1/15/2023

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Bumi dan Tata Surya Part II : Bumi dan Satelitnya

Halo sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Pada kesempatan ini kita akan lanjutkan lagi belajar mapel IPA kelas 7 SMP/ MTs semester 2 Kurikulum Merdeka untuk bagian akhir di semester kedua ini yaitu bab 7 Bumi dan Tata Surya melalui rangkuman dan latihan soal. 

Gambar oleh Michaela dari Pixabay

Bab 7 tentang Bumi dan Tata Surya ini lumayan kompleks yaa materinya jadi saya bagi menjadi tiga bagian berdasarkan tiga sub bab yang ada. 
  • Sistem Tata Surya 
  • Bumi dan Satelitnya 
  • Mengenal Matahari Lebih Dekat
Pada tulisan ini kita bahas untuk sub bab kedua yaitu tentang Bumi dan Satelitnya. Rangkuman materi lengkap dapat teman- teman baca melalui ulasan di bawah. 


Oya, jika teman- teman ingin mempelajari materi dan berlatih soal untuk bab 5 dan 6, teman- teman bisa menyimaknya melalui post sebelumnya. 



Teman- teman dapat belajar rangkuman materi terlebih dahulu sebelum beranjak ke latihan soal. 

Baik, langsung saja yaa, berikut latihan soalnya,
========================================================================================
Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Bumi dan Tata Surya Part II : Bumi dan Satelitnya

1. Periode tahun adalah waktu yang digunakan planet untuk mengitari Matahari. Periode hari adalah waktu yang digunakan planet untuk berputar pada sumbunya disebut .

2. Jarak antara planet dengan Matahari menyebabkan panjang 1 tahun tiap planet berbeda-beda.

3. Panjang 1 hari tiap planet dipengaruhi salah satunya oleh ukuran planet tersebut.

4. Gerakan Bumi pada porosnya terjadi dari arah barat ke timur. Adanya arah gerak inilah yang mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu di Indonesia. 

5. Wilayah Indonesia yang terbentang luas dari Barat ke Timur menyebabkan tidak semua wilayah mendapatkan sinar Matahari secara bersamaan. Matahari lebih dahulu muncul dan terbenam di wilayah Indonesia Timur, lalu ke Indonesia Tengah, dan terakhir di wilayah Indonesia Barat.

6. Panjang waktu siang dan malam bisa berbeda-beda karena kemiringan poros bumi sehingga di beberapa negara mengalami siang yang sangat panjang saat musim panas tiba, dan malam yang sangat pendek. Di lain waktu saat musim dingin, siang lebih pendek dan malam lebih panjang. 

7. Bumi mengelilingi Matahari secara penuh selama 1 tahun. Orbit adalah Garis edar yang ditempuh Bumi dalam perjalanan mengelilingi matahari

8. Bumi menyelesaikan putarannya dalam waktu 365,25 hari. Untuk memudahkan penghitungan hari, setiap 4 tahun sekali akan ditambahkan 1 hari pada kalender tahunan. Tahun dengan tambahan 1 hari disebut sebagai tahun kabisat

9. Bumi dibagi oleh garis khatulistiwa yang berada tepat di tengah-tengah bumi. Garis khatulistiwa membagi Bumi menjadi Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan. 

10. Indonesia terletak di daerah khatulistiwa, sehingga hanya mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Adapun di daerah yang berada di Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan, keduanya mengalami empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi.

11. Pergantian musim sangat dipengaruhi oleh gerak revolusi Bumi terhadap Matahari. 
a. Pada bulan Desember, posisi Matahari berada tegak lurus dengan Belahan Bumi Selatan. Pada masa ini, Belahan Bumi Utara mengalami musim dingin, sementara Belahan Bumi Selatan mengalami musim panas. Di lingkaran Kutub Utara, saat ini adalah durasi malam terpanjang, bahkan dapat terjadi 24 jam tanpa sinar Matahari.

b. Pada bulan Maret, posisi Matahari tegak lurus dengan garis khatulistiwa. Daerah- daerah yang terletak di garis khatulistiwa seperti Indonesia mengalami musim kemarau, Belahan Bumi Utara mengalami musim semi, dan Belahan Bumi Selatan mengalami musim gugur.

c. Pada bulan Juni, posisi Matahari berada tegak lurus dengan Belahan Bumi Utara. Hal ini menyebabkan Belahan Bumi Utara mengalami musim panas, sedangkan Belahan Bumi Selatan mengalami musim dingin. 

d. Pada bulan September, posisi Matahari kembali tegak lurus terhadap garis khatulistiwa. Daerah di khatulistiwa mengalami musim hujan. Adapun Belahan Bumi Utara mengalami musim gugur, dan Belahan Bumi Selatan mengalami musim semi.

12. Bulan adalah benda langit yang paling terang setelah Matahari. Cahaya bulan tidak berasal dari bulan itu sendiri namun dari pantulan matahari ke bumi. 

13. Ukuran Bulan memengaruhi gaya gravitasi yang dimilikinya. Jarak yang tepat antara Bulan dan Bumi menyebabkan gaya gravitasi Bulan turut berperan dalam menjaga kestabilan Bumi. 

14. Bentuk bulan yang berubah- ubah bergantung pada posisi bulan yang sedang berputar mengelilingi bumi. Perubahan bentuk Bulan yang tampak dari Bumi disebut fase bulan. Dari sejumlah fase Bulan, terdapat empat fase utama, yaitu fase bulan baru, fase setengah purnama awal (perempat pertama), fase purnama, dan fase setengah purnama akhir (perempat akhir)

15. Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, sehingga membuatnya lenyap baik secara utuh maupun sebagian. Gerhana Bulan terjadi 3 kali dalam 1 tahun.

16. Ada dua jenis gerhana Bulan, yaitu gerhana Bulan total dan gerhana Bulan sebagian. 
- Gerhana Bulan total terjadi saat Bulan dan Matahari berada pada posisi yang saling berseberangan dengan Bumi berada di tengahnya. 
- Gerhana Bulan sebagian terjadi jika hanya bayangan Bumi yang menutupi Bulan.

17. Gerak bulan berpengaruh dalam kehidupan manusia
a. Kalender Hijriah
- Perhitungan kalender Hijriah umat Islam
Umat Islam menggunakan kalender Hijriah, yang perhitungannya menggunakan hasil pengamatan terhadap fase Bulan. Dalam satu bulan Hijriah, jumlah hari bisa 29 atau 30.
- Hampir semua ibadah dalam agama Islam ditentukan waktunya melalui gerak Bulan. Pergantian hari dimulai saat Matahari tenggelam dan Bulan muncul, atau disebut waktu maghrib. Ibadah puasa pada bulan Ramadhan dilakukan dari terbit fajar (subuh) hingga maghrib.

b. Hari Paskah
- Siklus bulan digunakan untuk menentukan kapan tepatnya hari Paskah yang biasanya jatuh pada sekitar Maret - Mei
- Hari raya Paskah diperingati pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama Paskah, yang jatuhnya pada tanggal 21 Maret atau sesudahnya.

c. Tilem
- Umat Hindu melakukan ritual ibadah setiap malam bulan purnama tiba, juga saat bulan baru. Hari suci pada malam bulan purnama disebut sebagai Purnama, sedangkan malam bulan baru disebut Tilem.

d. Dunia Industri
- Gerak Bulan juga sangat bermanfaat bagi para pelaku industri yang berhubungan dengan sumber daya laut seperti industri garam dan ikan.

18. Satelit buatan dibuat manusia untuk berbagai keperluan manusia di Bumi seperti penelitian benda- benda langit dan cuaca.
- Satelit cuaca meningkatkan pemahaman kita terhadap perubahan cuaca bahkan dapat memperkirakan cuaca untuk beberapa waktu mendatang
- Satelit pengamat mengelilingi Bumi untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan bagian-bagian Bumi, seperti hutan, air, dan bagian permukaan Bumi lainnya
- Satelit telekomunikasi membuat percakapan antarmanusia yang terpisah jarak menjadi mudah dan memungkinkan. 

Latihan Soal Sumatif IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Bumi dan Tata Surya Part II : Bumi dan Satelitnya

1. Waktu yang digunakan planet untuk mengitari Matahari disebut ....
A. periode hari
B. periode bulan
C. periode tahun
D. periode windu
'
'

2. Waktu yang digunakan planet untuk berputar pada sumbunya disebut ....
A. periode hari
B. periode bulan
C. periode tahun
D. periode windu


3. Panjang satu tahun setiap planet berbeda- beda. Hal yang menyebabkannya adalah ....
A. ukuran planet
B. jarak antar planet dengan matahari
C. gerak peputaran planet yang berbeda- beda
D. besar gaya gravitasi dari setiap planet


4. Gerakan Bumi pada porosnya terjadi dari arah ....
A. utara ke selatan
B. timur ke barat
C. selatan ke utara
D. barat ke timur


5. Perbedaan waktu di Indonesia terjadi akibat ....
A. gravitasi bulan
B. gerak revolusi bumi
C. gerak bumi pada porosnya
D. gaya gravitasi bumi


6. Negara- negara di bagian utara dan selatan memiliki panjang waktu siang dan malam yang berbeda- beda. Hal ini disebabkan ....
A. gaya gravitasi bumi
B. gerak rotasi bumi
C. gerak revolusi bumi
D. kemiringan poros bumi


7. Bumi mengelilingi Matahari secara penuh selama ....
A. 24 jam
B. 6 bulan
C. 1 tahun
D. 1,5 tahun


8. Garis edar yang ditempuh Bumi dalam perjalanan mengelilingi matahari disebut ....
A. garis bujur
B. garis khatulistiwa
C. orbit
D. garis ekuator


9. Bumi menyelesaikan putaran mengelilingi matahari selama ....
A. 90 hari
B. 136 hari
C. 365,25 hari
D. 420,25 hari


10. Tahun yang mengalami penambahan satu hari dan bertujuan untuk menyesuaikan penanggalan dan ditambahkan di bulan Februari disebut ....
A. tahun Hijriah
B. tahun Masehi
C. tahun Kabisat
D. tahun Saka


11. Daerah yang berada di garis khatulistiwa hanya mengalami musim ....
A. panas, gugur, dingin, dan semi
B. kemarau dan penghujan
C. semi dan panas
D. gugur dan semi


12. Pergantian musim sangat dipengaruhi oleh ....
A. gerak rotasi bumi
B. gerak revolusi bumi terhadap matahari
C. gaya gravitasi bumi
D. kemiringan poros bumi


13. Perubahan bentuk Bulan yang tampak dari Bumi disebut ....
A. bentuk bulan
B. fase bulan
C. bayangan bulan  
D. sisi bulan 


14. Apabila Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi, sehingga membuatnya lenyap baik secara utuh maupun sebagian, maka akan terjadi ....
A. Bulan purnama
B. Bulan sabit
C. gerhana bulan
D. Bulan baru


15. Pada saat Bulan dan Matahari berada pada posisi yang saling berseberangan dengan Bumi berada di tengahnya maka akan terjadi ....
A. gerhana bulan sebagian
B. gerhana bulan total
C. bulan purnama
D. bulan baru


16. Jika hanya bayangan Bumi yang menutupi Bulan maka terjadi ....
A. gerhana bulan sebagian
B. gerhana bulan total
C. bulan purnama
D. bulan baru


17. Kalender Hijriah Umat Islam menggunakan sistem penanggalan berdasarkan ....
A. pengamatan matahari
B. pengamatan Bulan
C. pengamatan Matahari dan Bulan
D. pengamatan rasi bintang


18. Umat Kristiani biasanya menggunakan siklus Bulan dalam menentukan perayaan ....
A. Hari Raya Natal
B. Hari Jumat Agung
C. Hari Raya Paskah
D. Hari Raya Natal dan Paskah


19. Pemahaman terhadap perubahan cuaca untuk beberapa waktu mendatang dapat memanfaatkan satelit buatan ....
A. satelit cuaca
B. satelit pengamat
C. satelit komunikasi
D. satelit militer


20. Satelit yang digunakan untuk mengelilingi Bumi untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan bagian-bagian Bumi, seperti hutan, air, dan bagian
permukaan Bumi lainnya adalah ....
A. satelit cuaca
B. satelit pengamat
C. satelit komunikasi
D. satelit militer


Demikian Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif IPA Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka Bab 7 Bumi dan Tata Surya (Part II) : Bumi dan Satelitnya. Materi bab 7 masih akan berlanjut ke sub bab dua tentang Mengenal Matahari Lebih Dekat  pada post berikutnya....Tetap di AhzaaNet yaa...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment