2/05/2024

Direktorat KSKK Madrasah Kemenag Rilis Kisi- Kisi Asesmen Madrasah (AM) 2024, Inilah Beberapa Poin Pentingnya

Kisi- kisi Asesmen Madrasah Tahun pelajaran 2023/ 2024 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab telah dirilis oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Peluncuran kisi- kisi Asesmen madrasah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pada penyelenggaraan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang pendidikan khususnya di timgkat Madrasah. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Melalui Surat nomor B-91.6/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2024 tertanggal 1 Februari 2024, tentang Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024, ada beberapa hal yang disampaikan, yaitu berkaitan dengan kisi- kisi Asesmen Madrasah (AM) untuk mapel Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang mengacu pada Keputusan Menteri Agama (KMA) tahun 2019 dan Keputusan Menteri Agama (KMA) tahun 2022.

Selain itu, bahwa guru dapat menjadikan pedoman pada kisi- kisi AM mapel PAI dan bahasa Arab tersebut dalam penyusunan naskah soal AM mapel PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA/ MAK. 

Pada poin selanjutnya juga disampaikan bahwa pada penyusunan naskah soal, materi tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, provokatif, pornografi, kekerasan, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Setiap masing- masing madrasah juga dapat menetapkan jumlah soal Asesmen Madrasah sesuai dengan proporsi masing- masing yang diperlukan dalam rangka mengetahui kemampuan kompetensi dari masing- masing siswa. 

Kisi- Kisi Mapel Asesmen Madrasah (AM) Jenjang MI
Kisi- kisi Asesmen Madrasah (AM) untuk jenjang MI mencakup beberapa mapel diantaranya Al Quran Hadis, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. 

Link Kisi- Kisi Mapel Asesmen Madrasah (AM) Jenjang MI
Selengkapnya tentang kisi- kisi asesmen madrasah Tahun pelajaran 2023/ 2024 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab dapat dibaca sekaligus diunduh melalui dokumen berikut ini, 


Nah, buat teman- teman guru Madrasah, khususnya untuk mapel PAI dan Bahasa Arab, yuk mulai buat soal berdasarkan kisi- kisi AM yang sudah dipublis di atas. Semoga bermanfaat.

Salam.  

No comments:

Post a Comment