi/ penghargaan di bidang terkait 
  9. Surat Keterangan sehat dari dokter 
  10. Surat rekomendasi dari lembaga

Timeline Pendaftaran 
  • 5 Mei s.d. 16 Mei 2024 : Pembukaan Pendaftaran 
  • 3 s.d. 14 Juni 2024 : Pelaksanaan Magang 

Hanya 15 isntruktur terpilih untuk masing- masing bidang yang akan mengikuti program ini. Buat teman- teman yang tertarik, Yuk akses laman pendaftaran di  https://bit.ly/simantappendaftaran  

Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment