2/03/2024

Rangkuman Materi tentang Teks Non Sastra, Pengertian dan Macam- Macamnya

Teks nonsastra termasuk dalam teks non fiksi, yaitu karangan teks yang dibuat berdasarkan pada kenyataan, fakta, atau kejadian yang benar- benar terjadi secara nyata dalam kehidupan sehari- hari. 

Photo by Jonas Jacobsson on Unsplas

Ada beberapa jenis dari teks non-sastra, seperti teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur dan tanggapan kritis. 

Teks laporan 
Teks laporan merupakan jenis teks non-sastra yang memuat penggolongan tentang sesuatu berdasar kriteria dan melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif berupa hasil pengamatan dengan tujuan memecahkan suatu masalah atau menguji suatu hipotesis. 

Teks laporan biasanya menjelaskan atau mendeskripsikan tentang ciri, bentuk atau sifat umum suatu objek yang berupa manusia, benda, tumbuhan atau peristiwa yang ada di dunia. 

Teks Eksposisi 
Teks eksposisi merupakan jenis teks non-sastra yang bertujuan untuk menginformasikan tentang seuatu dengan tujuan mengembangkan pengetahuan dari pembacanya. 

Teks eksposisi lebih bersifat memaparkan, menjelaskan, mengajarkan dan menerangkan suatu topik kepada para pembaca. Selain itu, teks eksposisi juga memiliki sifat ilmiah dimana sumbernya diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian dan pengamatan. 

Tesk eksposisi umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana serta menceritakan sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh alat indera. 

Teks Ulasan 
Teks ulasan merupakan teks non-sastra yang dihasilkan dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Analisis dapat berupa buku, berita, laporan, novel dan sebagainya. 

Teks ulasan memberikan analisis atau tanggapan yang berkaitan dengan latar, waktu, tempat serta karakter yang ada dalam teks tersebut. 

Teks ulasan seringkali dikenal sebagai resensi yang merupakan penilaian terhadap karya orang lain dengan memberikan pertimbangan baik dan buruk karya tersebut secara objektif. 

Struktur Resensi
Resensi tentang buku dapat berupa resensi buku fiksi/ sastra dan dapat berupa resensi buku non-fiksi/ ilmiah. Dalam penulisan resensi, harus diperhatikan struktur dari penulisannya diantaranya :
  • Judul 
  • Identitas buku ; judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan tebal buku 
  • Pendahuluan atau pembuka resensi 
  • Isi buku yang berupa sinopsis/ gambaran isi buku dan penilaian terhadap buku
  • Penutup resensi 

Teks Biografi
Teks biografi merupakan teks yang mengisahkan tentang riwayat hidup seorang tokoh, peristiwa dan masalah yang dihadapi. Tokoh yang diceritakan dalam teks biografi biasanya merupakan tokoh yang berpengaruh, berjasa, atau terkenal. 

Ada beberapa hal yang dimuat dalam teks biografi diantaranya :
  • Riwayat hidup tokoh 
  • Gagasan atau tindakan penting yang pernah dilakukannya 
  • Sikap dan tindakannya 
  • Keteladanan tokoh 

Teks Prosedur 
Teks Prosedur merupakan teks yang di dalamnya berisikan tujuan dan langkah dalam melakukan atau membuat sesuatu. Teks prosedur dapat didefinisikan juga sebagai teks yang memberikan penjelasan atau proses melakukan atau membuat sesuatu dengan bahasa yang jelas, efektif, dan mudah dipahami. 

Teks prosedur memiliki beberapa bagian diantaranya :
  • Tujuan, yang berisi tujuan kegiatan, dan terletak pada bagian awal teks prosedur.
  • Bahan- bahan atau perlengkapan 
  • Langkah- langkah, yang disusun secara urut agar tujuan dapat tercapai. 

Teks Tanggapan Kritis
Teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal atau teks yang berisi tanggapan terhadap suatu fenomena yang terjadi di sekitar dengan dikuatkan dengan fakta dan alasan.

Itulah tentang teks non-sastra, pengertian dan Macam- Macamnya. Semoga pembahasan tentang teks non-s astra di atas dapat memudahkan teman- teman dalam belajar khususnya pada materi tersbeut. Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment