11/13/2023

Rilis Aplikasi ARKAS Versi 4.1.0, Yuk Segera Lakukan Update!

Pembaruan aplikasi Arkas versi 4.1.0 sudah dirilis per tanggal 12 November 2023. Aplikasi ini merupakan pembaruan dari aplikasi sebelumnya yaitu versi 4.08 yang sudah dipublish pada 10 Oktober 2023 yang lalu.

Pembaruan di ARKAS 4.1.0
Pada aplikasi ARKAS versi terbaru ini, yaitu versi 4.1.0, ada beberapa update pembaruan, berkaitan dengan Pembaruan fitur dimana jenjang PAUD ataupun Kesetaraan dapat menggunakan ARKAS 4 untuk melakukan Perencanaan serta Penatausahaan sumber dana BOSP Reguler. 

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Aplikasi ARKAS versi 4.1.0 memungkinkan perubahan mekanisme Hapus BKU dimana jika satdik tutup BKU, misalnya, pada bulan Agustus dan satdik melakukan hapus BKU bulan Mei 2023, maka BKU bulan Mei 2023 akan kembali menjadi draft dan sistem tidak menghapus data bulan Mei itu. 

Pembaruan terkait opsi cetak bagian RKAS ditambahkan pula pada ARKAS versi 4.1.0 dimana ada opsi untuk mencetak kertas kerja untuk semua sumber dana. Sebagai tambahan, ada juga penyegaran logo ARKAS versi 4. 

Download dan Update Aplikasi ARKAS 4.10
Update aplikasi ARKAS versi 4.1.0 dapat diperbarui secara otomatis ketika pengguna sudah menggunakan aplikasi ARKAS versi sebelumnya yaitu ARKAS 4.0.8. 

Bagi yang akan melakukan instalasi dari awal, aplikasi ARKAS versi 4.1.0 dapat diunduh melalui laman https://arkas.kemdikbud.go.id/download/arkas4. Oya, aplikasi juga support pada sistem 64 Bit maupun 32 Bit dengan sistem operasi Windows 8/10 / 11.

Apakah ARKAS itu?
Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Aplikasi ARKAS dibuat berlandaskan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan dimana setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Beberapa fungsi dan manfaat ARKAS diantaranya mengukur pembelanjaan dana BOS di sekolah terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Selain itu Arkas juga memudahkan sekolah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOSP serta menjamin tercapainya penggunaan sumber dana secara efisien, efektif, dan berkesinambungan serta berkaitan dengan fasilitasi sekolah dalam menyusun perencanaan, penganggaran dan penatausahaan sekolah dari manual ke bentuk digital. 

Tentang ARKAS Versi 4
Arkas pada tahun 2023 ini sudah masuk ke versi terbaru yaitu versi 4, dengan fitur -fitur yang lebih praktis, lebih aman dan lebih nyaman. Arkas versi 4 lebih praktis, pasalnya, perbaikan alur pengguna untuk mempermudah satuan pendidikan di seluruh rantai proses pengisian ARKAS. ARKAS juga terintegrasi SIPLah pada bagian penatausahaan, sehingga data pembelanjaan detail dari SIPLah tidak perlu dimasukkan manual. Fitur login hanya diminta untuk memasukkan email dan password, tanpa perlu koneksi internet dan kode Referensi di Benahi Rapor sudah dipetakan dengan kode kegiatan di ARKAS. Selain itu, kertas kerja dikelompokkan berdasarkan sumber dana. 

Arkas versi 4 juga dinilai lebih aman, dimana mencakup semua sumber dana yang telah tercakup di dalam ARKAS 3 dan regulasi sesuai Juknis terbaru. Proses Aktivasi Kertas Kerja dan Buku Kas Umum secara otomatis melalui dukungan data Dapodik. Pengelompokan anggaran juga dapat dilaksanakan perbulan, yang mempermudah akses. Arkas versi 4 juga meningkatkan relevansi tiap menu dan info yang ditampilkan dan panduan pengisian juga disediakan. 

Arkas versi 4 dianggap juga lebih nyaman, yaitu dengan kemudahan mengakses fitur pergeseran dengan tampilan yang sederhana. Hierarki informasi ditampilkan dengan terstruktur sehingga lebih jelas dipahami satuan pendidikan dan pengguna dapat dengan mudah melihat bagian yang perlu diisi saat menyunting anggaran Penyesuaian Layout Pelaporan Penghitungan Pajak (PPn, PPh, SPPD) untuk transaksi yang relevan. 

Demikian informasi tentang aplikasi Arkas terbaru versi 4.1.0. Yuk segera lakukan pembaruan dan manfaatkan fitur- fiturnya.

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment