6/13/2020

Mengenal Blockly Games, Seri Permainan untuk Belajar Programming bagi Anak

Satu lagi aplikasi untuk belajar coding bagi anak setelah sebelumnya saya sudah pernah mengulas sedikit banyak tentang aplikasi untuk belajar coding anak yaitu Scratch. Nah, pada post kali ini ada platform menarik lainnya yang juga dapat kita manfaatkan untuk belajar coding khususnya bagi anak yaitu Blockly. 

Blockly Games adalah serangkaian game edukasi yang mengajarkan pemrograman. Platform ini dirancang untuk anak-anak yang belum memiliki pengalaman sebelumnya tentang pemrograman komputer. Terdiri dari delapan tahapan belajar yang dipadukan dengan sistem permainan, Blockly cocok untuk memperkenalkan anak dalam belajar pemrograman.

  1. Puzzle/ Teka-teki adalah Pengenalan bentuk-bentuk Blockly yang dibuat seperti puzzle dan bagaimana potongan-potongan puzzle disatukan.
  2. Maze/ Labirin adalah pengantar ke bentuk loop dan kondisional. Pembelajaran ini dimulai dengan sederhana, tetapi levelnya  lebih menantang daripada sebelumnya.
  3. Bird/ burung,  bentuk  kondisional yang semakin kompleks dalam pembelajaran.
  4. Turtle/ Kura-kura level loop yang lebih jauh. Misalnya saja membuat program untuk menggambar persegi
  5. Movie/ Film, berisi pengantar persamaan matematika. Misalnya menggunakan bentuk sederhana untuk menggambar orang
  6. Music/ Musik adalah pengantar fungsi. Gunakan fungsi untuk menulis musik. Kemudian kita bisa menerbitkan musik tersebut.
  7. Pond Tutor memperkenalkan pemrograman berbasis teks. Level berganti-ganti antara blok dan JavaScript aktual dalam editor teks.
  8. Pond adalah bagian akhir untuk memprogram dengan menggunakan blok atau JavaScript.

Oya, satu lagi, kita tidak perlu mendaftar untuk menggunakan platform ini. Platform ini sifatnya opensource dan gratis digunakan siapa saja. Kunjungi web nya di https://blockly.games/?lang=id (dalam versi bahasa Indonesia)

Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba yaa..

No comments:

Post a Comment