11/08/2023

Benua Amerika : Letak, Batas, Luas, Iklim, dan Bentang Alam di Dalamnya

Benua Amerika merupakan salah satu benua terbesar di muka bumi. Benua yang dijuluki sebagai benua baru tersebut tidak lepas dari peran pelaut asal Spanyol, Christoporus Colombus,yang menemukannya pada tahun 1492. Nama Amerika sendiri diambil dari nama Amerigo Vepucci yang mendarat bersama Colombus. 

Benua Amerika merupakan daratan yang sangat luas di bagian barat bumi yang mencakup belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Adapun wilayah benua Amerika dibagi menjadi Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Image by Jörg Vieli from Pixabay


Di bawah ini akan di bahas lebih lanjut tentang benua Amerika berdasarkan letak, batas, bentang alam dan flora fauna yang ada di dalamnya. Berikut uraiannya,

Letak Benua Amerika 
Secara astronomis, benua amerika berada diantara 83° LU-56° LS dan 34° BT-172° BB. Benua Amerika berbatasan dengan Samudra Arktik pada bagian utara dan berbatasan dengan Samudra Atlantik pada bagian timur serta Samudra Pasifik di sebelah selatan. Pada bagian barat, benua Amerika berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering. 

Luas Benua Amerika 
Benua Amerika terdiri atas dua wilayah bagian yaitu Amerika Utara dengan luas sekitar 24.386.000 km persegi dan bagian Amerika Selatan mencapai luas 17.834.000 km persegi. Kedua bagian tersbeut dihubungkan oleh daratan sempit yang memanjang ke arah selatan dan bersama- sama dengan kepulauan di bagian timur yang disebut dengan Amerika Tengah.

Keadaan Iklim
Benua Amerika yang membentang dari kutub utara hingga ke kutub selatan memiliki berbagai jenis iklim diantaranya iklim tropis basah, iklim dingin, iklim kering atau gurun, iklim subtropis, iklim stepa, dan iklim benua atau iklim darat. 

Iklim tropis basah terdapat pada wilayah Benua Amerika tengah dan sebagian besar Amerika Selatan bagian utara. Sedangkan iklim dingin terdapat pada wilayah bagian kutub yang merupakan bagian paling utara. 

Iklim kering atau iklim gurun meliputi daerah Cile bagian utara sebagai daerah yang terkering di Amerika Selatan . Daerah iklim gurun juga terdapat pada tanah tinggi di Brasil yang disebut Campos. Daerah lain yang memiliki iklim gurun terdapat pada wilayah bagian tengah dan bagian selatan Argentina yang berupa stepa yang dikenal dengan sebutan pampas. Pada daerah sungai Orinoco, terdapat sabana yang disebut sebagai ilonos. 

Iklim subtropis memiliki ciri yang khas yaitu derajat panas yang tinggi pada musim panas dan kering serta derajat panas yang tidak terlalu rendah pada musim dingin. 

Iklim stepa, terdapat pada sebelah timur Pegunungan Rocky Mountains hingga ke Kanada di Amerika Utara, serta dataran Tinggi Brasilia di Amerika Selatan. 

Iklim darat atau benua  terdapat di Amerika Serikat bagian timur hingga perbatasan dengan Kanada. Wilayah ini memiliki curah hujan yang rendah. 

Bentang Alam
Benua Amerika memiliki berbagai bentang alam seperti gurun, gunung dan pegunungan, sungai dan danau serta dataran tinggi dan dataran rendah. 

Gurun 
Wilayah gurun di benua Amerika tidak seluas gurun yang ada di Asia. Beberapa gurun yang terkenal adalah gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Cihuahua yang semuanya berada di wilayah Amerika Utara. Gurun- gurun yang terdapat di benua Amerika memiliki kontur pegunungan yang tandus. Hal inilah yang membedakan dengan gurun- gurun di Asia. 

Gunung dan Pegunungan 
Benua Amerika memiliki rantai pegunungan yang membujur dari wilayah Alaska bagian utara hingga pegunungan Tierra del Fuego di bagian selatan. 

Rangkaian pegunungan yang ada tersebut menyatukan barisan pegunungan seperti pegunungan Brooks, pegunungan Alaska, pegunungan Mc Kenzie, pegunungan Rocky, Pegunungan Sierra Nevada, dan Pegunungan Sierra Madre di kawasan pantai barat Amerika Utara. Kawasan pegunungan Andes membentang di sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Banyaknya gunung api pada kawasan pegunungan tersebut membuat kawasan tersebut memiliki gunung - gunung api yang aktif sehingga menjadi salah satu jalur gempa bumi di dunia.

Gunung tertinggi yang ada di benua Amerika adalah Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6.959 m. Selain itu terdapat pula pegunungan di bagian timur yaitu pegunungan Appalachia di Amerika Utara dan Pegunungan Aspinhaco di Amerika Selatan. 

Sungai dan Danau 
Sungai yang terpanjang di benua Amerika adalah Sungai Amazon di Brasil. Sungai Amazon juga ditetapkans ebagai sungai terpanjang kedua di dunia. Selain itu ada Sungai Mississippi (6.020) dan Subngai Mc Kenzie (4.250 km) .

Beberapa danau yang terkenal di benua Amerika adalah danau Superior yang merupakan danau terluas kedua di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Eire, Danau Winnipeg dan Danau Ontario. Semua danau tersbeut terdapat di Amerika bagian utara sementara beberapa danau terdapat di Amerika bagian selatan seperti danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa de Furnas.

Dataran Tinggi dan Dataran Rendah 
Dataran Tinggi di benua Amerika terdapat di perbatasan Guyana - Suriname dan Dataran tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah terdapat pula dataran tinggi Meksiko dan di Amerika Utara terdapat dataran tinggi Colorado.

Demikian pembahasan tentang benua Amerika baik secara Letak, Batas, Luas, Iklim, dan Bentang Alam di Dalamnya. Semoga materi di atas dapat membantu teman- teman dalam belajar khususnya materi IPS. Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment