6/20/2020

Mengenal YouGlish,Platform Belajar Pronounciation Kata Bahasa Inggris dengan Mudah dan Efektif

Satu lagi alat untuk belajar bahasa Inggris dengan efektif yaitu YouGlish. YouGlish adalah platform untuk mempelajari pengucapan kata-kata (pronounciation) yang benar dengan mendengarkan sumber video dari YouTube dengan cepat dan mudah. Sebagai pembelajar bahasa, YouGlish memungkinkan kita untuk mencari input pengucapan asli dalam berbagai konteks dunia nyata.

Dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran di kelas, misalnya, YouGlish dapat membantu dalam pencarian berdasarkan kata, kelas kata, frase, atau konteks. Alat ini juga memberikan tips tentang cara meningkatkan pelafalan bahasa Inggris yang ditulis di bawah video. Hal ini termasuk pengucapan fonetik serta saran kata-kata lain yang membantu pengucapan.

Selain bahasa Inggris, versi terbaru juga mencakup contoh pengucapan video dari bahasa Perancis, Spanyol, Portugis, Italia, Jerman, dan Cina.

Bagaimana langkah- langkah penggunaannya, berikut ulasannya

Pertama kali, masuk ke web nya dulu ya, di https://youglish.com/
tampilan YouGlish

Kita ketikkan kata atau frasa yang ingin didengar, misalnya saja saya ketikkan kata "Introduction"

Setelah mencari kata atau frasa tersebut, daftar video yang mengandung istilah pencarian itu (baik kata atau frasa tunggal) akan muncul di bawah bilah pencarian, diikuti oleh panel video dengan judul, waktu, dan opsi berbagi; judul tautan ke video asli di YouTube. Setiap hasil dalam daftar sampel video yang cocok secara otomatis mulai diputar beberapa detik sebelum istilah pencarian diucapkan dan berlanjut sampai pengguna melompat ke video berikutnya.


Dibawah panel video, akan muncul kata yang dekat atau kata-kata dengan awalan yang serupa, misalnya kata into, interesting, interested, interest, international, dan lain- lain.

Pada label Phonetic, terdapat ejaan IPA modern dan tradisional serta perincian suku kata dari istilah pencarian kata "introduction" tersebut. Juga terdapat kumpulan kata lain dengan kemiripan suara dengan kata yang dipilih berdasarkan kesamaan segmental kata-awal dan akhir kata, serta struktur suku kata yang serupa seperti kata introductions, interdiction, contradiction, contradictions, dan sebagainya.

Bagian yang paling bawah akan menampilkan tips untuk meningkatkan pelafalan bahasa Inggris kata "introduction".

Tips : Kita, sebagai guru dapat menggunakan mode terbatas untuk menggunakan video dan panduan ini di kelas untuk berhati-hati bila terdapat kata-kata yang tidak pantas dan konten dewasa yang akan muncul. Selain itu memeriksa klip sebelum membagikannya di ruang kelas adalah cara yang terbaik untuk menanggulangi hal tersebut.
Demikian tentang YouGlish, Paltform belajar pelafalan kata dalam bahasa Inggris melalui YouTube. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Salam.

No comments:

Post a Comment