12/02/2022

Mau Tahu Penerimaan Mahasiswa Baru PTN melalui Sistem SNPMB 2023, Yuk Simak Informasinya Berikut Ini

Halo Sahabat Ahzaa, selamat datang di AhzaaNet. Hari ini kita akan mengulas tentang sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023. Nah, buat teman- teman yang tahun 2023 akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN), simak yaa informasi sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 berikut ini.

Teman- teman, berdasarkan Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022,  terdapat 3 jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diantaranya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri oleh perguruan tinggi negeri.

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) merupakan badan yang mempersiapkan dan mengelola mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) dan seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) untuk pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay


Jalur- Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Nah, selanjutnya mari kita mengenal lebih jauh tentang jalur- jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui sistem SNBT 2023.

1. Jalur seleksi Nasional Berdasar Prestasi 
Jalur seleksi ini merupakan jalur seleksi berdasarkan hanya nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Biaya SNBP sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah dan tidak dibebankan pada peserta. Adapun kuota minimum jalur SNBP masing-masing perguruan tinggi negeri adalah 20%.

Siswa yang telah dinyatakan lulus SNBP 2023 tidak diperbolehkan untuk mengikuti ikut ujian tulis berbasis komputer atau utbk 2023 termasuk siswa yang telah lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN pada tahun 2021 dan Tahun 2022 

Persyaratan mengikuti SNBP
a. Sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sekolah juga sudah terakreditasi dengan ketentuan :
- Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya
- Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya
- Akreditasi C dan lainnya : 5 % terbaik di sekolahnya

b. Siswa memiliki prestasi akademik dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

c. Siswa memiliki rapor dari semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS

2. Jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT)  
Jalur seleksi SNBT diambil berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN akademik,  PTN vokasi dan PTKIN yang bersangkutan. 

Kuota minimum SNBT non PTN badan hukum adalah 40% dan kuota seleksi Mandiri Maksimum 30%. Untuk PTN badan hukum kota minimumnya 30% dan kuota seleksi Mandiri maksimum 50%.

Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti utbk sebanyak satu kali dan hasil utbk hanya berlaku untuk mendaftar SNBP 2023. Calon peserta yang akan mengikuti SNBT terdiri atas lulusan Tahun 2021, 2022 dan 2023.

Sistem Ujian SNBT 2023
Sistem ujian tes pada SNBT tahun 2023 masih menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay
 
Adapun materi dalam UTBK yang diujikan mencakup tiga materi utama antara lain :

a. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya pendidikan tinggi. TPS mengujikan kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sementara kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. 

b. Literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris. 
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan untuk memahami menggunakan mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

c. Penalaran matematika
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep prosedur fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Pada seleksi masuk 2023 pemerintah juga menyediakan bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar kuliah bagi siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Teman - teman dapat membaca informasi terkait KIP kuliah pada pusat layanan pembiayaan pendidikan melalui laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Semoga saja yaa melalui inovasi ini teman- teman calon mahasiswa mendapatkan layanan seleksi yang transparan Kredibel akuntabel berkeadilan dan berkualitas. Oya, for further information, Selalu pantengi web resminya yaa di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Semoga sukses ya teman- teman
 
Semoga Bermanfaat Informasinya

No comments:

Post a Comment