1/19/2024

Pengertian Fotosintesis, Proses, Hasil dan Faktor Penentu Lajunya

Fotosintesis sangat berperan penting bagi kehidupan di muka bumi. Pasalnya, hampir sebagian besar oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup dihasilkan oleh proses tersebut. Sebenarnya, apakah sih proses fotosintesis itu? Bagaimana terjadinya dan faktor apa saja yang memengaruhi laju fotosintesis, berikut penjelasannya.

Image by eko pramono from Pixabay

Pengertian Fotosintesis 
Fotosintesis merupakan suatu proses yang dilakukan oleh organisme seperti tumbuhan hijau, alga dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi nutrisi atau energi terpakai dengan bantuan energi cahaya. Beberapa organisme yang dapat menghasilkan energi melalui proses fotosintesis tersebut dikenal dengan sebutan fototrof.

Fotosintesis dalam prosesnya mengikat karbon bebas dari CO2 dan mengubahnya menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi, dan oleh karenanya, fotosintesis dapat disebut sebagai salah satu cara asimilasi karbon. 

Tumbuhan yang dapat mensintesis makanan secara langsung dari senyawa organik memiliki sifat autotrof. Tumbuhan autotrof menggunakan karbondioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya dan energi yang diperlukan dalam menjalankan proses tersebut berasal dari proses fotosintesis. Glukosa dapat dimanfaatkan untuk membentuk senyawa organik lainnya seperti selulosa dan dapat digunakan pula sebagai bahan bakar. 

Tumbuhan menangkap cahaya matahari menggunakan klorofil, yaitu pigmen yang memberikan warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terletak dalam organel yang dikenal sebagai kloroplas. 

Klorofil akan menyerap cahaya matahari yang dimanfaatkan dalam fotosintesis. Meskipun tumbuhan berwarna hijau banyak mengandung kloroplas dan dapat menghasilkan energi, namun hanya pada bagian daun saja sebagian besar energi yang dihasilkan. Pada daun, terdapat mesofil, yaitu lapisan sel yang mengandung setengah juta kloroplas tiap milimeter persegi. Cahaya tanpa warna akan melewati lapisan epidermis dan cahaya yang transparan akan menuju mesofil dimana sebagian besar proses fotosintesis terjadi. 

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau 
Proses fotosintesis terjadi karena ada komponen- komponen yang ada di dalamnya. Komponen- komponen atau bahan- bahan tersebut  diperlukan dalam proses yang akan berlangsung. 

Komponen Fotosintesis 
Tumbuhan memerlukan bahan- bahan dalam proses fotosintesis. Adapun bahan- bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :
  • Air 
  • Karbondioksida
  • Cahaya Matahari 
  • Klorofil

Air
Air pada tumbuhan berasal dari dalam tanah. Air akan diserap oleh bagian akar yang dikenal sebagai rambut akar dan masuk ke batang melalui pembuluh kayu. Air yang mengandung zat hara, akan dialirkan ke seluruh bagian tumbuhan seperti ranting dan daun. 

Karbondioksida 
Karbondioksida akan masuk dari udara ke tubuh tumbuhan melalui stomata dan lentisel. Stomata merupakan pori mikroskopik. 

Energi Matahari 
Energi cahaya  akan diserap oleh klorofil dan kemudian menggerakkan sintesis molekul makanan (air hara) dalam kloroplas.

Persamaan Kimia Proses Fotosintesis
Proses pembuatan makanan melalui fotosintesis dapat dirumuskan secara kimia melalui rumus molekul berikut ini,

6CO2 + 6H2O + Energi Cahaya → C6H12O6 + 6O2

Pada rumus tersebut dapat dijabarkan penjelasannya sebagai berikut :
  • Karbondioksida + air (dibantu energi cahaya) → glukosa + oksigen 
  • Energi cahaya diperlukan agar menghasilkan energi kimia. 
  • Energi cahaya membantu transfer elektron dari H2O ke CO2
  • Hasil fotosintesis berupa glukosa yaitu sejenis karbohidrat. Selain itu, fotosintesis menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhliuk hidup untuk bernapas.

Image by brgfx on Freepik

Faktor Penentu Laju Proses Fotosintesis
Laju Proses fotosintesis ditentukan oleh beberapa faktor utama seperti intensitas cahaya, konsentrasi karbondioksida, suhu, kadar air dan kadar fotosintesis.

Intensitas cahaya 
Laju proses fotosintesis dapat berjalan dengan baik apabila terdapat banyak cahaya matahari. Semakin tinggi intensitas cahaya matahari, maka semakin maksimal laju proses fotosintesis. 

Konsentrasi karbondioksida 
Karbondioksida yang banyak atau melimpah di udara akan menentukan laju fotosintesis karena karbondioksida merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis. 

Suhu 
Fotosintesis dapat bekerja pada suhu yang optimal dan meningkatnya suhu, maka laju fotosintesis akan juga semakin meningkat.

Kadar Air 
Kadar air yang sedikit akibat kekurangan air akan menyebabkan stomata menutup. Hal ini tentu saja akan menghambat penyerapan karbondioksida dan kemudian akan mengurangi laju fotosintesis. 

Kadar Fotosintesis 
Kadar fotosintat (hasil fotosintesis) seperti karbohidrat yang berkurang akan menyebabkan laju fotosintesis naik, dan sebaliknya, apabila kadar fotosintat bertambah maka laju fotosintesis akan berkurang. 

Demikian tentang fotosintesis, baik pengertian, proses yang terjadi, hasil dan faktor penentu lajunya. Semoga pembahasan di atas memudahkan teman- teman dalam belajar materi fotosintesis. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment