12/24/2022

Mengenal Pengertian Gaya, Sifat Gaya, Macam- Macam Gaya dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari- Hari

Dalam kehidupan sehari- hari, kita tidak dapat terlepas dari apa yang dinamakan gaya. Gaya merupakan tarikan dan dorongan yang diberikan kepada suatu benda. Gaya terlihat dalam aktivitas saat kita saat menarik dan mendorong meja, menutup dan membuka jendela, tarik tambang, melempar bola, memencet bel, dan sebagainya. 

Dalam ilmu fisika, gaya diartikan sebagai sebuah besaran yang memiliki besar dan arah tertentu. Gaya tidak dapat dilihat, namun sumber dan pengaruh gaya dapat dilihat. Gaya dapat bersumber dari manusia, mesin, listrik dan sebagainya. Gaya dapat memengaruhi gerak benda, bentuk benda, dan arah gerak benda. 

Image by Elf-Moondance from Pixabay


Sifat- sifat gaya
1. Gaya dapat memengaruhi bentuk benda.
Contoh dari sifat gaya ini adalah tanah liat dapat dibuat menjadi berbagai bentuk gerabah, plastisin dapat dibuat menjadi bermacam- macam bentuk, kaleng minuman yang diinjak akan penyok, dan telur yang dibenturkan akan pecah. 

2. Gaya dapat memengaruhi gerak benda
Gaya dapat menyebabkan perubahan arah gerak benda dan kecepatan gerak benda. Gaya dapat mengakibatkan arah gerak benda dapat dilihat pada saat kita melemparkan bola ke dinding, maka bola tersebut akan memantul ke arah yang berlawanan dari arah semula atau bola basket yang dipantulkan ke lapangan akan kembali memantul ke atas. Gaya juga dapat menyebabkan perubahan kecepatan gerak benda baik benda yang diam menjadi bergerak maupun benda yang sudah bergerak lama- lama semakin cepat atau semakin melambat dan berhenti.

Contoh dari pengaruh gaya yang menyebabkan benda diam menjadi bergerak adalah saat kita mengayuh sepeda yang diam, maka sepeda tersebut akan mulai bergerak dan menjadi cepat. Sementara contoh dari pengaruh gaya yang menyebabkan percepatan adalah motor yang sedang melaju, kemudian di gas lebih dalam maka lama- lama motor akan bergerak menjadi lebih cepat . Contoh gaya dapat menyebabkan perlambatan adalah sepeda yang melaju kencang kemudian direm maka akan semakin elambat dan lama- lama berhenti.

Macam- Macam Gaya
1. Gaya otot
gaya otot
source : Freepik

Gaya otot merupakan gaya yang dihasilkan oleh tenaga otot. Gaya otot ini dapat memengaruhi bentuk benda dan gerak benda. Contoh dari gaya otot adalah aktivitas mendorong meja, membentuk plastisin menjadi bentuk yang bermacam- macam, membentuk tanah liat menjadi gerabah, menendang bola, dan sebagainya.

2. Gaya Pegas
Gaya Pegas
Source : Freepik

Gaya pegas merupakan gaya yang ditimbulkan karena kelenturan atau keelastisan suatu benda. Gaya ini dapat meregangkan benda yang bersifat elastis. Gaya pegas dapat memengaruhi arah dan gerak benda yang dihasilkan gaya. Contoh dari gaya pegas adalah per, pegas, ketapel, busur, panah.

3. Gaya Gesek
Gaya gesek
Source : Freepik

Gaya gesek merupakan gaya yang ditimbulkan oleh gesekan antara dua permukaan benda. Gaya gesek dapat memengaruhi kecepatan dan arah gerak benda. Besar gaya gesek tergantung pada permukaannya. Besar gaya gesek pada ban sepeda yang berjalan di jalan yang beraspal akan berbeda dengan jalan berpasir. 
Percobaan gaya gesek

Semakin halus permukaan, maka semakin kecil gaya geseknya dan semakin kasar permukaan maka semakin besar gaya geseknya.


Contoh sederhana dari gaya gesek adalah saat kita menggesekkan kedua telapak tangan di bawah suhu yang dingin agar menghasilkan panas.

Gaya gesek memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, namun apabila berlebihan, gaya gesek juga akan menimbulkan kerugian. Berikut ini manfaat gaya gesek bagi kehidupan manusia yaitu
a. membantu benda- benda bergerak tanpa tergelincir
b. mampu menghambat dan menghentikan benda- benda yang sedang bergerak
c. dapat menahan benda- benda agar tidak bergeser posisinya

Sementara kerugian gaya gesek bagi kehidupan manusia adalah dapat mengikis permukaan suatu benda. Oleh karenanya untuk memperkecil akibat dari gaya gesek, maka kita dapat memperkecil dan memperbesar gaya gesek. 

Contoh cara memperbesar gaya gesek
a. Pemasangan pul pada sol sepatu bola untuk memudahkan dalam mencengkeram kontur lapangan yang berumput dan juga penambahan paku pada bawah permukaan sepatu salju.
b. Pembuatan alur pada ban motor atau mobil untuk mencegah kendaraan tergelincir
c. penggunaan bahan karet  untuk menghasilkan gaya gesek yang kuat saat bersentuhan dengan benda

Contoh cara memperkecil gaya gesek
a. pemasangan roda untuk memudahkan menggeser dan memindahkan benda
b. pemberian minyak pelumas sehingga permukaan benda yang bersentuhan menjadi lebih licin
c. penghalusan permukaan benda yang dapat memperkecil gaya gesek karena permukaan benda yang bersentuhan menjadi halus
 
4. Gaya Magnet
Gaya magnet
Source : Freepik


Gaya magnet merupakan gaya yang dihasilkan oleh magnet. Gaya magnet dapat memengaruhi arah gerak benda. Gaya magnet ditimbulkan oleh tarikan magnet terhadap benda- benda yang terbuat dari logam seperti besi, jarum, paku. Benda- benda tersebut dapat ditarik oleh magnet apabila benda- benda tersebut masih berada dalam medan magnet atau daerah yang masih terpengaruh oleh gaya magnet. 

5. Gaya Listrik
Gaya listrik
Source : Freepik

Gaya listrik merupakan gaya yang ditimbulkan karena adanya aliran muatan listrik. Gaya listrik dapat memengaruhi gerak benda. Contoh sederhana gaya listrik adalah penggaris plastik yang digosokkan ke rambut dapat menarik potongan- potongan kertas.

6. Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi
Source : Freepik


Gaya gravitasi adalah gaya yang dihasilkan oleh adanya tarikan antarbenda yang memiliki massa. Gaya gravitasi dapat memengaruhi gerak benda. Contoh gaya gravitasi adalah hujan yang turun dari langit ke bumi, buah yang jatuh dari pohon ke tanah, benda yang dilempar ke atas pasti akan jatuh ke bawah, air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah.  

7. Gaya Normal
Gaya normal
Source : Freepik


Gaya normal adalah gaya reaksi yang timbul ketika suatu benda diletakkkan secara tegak lurus di atas sebuah permukaan bidang. Besarnya gaya normal yang terjadi pada suatu benda ditentukan oleh besarnya gaya lain yang juga bekerja pada benda pada saat yang sama.

8. Gaya Apung
Gaya apung merupakan gaya ke atas yang diberikan oleh fluida melawan berat benda yang dicelupkan ke dalam fluida. Semakin berat benda yang dicelupkan maka semakin besar gaya apung yang diberikan pada benda. Hubungan antara gaya apung dengan gaya berat menyebabkan benda terapung, melayang dan tenggalam.
Gaya apung
Source : Freepik


Suatu benda dikatakan terapung apabila sebagian benda di atas permukaan air dan sebagian benda berada di bawah permukaan air. Dan suatu benda dikatakan melayang apabila seluruh benda berada di bawah permukaan air akan tetapi tidak menyentuh dasar. Sementara Suatu benda dikatakan tenggelam apabila seluruh benda tersebut berada di bawah permukaan air sehingga menyentuh dasar. 

Demikian  Mengenal Pengertian Gaya, Sifat Gaya, Macam- Macam Gaya dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari- Hari. Semoga tulisan di atas bermanfaat dalam memahami materi tentang Gaya. Nantikan pembahasan- pembahasan materi lainnya hanya di AhzaaNet. 

Salam. 

Sumber gambar : 
https://www.freepik.com

No comments:

Post a Comment