1/23/2024

Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/ MI/ Sederajat Tahun 2024, Inilah Syarat, Ketentuan dan Jadwal Pelaksanaannya

Olimpiade Sains Nasional (OSN-SD) Tahun 2024 merupakan ajang bagi peserta didik jenjang SD/ MI/ sederajat untuk meningkatkan kemampuan khususnya dalam bidang sains yang mendasarzkan pada pendidikan karakter yang mencakup religuisitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. 

Cabang mapel yang diperlombakan pada OSN SD/ MI/ Sederajat tahun 2024 termasuk dalam kelompok bidang riset dan inovasi yang meliputi mata pelajaran Matematika dan IPA. 

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Sistem seleksi OSN untuk jenjang SD/ MI/ sederajat tersebut dilaksanakan secara bertingkat mulai dari penyaringan tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi hingga ke tingkat nasional. Bagi peserta didik terbaik dari OSN tingkat nasional, akan dipersiapkan kembali nantinya untuk maju mengikuti olimpiade sains tingkat internasional. 

OSN tahun 2024 yang mengusung tema Merdeka, Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi ini menyasar peserta didik untuk berkompetisi pada jenjang SD/ MI/ sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, baik negeri ataupun swasta. 

Ada beberapa unsur penyelenggara dalam OSN 2024 SD/ MI/ Sederajat sesuai dengan tugasnya masing- masing yaitu di tingkat sekolah, tingkat kabupaten/ kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional. Setiap unsur penyelenggara dapat menyeleksi setiap tahapan sesuai dengan ketentuan tersendiri. 

Persyaratan Peserta 
Peserta didik yang akan mengikuti Olimpiade Sains SD/MI/Sederajat harus memenuhi syarat umum diantaranya sebagai berikut :
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya dan merupakan siswa kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat pada tahun ajaran 2023/2024 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Juli 2011 dan setelahnya. 
  2. Peserta memiliki kompetensi pada cabang lomba Matematika atau IPA dan belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya serta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk cabang lomba yang sama. 

Ketentuan OSN tingkat Sekolah  (OSN-S)
Tingkatan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Sekolah (OSN-S) dilakukan oleh masing- masing satuan pendidikan yang mana ketentuan seleksi dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah. Peserta terbaik hasil seleksi sekolah akan menjadi wakil sekolah ke tingkatan berikutnya yaitu OSN-K. Adapun mekanisme pendaftaran peserta OSN SD/ MI/ Sederajat adalah sebagai berikut :
  1. Sekolah melakukan registrasi dengan SSO PD Data melalui laman Registrasi Terpadu Ajang Talenta http://daftarbpti.kemdikbud.go.id/
  2. Lanjutkan registrasi dengan mengunggah kelengkapan berkas dan pembuatan akun peserta OSN pada laman https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn

Jadwal pelaksanaan OSN untuk jenjang SD/MI / sederajat
Pelaksanaan OSN untuk jenjang SD/MI / sederajat adalah sebagai berikut :
  • 16-19 Januari 2024 : Sosialisasi Olimpiade Sains Nasional -SD tahun 2024 
  • 22 Jan-3 Maret 2024 : Pendaftaran Peserta Olimpiade Sains Nasional-SD 
  • 13-16 Maret 2024 : Ujicoba aplikasi dan simulasi Olimpiade Sains Nasional-Kabupaten (OSN-K)
  • 20-21 Maret 2024 : Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional-Kabupaten (OSN-K) 
  • 15 April 2024 : Pengumuman peserta yang lolos ke Olimpiade Sains Nasional-Provinsi (OSN-P)
  • 1 s.d 4 Mei : Ujicoba aplikasi dan simulasi Olimpiade Sains Nasional-Provinsi (OSN-P)
  • 20-21 Mei 2024 : Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional-Provinsi (OSN-P)
  • 3 Juni 2024 : Pengumuman peserta yang lolos ke OSN Tingkat Nasional 
  • 5-11 Agustus 2024 : Pelaksanaan OSN Tingkat Nasional 

Lebih lanjut informasi tentang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/ MI/ Sederajat tahun 2024 dapat dilihat melalui Juknis berikut,

Demikian Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD/ MI/ Sederajat tahun 2024. Yuk segera daftar dan mulai persiapkan OSN jenjang SD/ MI/ sederajat dengan maksimal untuk hasil yang lebih baik. 

Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment