1/11/2024

Aplikasi Dapodik Terbaru Versi 2024 c Semester Genap Resmi Dirilis, Yuk Segera Lakukan Pembaharuan!

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah telah melakukan pemutakhiran Aplikasi Dapodik versi 2024.c sebagai versi aplikasi terbaru Dapodik di awal tahun 2024 ini. 

Aplikasi Dapodik versi 2024.c merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk pemutakhiran data pokok pendidikan semester genap tahun ajaran 2023/ 2024. 

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Berdasarkan laman resmi Dapodik, ada beberapa pembaharuan pada aplikasi Dapodik versi 2024.c yang mencakup beberapa poin diantaranya tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 yaitu satuan pendidikan untuk segera membentuk dan melaporkan Satuan Tugas PPKSP dan TPPK tersebut ke dalam sistem Dapodik dan Portal PPKSP. 

Selain itu juga terdapat informasi terkait pembentukan satuan tugas di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten kota serta untuk jenjang PAUD dan Pendidikan nonformal dan jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK serta SLB. Pembentukan satuan tugas di pemerintah provinsi dan kabupaten kota, paling lambat 6 bulan dan pembentukan TPPK jenjang PAUD dan pendidikan nonformal selama 1 tahun serta untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK serta SLB selama 6 bulan sejak Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 diundangkan pada tanggal 4 Agustus 2023.

Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2024 c
Adapun daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik versi 2024.c adalah mencakup hal- hal berikut :
  • [Pembaruan] Penambahan validasi jika satuan pendidikan mengubah jenis kepanitiaan lama ke jenis kepanitiaan TPPK (wajib membuat kepanitiaan baru).
  • [Pembaruan] Penambahan pop-up saat satuan pendidikan mendapatkan pesan baru dari pusat.
  • [Perbaikan] Perbaikan urutan kolom isian NPWP dan nama wajib pajak pada formulir GTK.
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pengecekan unsur GTK pada keanggotaan TPPK.
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat import nilai dari file Excel.

Aplikasi Dapodik versi 2024.c juga menyempurnakan dan menyelesaikan masalah bugs yang terjadi pada versi sebelumnya yaitu Dapodik versi 2024.b  yang memengaruhi kelancaran dalam pemutakhiran data pada satuan pendidikan di semester 1 tahun ajaran 2023/ 2024. 

Buat teman- teman yang akan memperbarui aplikasi Dapodik ke versi 2024.c, perlu diperhatikan bahwa rilis aplikasi dalam bentuk patch dimana pengguna harus sudah menginstal atau memasang Aplikasi Dapodik versi sebelumnya yaitu 2024.b.

Cara Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2024 c
Adapun langkah pembaruan yang dapat dilakukan untuk melakukan pemutakhiran aplikasi adalah sebagai berikut :
  1. Masuk ke laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan dan lakukan unduh patch Aplikasi Dapodik 2024.c.
  2. Instal patch Aplikasi Dapodik 2024.c yang sudah diunduh lalu lakukan refresh peramban web. 
  3. Buka Aplikasi Dapodik dan isikan username dan password.
  4. Klik pada pilihan semester 2023/ 2024 genap lalu pilih Masuk 
  5. Pada tampilan Aplikasi dapodik versi 2024.c,  klik tombol tarik data dan pastikan langkahnya berhasil. 
  6. Lakukan input data sesuai kondisi sebenarnya. 
  7. Setelah lengkapi isian data, sinkronkan Aplikasi melalui tukar pengguna ke akun kepala sekolah dan klik Sinkronisasi. 

Itulah informasi rilis Aplikasi Dapodik versi 2024.c. Yuk segera lakukan pembaruan dan isi data- datanya secara riil. Salam Satu Data.

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment