12/27/2022

Mengenal Jenis- Jenis Sumber Energi Alternatif, Pemanfaatan, Kelebihan dan Kelemahannya

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Sumber energi alternatif dirasakan mampu menggantikan sumber energi fosil yang jumlahnya kian terbatas. Hal ini disebabkan ketersediaan sumber energi alternatif yang tidak terbatas, dapat digunakan terus menerus dan ramah lingkungan. 

Untuk menggantikan sumber energi fosil, beberapa sumber energi alternatif dapat dimanfaatkan. Berikut contoh sumber - sumber energi alternatif dan pemanfaatannya dalam menggantikan sumber energi fosil.

Designed by pch.vector/ Freepik


Jenis- Jenis Sumber Energi Alternatif
1. Air

Designed by macrovector / Freepik

Air merupakan salah satu sumber energi alternatif yang tidak akan habis. Selama siklus air berjalan dengan baik, maka ketersediaan air akan tetap dan mencukupi. Sumber daya air skala besar banyak dimanfaatkan dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang prinsip kerjanya memanfaatkan turbin air dengan generator listrik dalam mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Selain untuk keperluan pembangkit listrik, air juga dimanfaatkan dalam membantu irigasi pertanian dan transportasi. 

2. Angin
Designed by macrovector / Freepik

Angin adalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara rendah ke suhu udara tinggi yang terjadi akibat pemanasan matahari terhadap atmosfir dan permukaan bumi. Angin merupakan salah satu bentuk energi alternatif yang tersedia di alam untuk menghasilkan listrik melalui konversi energi kinetik. Energi dari angin diubah menjadi energi kinetik atau energi listrik. Pemanfaatan angin sebagai energi listrik di Indonesia dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Prinsip kerja dari energi angin adalah memanfaatkan angin yang memutar kincir kemudian diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator di bagian belakang kincir angin, sehingga menghasilkan energi listrik.

3. Panas Bumi

Designed by macrovector / Freepik

Panas bumi merupakan sumber energi panas yang tersimpan di bawah permukaan bumi. Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga panas bumi dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) adalah tenaga listrik yang dihasilkan dari gerak turbina yang digerakkan oleh panas bumi. Langkah pemanfaatannya adalah dengan membuat sumur yang kedalamannya mencapai titik panas bumi, lalu panas tersebut dialirkan ke lokasi turbin untuk menggerakkan turbin. 

4. Matahari 

Designed by macrovector / Freepik

Matahari merupakan sumber energi panas terbesar yang bisa dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dengan mengubah terlebih dahulu ke bentuk energi lainnya. Pemanfaatan energi matahari dilakukan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia. Pemanfaatan tenaga surya dilakukan dengan mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik. 

Bahan dasar untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor. Umumnya bahan yang digunakan adalah bahan silikon yang berwarna hitam (panel surya). Prinsip kerja panel surya adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik. Konsentrasi cahaya matahari tersebut akan menghasilkan panas. Lalu, panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas. Panasnya tekanan uap digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik.

5. Gelombang Laut

Designed by macrovector / Freepik

Energi pada gelombang laut dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berupa laut dapat memanfaatkan energi laut yang dihasilkan dari gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut atau samudera seperti energi pasang surut, energi gelombang, energi arus laut, dan energi perbedaan suhu lapisan laut.

6. Energi Tidal

Designed by macrovector / Freepik

Energi tidal (pasang surut) adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut. Energi tidal merupakan salah satu dari potensi energi samudra yang dapat menghasilkan listrik selain energi gelombang laut. 

7. Biodiesel
Designed by macrovector / Freepik

Biodiesel adalah bahan bakar nabati yang berasal dari minyak nabati tumbuhan atau lemak hewani yang untuk aplikasi motor atau mesin diesel. Biodiesel menggunakan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), minyak nyamplung, minyak jarak, minyak kelapa, Palm Fatty Acid Distillate (PFAD), dan minyak ikan. Bodiesel dapat digunakan pada mesin diesel tanpa modifikasi.

8. Biogas
Energi biogas merupakan energi yang dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak, atau limbah dapur yang sudah digunakan. Limbah-limbah tersebut akan diuraikan melalui ruang kedap udara dalam proses anaerobik digester. Komponen utama dari energi biogas ini adalah gas metana (CH4) dan karbondioksida (CO2). Kedua gas tersebut dapat dibakar atau dioksidasi dan melepas energi, dan energi tersebutlah yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan sehari-hari. Besarnya komponen gas tersebut tergantung pada proses anaerobik dan komposisi dari bahan dasar pembuatan energi biogas. Semakin besar kandungan metana dari energi biogas, maka akan semakin besar juga energi yang bisa dihasilkan dari biogas tersebut.

Design by Freepik

Biogas bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai energi alternatif pengganti LPG untuk memasak dan bahan bakar generator untuk menghasilkan listrik. Disamping itu, biogas dinilai lebih aman untuk bumi karena pembakaran biogas mampu mengurangi emisi gas kaca. Biogas juga dapat mengurangi bau, serangga, dan patogen yang berasal dari timbunan kotoran tradisional.

Kelebihan dan Kelemahannya
Sebagai energi terbarukan, energi alternatif memiliki beberapa kelebihan dibandingkan energi fosil, diantaranya adalah sebagai berikut ini,

1. Ramah lingkungan
Energi alternatif termasuk dalam energi yang ramah lingkungan. Sisa pembakaran dari energi alternatif lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan energi fosil

2. Energi terbarukan
Energi alternatif merupakan energi yang tidak akan pernah habis meskipun digunakan terus menerus.

3. Persediaan melimpah
Indonesia memiliki persediaan energi alternatif yang melimpah. Sumber daya alam Indonesia yang banyak seperti sinar matahari, panas bumi, gelombang laut, air, angin dan lainnya merupakan potensi sumber energi alternatif yang besar dan dapat dimanfaatkan.

4. Dapat diperoleh secara gratis
Beberapa sumber energi alternatif dapat diperoleh secara gratis atau tanpa perlu dibeli seperti sinar matahari, gelombang laut, dan angin.

5. Hasil energi yang besar
Pemanfaatan sumber energi alternatif dalam skala besar akan meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan seperti pada pembangkit tenaga listrik yang dapat bermanfaat bagi seluruh aspek kehidupan manusia.

Selain memiliki beberapa keunggulan, energi alternatif juga memiliki beberapa kelemahan. dapun kelemahan- kelemahan tersebut adalah sebagai berikut,

1. Memerlukan biaya besar untuk pemanfaatannya
Pemanfaatan energi alternatif memerlukan biaya yang tidak sedikit misalnya dalam hal pembangunan pembangkit tenaga listrik, pengembangan dari produk energi alternatif maupun alat- alat yang digunakan.

2. Memerlukan teknologi tinggi dalam pemanfaatnnya
Teknologi tinggi diperlukan dalam memanfaatkan energi alternatif. 

3. Belum efisien untuk diterapkan
Energi alternatif saat ini dipandang masih belum seefisien energi fosil, artinya belum cukup mampu untuk menggantikan keberadaan energi fosil meskipun pengembangan masih dilakukan untuk mengalihkan energi fosil menjadi energi alternatif. 

Demikian jenis- jenis sumber energi alternatif, pemanfaatan, kelebihan dan kelemahannya. Semoga tulisan ini bermanfaat buat sahabat Ahzaa semuanya. 

Salam. 

No comments:

Post a Comment