2/06/2024

Kemdikbud Buka Program Diklat Upskilling dan Reskilling Guru SMK Program Keahlian Bisnis dan Pariwisata 2024, Inilah Syarat, Skema dan Cara Daftarnya

Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV) Kemdikbud kembali menggelar Program Upskilling dan Reskilling berstandar industri bagi guru SMK program keahlian Bisnis dan Pariwisata tahun 2024. 

Program Upskilling dan Reskilling guru SMK program keahlian Bisnis dan Pariwisata tahun 2024 memberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan pelatihan bagi khususnya pengampu bidang bisnis dan pariwisata program keahlian program keahlian Administrasi Profesional/OTKP, Akuntansi, Bisnis Daring dan Pemasaran, Pekerjaan Sosial, Caregiver, Kuliner, Perhotelan, Tata Busana, Tata Kecantikan, dan Usaha Perjalanan Wisata. 



Program Upskilling dan Reskilling berstandar industri yang menyasar SEJUMLAH 3.061 peserta tersebut dapat diikuti secara gratis dan terbuka untuk SMK PK maupun SMK Non PK di seluruh wilayah Indonesia. 

Persyaratan
Ada beberapa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar program Upskilling dan Reskilling guru kejuruan SMK tahun 2024 ini diantaranya sebagai berikut :

Persyaratan Umum 
  1. Memiliki usia maksimal 55 tahun.
  2. Pendaftar terdata di Aplikasi Dapodik dan memiliki akun SIMPKB yang aktif.
  3. Pendaftar merupakan guru SMK Bidang Bisnis dan Pariwisata dengan pengalaman mengajar minimal 3 tahun yang dibuktikan dengan Surat Keterangan ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  4. Pendaftar mengajar sesuai dengan bidang keahlian yang diampu. 
  5. Peserta yang lolos bersedia mengikuti tahapan Diklat hingga selesai dengan bukti Surat Pernyataan. 

Persyaratan Khusus
Adapun Persyaratan khusus dipilah berdasarkan jurusan atau program keahlian yang dimiliki. 

A. Perhotelan 
Peserta telah mengikuti pelatihan kualifikasi 4 bidang hotel subbidang housekeeping (guest service supervision) memiliki sertifikat kompetensi dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata dan memiliki pengalaman magang industri bidang perhotelan.


B. Tata Busana
Peserta telah mengikuti Kegiatan Pradiklat, online, dan magang dengan masing-masing kegiatan tersebut memiliki tingkat kehadiran 90 % secara online dan magang. Selain itu peserta mengumpulkan penugasan dari Fasilitator/Dudi tempat magang

C. Bisnis Daring dan Pemasaran
Peserta telah mengikuti pelatihan kualifikasi 4 bidang Ritel Modern dan memiliki sertifikat kompetensi dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata dan memiliki pengalaman magang industri bidang Bisnis Daring dan Pemasaran. 

D. Usaha Perjalanan Wisata
Untuk skema sertifikat IV Bidang Operasional Tur (memandu) - Certificate IV in Tour Operation (Guiding) adalah sebagai berikut :
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan sertifikat TOEIC 400/ ITP 400/ IBT 40/ IELTS 4.0 
  • Mampu mengemudikan kendaraan roda 4 dibuktikan dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Surat Keterangan mengikuti pelatihan mengemudi mobil dari lembaga kursus dan pelatihan (LKP), sesuai Unit Kompetensi Drive various types of services vehicle (D2.TTG.CL3.09)

Sedangkan syarat untuk Untuk skema sertifikat IV Bidang Agen Perjalanan (Reservasi dan Penjualan Tiket) - Certificate IV in Travel Agencies (Reservation and Ticketing) adalah Memiliki kemampuan kemampuan Bahasa Inggris dengan sertifikat TOEIC 400/ ITP 400/ IBT 40/ IELTS 4.0 

Skema Program Upskilling Reskilling Tahun 2024
1. Usaha Perjalanan Wisata 
Skema Sertifikat IV Bidang Operasional Tur (memandu) Certificate IV in TYour Operation (Guiding)
sertifikat IV Bidang Agen Perjalanan (Reservasi dan Penjualan Tiket) - Certificate IV in Travel Agencies (Reservation and Ticketing)

2. Akuntansi 
Skema Akuntansi 

3. Perhotelan 
Skema Sertifikasi Kualifikasi 4 Bidang Hotel Subbidang Housekeeping (Guest Service Supervision)

4. Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) 
Skema Sertifikasi Kualifikasi 4 Bidang Ritel Modern 

5. Administrasi Profesional (OTKP) 
Skema Sertifikasi Kualifikasi Bidang Administrasi Profesional 

6. Tata Boga/ Kuliner 
Skema Sertifikasi Kualifikasi 4 Bidang Hotel Subbidang Food Production (Cookery) 

7. Tata Busana 
Skema Sertifikasi Kualifikasi 4 Bidang Teknologi Fesyen dan Desain fesyen 

8. Tata Kecantikan 
Skema Sertifikasi Kualifikasi 4 Bidang Kecantikan Subbidang Rias Wajah dan Rambut 

9. Pekerjaan Sosial 
Pekerjaan Sosial 

10. Caregiver 
Caregiver Penyelia 

Cara Pendaftaran 
Cara pendaftaran Program Upskilling Reskilling Guru Kejuruan SMK Tahun 2024 adalah sebagai berikut :
  1. Buka laman pendaftaran https://sim.bbppmpvbispar.kemdikbud.go.id/daftar_upreskilling2024
  2. Isi Formulir Pendaftaran dengan melengkapi data seperti nama, No KTP/ NIK, No NUPTK, NPSN sekolah, Instansi asal sekolah, No WhatsApp, dan  Email aktif.
  3. Pilih Program Keahlian Diklat yang ingin diikuti 
  4. Klik Daftar.

Demikian informasi pendaftaran Program Upskilling Reskilling Guru Kejuruan SMK Tahun 2024. Yuk tingkatkan kemampuan melalui pelatihan bagi  pengampu bidang bisnis dan pariwisata program keahlian program keahlian Administrasi Profesional/OTKP, Akuntansi, Bisnis Daring dan Pemasaran, Pekerjaan Sosial, Caregiver, Kuliner, Perhotelan, Tata Busana, Tata Kecantikan, dan Usaha Perjalanan Wisata. Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment