2/22/2024

Kesempatan Terakhir Simpan Permanen Akun Siswa SNPMB 2024, Inilah Tenggat Waktunya

SNPMB memberikan kesempatan terakhir untuk melakukan simpan permanen akun siswa mulai 22 sampai 28 Februari 2024 pukul 15.00 WIB. 

Melalui siaran pers nomor 03/sipers/snpmb/II/2024 tanggal 21 Februari 2024, disampaikan bahwa SNPMB memberikan kesempatan kepada para peserta yang masih belum melakukan simpan permanen agar segera menyelesaikan proses permanen akun SNPMB. Panitia memberikan tenggat waktu mulai tanggal 22 Februari 2024 pukul 15.00 WIB hingga 28 Februari 2024, pukul 15.00 WIB. 



Hal ini disampaikan mengingat masih banyak siswa yang sudah memiliki akun SNPMB, akan tetapi masih belum melakukan simpan permanen. Padahal simpan permanen merupakan proses penyelesaian registrasi akun SNPMB. 

Registrasi SNPMB merupakan syarat penting untuk mendaftar perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur  SNBP dan/ atau SNBT. Sebelumnya, periode registrasi akun SNPMB siswa baik pendaftar yang memilih jalur SNBP maupun SNBT dilakukan pada satu periode yang sama yaitu mulai tanggal 8 Januari 2024 sampai dengan 19 Februari 2024. 

Pada tenggat waktu terakhir tanggal 19 Februari 2024 tersebut, siswa yang terdata berjumlah 3.485.589 dan siswa yang sudah memiliki akun sebanyak 1.651.471. Sementara itu, sekolah yang sudah terdata berjumlah 49.888 dan sekolah yang memiliki akun ada 29.820 sekolah. Untuk itu tahapan berikutnya adalah pendaftaran SNBP. 

Langkah Pendaftaran SNBP
Pendaftaran SNBP dapat dilakukan melalui langkah- langkah berikut ini, 
  1. Lakukan login melalui laman SNPMB di snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Siswa yang diapat logon adalah siswa yang sudah memiliki akun SNPMB yang berstatus permanen dan siswa eligible yang nilainya telah diinput secara lengkap dan dilakukan finalisasi data melalui aplikasi PDSS di sekolah. Selain itu siswa yang dapat login merupakan siswa lulusan tahun 2024. 
  3. Lakukan validasi data profil dan pastikan isian data profil sudah benar. Data pada aplikasi pendaftaran SNBP tidak dapat diperbaiki kecuali jumlah tanggungan. Isikan pula jumlah tanggungan orang tua pada data profil. 
  4. Pilih prodi pada menu "Pilihan". Siswa dapat memilih PTN/ Politeknik Negeri dan tidak ada pembatasan pilihan prodi berdasar jurusan. Pilihan maksimal 2 prodi dengan salah satu merupakan PTN yang berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah, dan apabila hanya memilih satu prodi, maka boleh memilih dimanapun. Klik simpan semua pilihan jika sudah benar.
  5. Lakukan isian portofolio bagi siswa yang memilih seni dan olahraga. Unggah portofolio sesuai dengan langkah- langkah yang benar. Pastikan ukuran file maksimal 100 mb dan gunakan komputer ketika melakukan unggahan. 
  6. Isikan Prestasi bila memiliki. Pengisian ini sifatnya opsional.
  7. Lakukan finalisasi. Siswa yang sudah melakukan finalisasi, maka semua isian data dan pemilihan prodi tidak dapat diganti. Setelah melakukan finalisasi, maka siswa dapat mengunduh kartu registrasi.  

Demikian informasi tentang kesempatan terakhir untuk melakukan simpan permanen akun siswa. Yuk segera lakukan simpan permanen akun sebelum tenggat waktu yang ditentukan yaitu tanggal 22 Februari 2024 pukul 15.00 WIB hingga 28 Februari 2024, pukul 15.00 WIB.

Sebagai tambahan informasi, bahwa akun SNPMB yang disimpan permanen merupakan syarat utama mendaftar SNBP dan/atau SNBT 2024.

Semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment