6/20/2020

Cara Mudah Membuat Ujian Online dengan Microsoft Forms

Pembuatan ujian online bukanlah sebuah barang baru lagi bagi kita. Banyak sekali platform yang sekarang ini bisa kita manfaatkan untuk membuatnya salah satunya adalah Microsoft Forms. Microsoft Forms merupakan salah satu produk dari Microsoft Office 365. Microsoft Forms memungkinkan kita membuat kuis, survey, ujian, dan lain- lain. 

Untuk memulainya sangatlah mudah, kunjungi saja forms.microsoft.com lalu sign up akun lebih dahulu. Teman- teman akan disodori pembuatan akun melalui hotmail atau outlook, bisa pilih salah satunya. Juga terdapat pilihan pendaftaran melalui nomor telepon. Yang terakhir ini mungkin tidak saya sarankan karena terdapat pemberitahuan, berita dan sebagainya yang akan dikirim melalui sms yang tentu saja akan mengurangi pulsa teman- teman. Baiknya pakai alamat email saja yaa..

Setelah registrasi berhasil, pada dashboard Microsoft Forms akan muncul fitur pembuatan kuis untuk pertama kalinya. Teman- teman bisa memanfaatkan template yang tersedia untuk membuat kuis. Pilih Kuis Baru.

Berikan judul dengan menambahkan titel kuis yang ingin teman- teman buat. Klik tambahkan baru dan akan tersedia jenis pertanyaan untuk kuis.

Isikan soal berikut pilihan jawaban pada modul yang tersedia. Centang pilihan jawaban yang benar, tambahkan poin, setting pilihan jawaban ganda untuk pilihan jawaban benar lebih dari satu dan setting bahwa pertanyaan tersebut tidak boleh kosong alias harus diisi. Tambahkan soal- soal berikutnya seperti langkah tersebut.

Apabila teman- teman akan menambahkan soal matermatika pada ujian, caranya juga mudah kok. Pada bagian sebelah kanan bawah, klik baris titik tiga, maka akan muncul settingan soal, pilih matematika.

Secara otomatis akan terdapat submenu soal, yang berisikan karakter matematika. isikan formula dengan benar, lalu klik ok.

Lakukan langkah yang sama pada pilian jawaban. Klik ok saat selesai.

Hasil pengerjaan siswa dapat dilihat pada halaman response. Analisis lengkapnya dapat diunduh melalui format Excel. 
Oya, teman- teman bisa melihat preview soal yang sudah dibuat dengan mengeklik menu Pratinjau. Terdapat dua pratinjau yaitu melalui dekstop dan melalui smartphone.

Pengaturan kuis dapat dilalukan melalui baris tiga yang terletak pada bagian pojok kanan atas.
Centang bagian yang diperlukan misalnya terima tanggapan, deadline pengerjaan soal yaitu tanggal mulai dan selesai, acak pertanyaan dan kunci jawaban serta pemberitahuan melalui email.
Saat soal sudah selesai, saatnya publish soal dengan klik Kirim. Teman- teman akan diberikan empat pilihan yaitu tautan link, QR code, embed, atau email. Kirimkan link tautan tersebut kepada siswa untuk pengerjaan kuis.


Demikian Cara Mudah Membuat Ujian Online dengan Microsoft Form. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam.

No comments:

Post a Comment