1/27/2024

FLS2N SMA/MA/Sederajat tahun 2024 Mengusung 14 Cabang Lomba, Berikut Pelaksanaan, Tahapan Seleksi dan Jadwal Lengkapnya

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud tahun 2024 kembali menggelar ajang tahunan FLS2N untuk jenjang SMA/ sederajat. Pelaksanaan FLS2N SMA tahun 2024 akan dilaksanakan dengan beberapa proses tahapan pelaksanaan mulai Februari hingga September mendatang. 



FLS2N untuk jenjang SMA/ sederajat tahun 2024 merupakan ajang festival seni untuk menumbuhkembangkan jiwa dan kecintaan peserta didik terhadap seni sehingga dapat menginspirasi mereka untuk dapat menjaga kelestarian kesenian dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. Tema yang diusung pada FLS2N SMA sederajat adalah "Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi" dengan tagar #merdekaberprestasitalentasenimenginspirasi#. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan peserta didik untuk berprestasi dan menggali potensi dalam bidang seni. 

Peserta FLS2N SMA/MA/Sederajat tahun 2024 merupakan siswa Menengah Atas atau Madrasah Aliyah atau sederajat. Selain itu FLS2N juga memberikan kesempatan bagi peserta didik perwakilan sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). 

Cabang Lomba FLS2N SMA 2024
Pelaksanaan lomba dapat diselenggarakan secara daring maupun luring tergantung kebijakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota dan Provinsi. FLS2N untuk jenjang SMA/ sederajat tahun 2024 akan menampilkan 14 cabang lomba bidang seni dan budaya diantaranya sebagai berikut :
  1. Baca Puisi 
  2. Cipta Lagu 
  3. Cipta Puisi 
  4. Desain Poster 
  5. Film Pendek 
  6. Fotografi 
  7. Instrumen Solo : Gitar 
  8. Jurnalistik 
  9. Komik Digital 
  10. Kriya 
  11. Menulis Cerita Pendek 
  12. Menyanyi Solo 
  13. Monolog 
  14. Tari Kreasi 

Pelaksanaan Lomba
Pelaksanaan Seleksi Secara Luring 
  1. Pihak sekolah melakukan registrasi siswa melalui portal pendaftaran peserta FLS2N, di laman https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id 
  2. Sekolah mengirim siswa untuk seleksi FLS2N di tingkat Kabupaten/ Kota
  3. Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota melakukan seleksi dan menetapkan pemenang melalui Surat Keputusan.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan seleksi peserta berdasar hasil seleksi di tingkat kabupaten/ kota dan menetapkan pemenang melalui Surat Keputusan.
  5. Karya terbaik provinsi yang mewakili ke tingkat Nasional di unggah melalui aplikasi lomba FLS2N SMA pada laman https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ melalui video.

Seleksi secara Daring 
  1. Pihak sekolah melakukan registrasi siswa melalui portal pendaftaran peserta FLS2N, di laman https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id 
  2. Sekolah mengirim siswa untuk seleksi FLS2N di tingkat Kabupaten/ Kota
  3. Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota melakukan seleksi secara daring dan menetapkan pemenang melalui Surat Keputusan.
  4. Dinas Pendidikan Provinsi melakukan seleksi secara daring peserta berdasar hasil seleksi di tingkat kabupaten/ kota dan menetapkan pemenang melalui Surat Keputusan.
  5. Karya terbaik provinsi yang mewakili ke tingkat Nasional di unggah melalui aplikasi lomba FLS2N SMA pada laman https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ melalui video.

Seleksi Nasional FLS2N SMA tingkat nasional tahun 2024 
Tahap Semifinal 
Tahapan semifinal lomba dilaksanakan secara daring dan karya peserta diunggah melalui laman https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fls2n/ . Pada tahap semifinal, akan ditetapkan 10 finalis untuk selanjutnya mengikuti tahapan final secara luring.

Tahap Final 
Tahap final dilaksanakan secara luring dan seleksi dilakukan oleh dewan juri nasional untuk menentukan juara nasional. 

Jadwal Pelaksanaan
14 s.d. 16 Februari 2024 : Sosialisasi FLS2N SMA 2024
16 Februari s.d. 31 Maret 2024: Pendaftaran Peserta FLS2N SMA 2024
Maret s.d. April 2024 : Proses Seleksi FLS2N SMA tingkat Kabupaten/Kota 
Mei s.d. Juni 2024 : Seleksi FLS2N SMA di tingkat Provinsi
 20 Juli 2024 : Penyampaian hasil karya terbaik seleksi tingkat FLS2N SMA Provinsi ke BPTI : 
5 s.d. 9 Agustus 2024 : Tahap Semifinal FLS2N SMA Tingkat Nasional (Daring) 
17 s.d. 23 September 2024 : Tahap Final FLS2N SMA Tingkat Nasional (Luring)

Itulah informasi tentang pelaksanaan FLS2N SMA/ sederajat tahun 2024. Info lebih jelas dan lengkap dapat dilihat pada panduan berikut ini,


Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment