11/02/2023

Profil Negara Jepang: Letak, Kondisi Alam, Sumber Daya, Kegiatan Perekonomian dan Keadaan Sosial Budaya

Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan kerja keras. Hal ini tentu saja mendorong kemajuan Jepang dalam segala bidang baik secara ekonomi maupun sosial. Jepang juga merupakan salah satu negara dengan perekonomian yang tertinggi didunia meskipun pernah mengalami kehancuran akibat perang dunia II. 

Bagaimanakah profil negara Jepang dilihat dari letak, kondisi alam, sumber daya alam, kegiatan perekonomiannya? Berikut ulasannya,

Image by Sofia Terzoni from Pixabay


Letak 
Secara geografis, Jepang terletak di kawasan Asia Timur tepatnya di barat laut Samudra Pasifik. Secara astronomis, Jepang terletak pada 30° LU - 47°LU dan 128°BT - 146°BT. 

Jepang berbatasan di sebelah barat dengan negara Korea Selatan, Korea Utara, Rusia dan China. Di sebelah timur dan selatan, Jepang berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Kondisi Alam 
Lokasi Jepang membujur dari utara ke selatan membuat Jepang memiliki iklim  musim dengan perubahan yang jelas. Suhu udara pun bervariasi sesuai dengan lintangnya. Pada musim dingin, suhu udara berkisar di bawah 0°C hingga 17°C dan pada musim panas, suhu udara berkisar antara 26°C sampai 34°C. 

Jepang memiliki curah hujan yang tinggi, berkisar antara 840 - 3.050 mm per tahun. Ada empat pulau utama di Jepang yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyushu dengan luas keseluruhan mencapai 377.835 km²

Jepang memiliki banyak gunung api, setidaknya ada 192 gunung api yang tersebar di wilayah ini, dan satu yang tertinggi adalah gunung Fuji dengan tinggi 3.766 m. Oleh karena itu, hampir sebagian besar wilayahnya tertutup lapisan vulkanik.

Sumber Daya Alam 
Sumber daya alam Jepang sangat terbatas sehingga Jepang bergantung dari hasil impor bahan mentah  dan bahan bakar. Hasil tambang Jepang sendiri tidak mencukupi kebutuhan industrinya.

Kegiatan Perekonomian 
Jepang disebut sebagai negara yang maju dalam sektor ekonomi. Beberapa bidang yang menjadi sektor andalan seperti pertanian, perikanan, dan perindustrian. 

Pertanian 
Luas lahan pertanian Jepang hanya ada sekitar 16 % dari seluruh daratan di negara ini. Meskipun kecil, namun hasil pertanian Jepang sangat memuaskan hasilnya. Hasil pertanian berupa pasi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, murbei, tembakau, bit, gula, dan tanaman obat- obatan. 

Beberapa faktor yang mendorong kemajuan pertanian Jepang adalah tanahnya yang subur akibat abu vulkanis dan teknologi maju yang dipakai dalam pertanian mereka yang melibatkan sistem mekanis, hidroponik serta perawatan yang intensif. 

Perikanan 
Jepang terkenals ebagai penghasil ikan nomor satu di dunia. Beberapa hasil ikan perikanan Jepang adalah ikan sarden, haring, salmon, tuna, hiu dan paus. 

Perikanan Jepang sangat maju karena beberapa faktor diantaranya peralatan penangkapan ikan yang maju berbasis teknologi, pelabuhan - pelabuhan alam yang mendukung untuk dermaga perikanan, dukungan industri perkapalan , penangkapan ikan hingga laut lepas, dan adanya arus dingin dan panas yaitu arus Oya Syiwo dan Kuro Syiwo. 

Perindustrian 
Jepang merupakan negara industri terbesar kedua setelah Amerika. Sistem transportasi yang baik dalam negeri, jangkauan pemasaran hasil industri, kegiatan industri yang non stop 24 jam sehari, dan semangat para pekerja yang tinggi turut mendukung kemajuan dalam perindustrian di Jepang. Selain itu Jepang memiliki tenaga terampil dan ahli, upah buruh yang relatif murah, sumber tenaga air yang kaya dan mempunyai banyak pelabuhan alam. 

Keadaan Sosial dan Budaya 
Masyarakat Jepang sebagian besar bekerja diluar sektor pertanian sehingga masyarakatnya banyak yang tinggal di perkotaan. 

Beberapa etnik tinggal di Jepang seperti etnik Jepang, Korea, China dan etnik- etnik lainnya. Agama yang dianut oleh masyarakat Jepang terdiri dari Shinto, Buddha, Kristen dan sebagainya. Sebagian besar orang Jepang menganut agama Shinto dan Buddha.

Keadaan sosial dan ekonomi terlihat dari usia harapan hidup warga Jepang. Pada tahun 2013, usia harapan hidup Jepang mencapai 86 tahun untuk wanita dan 79 tahun untuk pria. Angka tersebut merupakan tertinggi di dunia. Namun angka kelahiran di Jepang tergolong rendah, sehingga dikhawatirkan terjadi penurunan jumlah penduduk.  Dan hal itulah yang menjadi tantangan Jepang menghadapi masa depan generasinya. 

Demikian profil negara Jepang berdasarkan Letak, Kondisi Alam, Sumber Daya, Kegiatan Perekonomian dan Keadaan Sosial Budaya. Semoga pembahasan ini membantu teman- teman dalam belajar khususnya materi pengetahuan sosial. 

Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Salam. 

 

No comments:

Post a Comment