12/26/2022

Mengenal Magnet, Sifat Magnet, dan Pemanfaatan Magnet dalam Kehidupan Sehari- hari

Magnet merupakan benda yang memiliki kemampuan untuk menarik logam tertentu. Gaya yang dihasilkan oleh magnet disebut gaya magnet. magnet mampu menarik benda- benda yang terbuat dari logam seperti besi, jarum, paku. Benda- benda tersebut dapat ditarik oleh magnet apabila benda- benda tersebut masih berada dalam medan magnet atau daerah yang masih terpengaruh oleh gaya magnet. Gaya magnet berasal dari adanya interaksi antara kutub-kutub magnet yang ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik (elektron) pada benda.

magnet
Source : Freepik
Sifat- Sifat Magnet
A. Magnet selalu memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub magnet yang senama bila didekatkan akan tolak menolak, sedangkan kutub-kutub magnet yang berbeda nama bila didekatkan akan tarik-menarik. Kutub-kutub ini selalu ada pada setiap magnet walaupun magnet tersebut dipotong menjadi potongan magnet kecil.

edited image by AhzaaNet
Original Image by brgfx on Freepik



B. Magnet dapat menarik benda tertentu.
Berdasarkan sifat interaksi bahan terhadap magnet, benda diklasifikasikan menjadi tiga  kelompok, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik. 

1. Benda Feromagnetik
Benda Feromagnetik merupakan benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Benda- benda yang termasuk golongan feromagnetik adalah besi, baja, kobalt, dan nikel. 

2. Benda Paramagnetik
Benda paramagnetik merupakan benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet. Contoh Benda- benda bparamagnetik adalah magnesium, aluminium, dan lithium. 

3. Benda Diamagnetik
Benda diamagnetik merupakan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh benda- benda diamagnetik adalah perak, emas, tembaga, kayu, kertas, dan plastik.

C. Memiliki medan magnet.
Medan magnet merupakan daerah di sekitar magnet yang dapat memengaruhi magnet atau benda feromagnetik. Medan magnet terbesar terletak pada ujung-ujung kutub magnet.

Pembuatan Magnet
Magnet tidak hanya dapat ditemukan di alam sebagai magnet alami, tetapi ada juga benda yang dapat dibuat menjadi bersifat magnet.

a. Menggosok
membuat magnet dengan menggosok


Baja dan besi dapat dijadikan magnet dengan cara menggosoknya dengan arah yang tetap, agar magnet elementer dapat diatur untuk menuju ke satu arah saja. 

b. Induksi
membuat magnet dengan induksi


Baja dan besi dapat dijadikan magnet dengan cara menginduksi atau mendekatkannya dengan magnet selama beberapa waktu.

c. Elektromagnet
membuat magnet dengan elektromagnet


Magnet juga dapat dibuat dengan cara meliliti besi atau baja dengan kawat penghantar yang dialiri arus DC. Arus DC dipilih karena arus tersebut dapat menyamakan arah magnet elementer pada besi atau baja.

Menghilangkan Sifat Magnet
Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara 
1. Memukul- mukul
memukul- mukul magnet


2. Memanaskan
memanaskan magnet


3. Meliliti magnet dengan arus bolak balik atau AC. 
mengalirkan arus AC

Pemanfaatan Magnet

Gambar oleh Sara Torda dari Pixabay 

Sifat- sifat magnet dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari. Berikut ini adalah pemanfaatan sifat- sifat magnet,
1. Magnet pada kompas sebagai penunjuk arah
2. Sifat magnet dapat dimanfaatkan pada alat- alat seperti speaker, bel litrik, sakelar, dan telepon kabel
3. Sifat magnet dapat diterapkan pada pekerjaan alat berat seperti alat pengangkat peti kemas di pelabuhan

Demikian Materi tentang Magnet, Sifat Magnet, dan Pemanfaatan Magnet dalam Kehidupan Sehari- hari. Semoga tulisan di atas bermanfaat dalam memahami materi tentang Magnet. Nantikan pembahasan- pembahasan materi lainnya hanya di AhzaaNet. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment