1/01/2024

Mengenal Berbagai Elemen Gerak Tari : Ruang, Waktu dan Tenaga

Elemen gerak tari dapat disebut sebagai elemen penting yang menjadi dasar dalam gerakan tari. Sebagai elemen dasar dari tari, gerak tari memiliki perbedaan dibandingkan gerak yang dilakukan sehari- hari. Gerak tari memiliki makna dan dilakukan secara ritmis dan padu sementara gerakan sehari- hari lebih bersifat fungsional. 

source : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Meskipun setiap tari memiliki ragam gerak yang berbeda, namun setiap jenis tari memiliki kesamaan dalam ruang, waktu dan tenaga dalam melakukan gerak tari tersebut. 

Elemen Ruang 
Ruang merupakan salah satu elemen dalam gerak tari yang menentukan terciptanya suatu gerak. Ruang sangat berikatan erat dengan gerak. Pasalnya, suatu gerak tidak akan tercipta tanpa adanya suatu ruang. Penari yang membawakan tarian pasti membutuhkan ruang, baik ruang yang diciptakannya sendiri maupun ruang pentas dimana penari tersebut melakukan gerakannya. Apabila penari melakukan gerakan tari, maka setiap gerak yang dibuatnya pastilah memiliki desain ruang dan berkaitan dengan benda- benda lainnya dalam dimensi ruang dan waktu.

Elemen Waktu 
Gerak yang dilakukan baik gerak estetis maupun fungsional pasti membutuhkan waktu. Dalam gerak tari, lama waktu berhubungan dengan tempo. Tempo dalam gerak tari berfungsi untuk memberikan kesan yang dinamis pada tarian sehingga tarian enak untuk dinikmati. 

Elemen waktu berhubungan dengan ritme baik ritme tubuh maupun lingkungan dan gerak yang dilakukan dalam waktu lambat, sedang atau cepat akan memberikan kesan hidup pada sebuah tarian. Selain tempo, elemen waktu juga berkaitan dengan unsur irama yang memberikan nafas sehingga tercipta kesan hidup. 

Hubungan antara gerak dan waktu dapat disimpulkan bahwa tempo atau waktu akan memberikan kesan yang dinamis sehingga tarian akan dapat dinikmati dengan baik. Tempo dalam tarian merupakan ungkapan pencipta tari sehingga seringkali berubah- ubah. 

Elemen Tenaga
Gerak dalam tari memerlukan tenaga. Tenaga dalam tari merupakan elemen  kekuatan yang akan mengawali, mengendalikan dan menghentikan gerak. Tenaga dalam gerak tari mencakup hal- hal seperti berikut ini,
  • Intensitas, yaitu kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak. Gerakan yang memiliki intensitas tinggi akan memerlukan tenaga yang kuat demikian pula sebaliknya, gerakan yang memiliki intensitas rendah, maka tenaga yang diperlukan juga lemah. 
  • Tekanan/ aksen, yaitu aspek yang muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba- tiba dan kontras 
  • Kualitas, yaitu aspek yang berhubungan dengan cara penggunaan dan penyaluran tenaga 

Hubungan antara tenaga dan gerak dalam tari adalah bahwa setiap gerakan yang dilakukan dalam tari memerlukan tenaga. Tenaga diwujudkan melalui kualitas gerak yang dilakukan dan setiap tenaga yang digunakan dan dimanfaatkan ke dalam gerakan tari akan menambah kesan dinamis gerakan tari tersebut. 

Itulah tentang elemen gerak tari yaitu ruang, waktu dan tenaga. Nah, kira- kira, dari ketiga elemen tersebut, adakah yang paling penting diantara ketiganya? Atau sama- sama penting dalam gerak tari? Yuk tuliskan di kolom komentar yaa...

Semoga Bermanfaat 

Salam.

No comments:

Post a Comment