1/02/2024

Pengertian Level Tari, Jenis dan Macam- Macam Level Gerak Tari Daerah di Indonesia

Saat melakukan gerak tari, ada tingkatan rendah seperti duduk, kadang berdiri, melompat. Tinggi rendahnya gerakan yang dilakukan tersebut dikenal dengan istilah level. 

source : https://www.indonesiakaya.com/

Pengertian Level Gerak Tari
Level gerak tari merupakan tinggi rendahnya gerak tari yang dilakukan. Level gerak tari berkaitan erat dengan ruang, waktu dan tenaga. Ada tiga level gerak dalam tari yaitu rendah, sedang dan tinggi. Level tari baik rendah, sedang maupun tinggi merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga memberikan kesan dinamis pada tari. Level rendah biasanya dilakukan dengan menyentuh lantai, sementara level sedang dilakukan sejajar dengan tubuh dan level gerak tari tinggi dilakukan oleh penari secara vertikal sesuai dengan kemampuannya. 

Fungsi Level Tari
Sekelompok penari yang melakukan gerak tari menurut levelnya misalnya desain bawah dan atas akan memberikan kesan yang dinamis terhadap gerak yang dilakukan. Selain memberikan kesan dinamis, level gerak tari berfungsi juga untuk menunjukkan tokoh dalam penampilan tari. 

Penari yang berada pada level tinggi akan membentuk garis sudut atas dan level sedang akan membentuk garis sisi, sementara untuk posisi berbaring akan membentuk sudut bawah. Sebagai contoh dalam pertunjukan tari, terdapat seorang penari yang berdiri tegak dengan bertolak pinggang akan menunjukkan level tinggi, dan seorang penari lainnya berdiri setengah badan akan menunjukkan level sedang serta seorang penari yang sedang berbaring di atas pentas akan menunjukkan level rendah. 

Level rendah, sedang maupun tinggi dalam setiap gerak tari daerah memiliki suatu kesamaan dan kemiripan, jadi tarian dari daerah yang satu akan memiliki kesamaan pada level dengan tarian pada daerah bahkan dengan negara lain. 

Hubungan Level Gerak Tari dengan Ruang, Waktu dan Tenaga
Sesuai dengan fungsinya, level gerak tari akan membuat tarian menjadi lebih dinamis. Level gerak tari yang berhubungan dengan ruang, waktu dan tenaga dijelaskan sebagai berikut,
Bahwa level dapat membentuk ruang dan untuk membentuk ruang membutuhkan waktu. Untuk membentuk ruang dan waktu, tentu membutuhkan tenaga untuk melakukan gerak sesuai dengan intensitasnya. 

Jenis Level Gerak Tari
Level Tinggi 
Level gerak tinggi pada seni tari seringkali ditemukan pada tari tradisi di daerah di Indonesia. Tarian perang dari Dayak, merupakan contoh tari yang menerapkan level tinggi. Pada tarian tersebut dapat dijumpai penari yang melompat sehingga memberikan kesan dinamis dan kekuatan yang luar biasa. Dalam berbagai tarian perang, level tinggi dapat menunjukkan dua peran yang berbeda.

Level tinggi juga sering dijumpai pada tari balet, dimana penari melakukan gerakannya seolah- olah melayang dengan teknik yang baik dan benar.

Level Sedang 
Gerak level sedang hampir dimiliki oleh semua tarian tradisional di Indonesia. Levels edang ditunjukkan ketika penari berdiri secara lurus di atas pentas. Gerak tersebut biasanya dilakukan oleh penari pria karena ingin menonjolkan sisi maskunilitas. 

Gerak level sedang juga sering dijumpai melalui gerakan rampak dengan posisi badan agak mencondong. Pose gerak ini memberikan kesan kokoh dan kuat serta memberi kesan maskulin yang biasa ditampilkan oleh penari laki- laki. 

Level Rendah 
Level gerak rendah dapat dijumpai dalam penampilan tari ketika penari berguling- guling dari satu tempat ke tempat lainnya. Adapun ketinggian minimal dicapai penari sebatas ketika mereka rebah di lantai. 

Nama- Nama Tarian Berdasarkan Jenis Level tari
Berikut ini nama- nama arian berdasarkan level tari

 Nama Tarian  Asal Daerah  Level Tari
 Tari Saman  Aceh  Rendah
 Tari Seudati  Aceh  Tinggi
 Tari Piring  Sumatra Barat  Sedang
 Tari Payung  Sumatra Barat  Sedang
 Tari Tor- Tor  Sumatra Utara  Sedang
 Tari Serampang Dua Belas  Sumatra Utara  Tinggi
 Tari Andun  Bengkulu  Sedang
 Tari Sekapur Sirih  Jambi  Rendah
 Tari Selampir Delapan  Jambi  Sedang
 Tari Jangget  Lampung  Sedang
 Tari Malinting  Lampung  Sedang
 Tari Tanggai  Sumatra Selatan  Sedang
 Tari Yapong  Jakarta  Sedang
 Tari Jaipong  Jawa Barat  Sedang
 Tari Serimpi  Yogyakarta  Sedang
 Tari Bedhaya  Yogyakarta  Sedang
 Tari Blambangan  Jawa Tengah  Sedang
 Tari Gambyong  Jawa Tengah  Sedang
 Tari Remo  Jawa Timur  Tinggi
 Reog Ponorogo  Jawa Timur  Tinggi
 Tari Perang  Papua  Tinggi
 Tari Mandau  Kalimantan Tengah  Tinggi
 Tari Cakalele  Maluku  Tinggi

Itulah tentang pengertian level gerak tari, jenis dan macam- maca level gerak tari dalam tarian daerah di Indonesia. Semoga pembahasan di atas dapat membantu teman- teman dalam belajar materi level gerak tari. 

Semoga Bermanfaat 

Salam.

No comments:

Post a Comment