1/30/2024

Lowongan Editor Daring KBBI 2024, Inilah Syarat Daftar dan Mekanismenya

Buat teman- teman yang ingin berkarir menjadi seorang editor, inilah kesempatan bagi kalian yang akan menekuni budang ini. Pasalnya, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemdikbusristek memberikan peluang bagi masyarakat umum yang memenuhi syarat untuk menjadi editor daring Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2024. 



Hal itu disampaikan melalui Pengumuman Nomor 0093/I2/BS.00.01/2024 yang dipublish pada 23 Januari 2024 yang menginformasikan tentang kesempatan bagi para peminat dan penyusun kamus untuk berkontribusi dalam program pemerkayaan kosakata bahasa Indonesia melalui penambahan entri Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) oleh Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Tugas bagi Editor KBBI adalah untuk berkontribusi dalam penambahan entri Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Syarat Pendaftaran 
Dilansir dari laman Badan Bahasa, syarat untuk editor KBBI Daring adalah sebagai berikut :
  1. Pengguna aktif KBBI Daring yang dibuktikan dengan kepemilikan akun KBBI dan keaktifan memberi usulan.
  2. Memahami prinsip dasar penyusunan kamus.
  3. Berkomitmen terhadap waktu yang telah ditetapkan.
  4. Bersedia bekerja penuh waktu selama masa kontrak
  5. Berkomitmen untuk memenuhi target dalam lini masa yang telah ditetapkan.
  6. Tidak sedang terikat kontrak dengan pihak lain.
  7. Mampu bekerja di dalam tim.
  8. Memiliki latar belakang pendidikan di bidang bahasa menjadi nilai tambah.

Mekanisme Pendaftaran 
Proses pendaftaran dilakukan dengan membuka tautan  https://shorturl.at/dikXZ dengan mengupload berkas untuk pendaftaran yang mencakup Daftar Riwayat Hidup, Surat Pernyataan tidak terikat pihak manapun, Surat pernyataan berkomitmen melaksanakan program dengan tanda tangan di atas materai Rp. 10.000,00 dan Screenshot (tangkapan layar) akun KBBI Daring. 

Waktu Pendaftaran Editor KBBI Daring 2024
Pendaftaran paling lambat dilakukan sebelum tanggal 7 Februari 2024.

Pengumuman Peserta yang Lulus 
Pengumuman editor KBBI Daring 2024 akan diberitahukan melalui laman  https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/, https://spiritpusbanglin.kemdikbud.go.id/, dan media sosial Badan Bahasa pada tanggal 12 Februari 2024. 

Bagi peserta yang lolos, maka proses selanjutnya adalah wawancara langsung di  kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kompleks IPSC, Jalan Anyar Km. 4, Sentul. 

Demikian informasi lowongan editor daring KBBI 2024. Informasi lebih lanjut tentang pengumuman ini, lampiran- lampiran dan dokumen yang dipersyaratkan, dapat teman- teman baca dan cermati melalui laman Badan Bahasa di https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/ atau melalui dokumen berikut ini, 


Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment