1/22/2024

Instrumen Lengkap Soal dan Paket Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Mandiri SMK Semua Bidang Keahlian Tahun 2024, Yuk Cek Disini!

Uji Kompetensi Keahlian (UKK)  merupakan salah satu asesmen yang dilaksanakan pada jenjang SMK oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP - P1/LSP-2/LSP-3), atau satuan pendidikan yang terakreditasi bersama dengan dunia kerja. UKK dilaksanakan pada masa akhir studi terhadap pencapaian kualifikasi jenjang dua atau tiga KKNI dan Okupasi. Adapun hasil UKK menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan (SKL).  

Jurusan SMK terpopuler
smk bisa !
Tujuan UKK SMK
Uji Kompetensi Keahluan (UKK) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah merampungkan proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi atau konsentrasi keahlian yang ditempuh. Selain itu UKK dapat memaksimalkan proses sertifikasi kompetensi yang merujuk pada capaian kompetensi lulusan SMK yang sesuai dengan KKNI dan mendorong kerjasama SMK dengan DUDI dalam pelaksanaan uji kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. 

Sasaran UKK SMK
UKK dapat dilaksanakan bagi seluruh peserta didik SMK untuk program 3 tahun maupun 4 tahun. Pada program 3 tahun, UKK diselenggarakan pada semester 5 atau 6 atau ketika siswa sudah menyelesaikan materi pembelajaran atau capaian pembelajaran. Sementara itu, untuk jenjang 4 tahun, UKK dilaksanakan pada semester 7 atau 8 atau siswa yang telah menyelesaikan materi pembelajaran. 

Perangkat UKK 2024
Dalam penyelenggaraannya, ada tiga perangkat UKK yaitu pertama, perangkat yang dibuat oleh dunia kerja atau Asosiasi Profesi melalui sistem yang diterapkan, kedua, perangkat UKK oleh SMK yang bekerja sama dengan lembaga sertifikasi berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), seperti LSP-P1, LSP-P2, LSP-P3, yang ditetapkan melalui regulasi BNSP yang berlaku. Ketiga, perangkat UKK Mandiri yang bekerja sama dengan Mitra Dunia Kerja. 

Untuk perangkat yang ketiga ini, yang paling banyak diterapkan oleh sebagian besar sekolah. Ada dua perangkat UKK Mandiri yaitu Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK dan instrumen soal UKK.  

Instrumen UKK 2024
Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK merupakan instrumen untuk menilai kelayakan satuan pendidikan maupun institusi lainnya sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). Insrumen verifikasi penyelenggara  berisikan standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung, standar persyaratan tempat/ruang, serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal. Sedangkan instrumen soal UKK merupakan instrumen berupa tes yang berbentuk penugasan untuk mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan untuk menghasilkan suatu barang dan/atau jasa. 

Ada tiga aspek yang dinilai yaitu aspek keterampilan dan sikap serta aspek pengetahuan. Standar Instrumen Soal UKK untuk keterampilan dan sikap disusun oleh Pemerintah Pusat sedangkan untuk uji aspek pengetahuan disusun oleh asesor. Bentuk instrumen aspek pengetahuan dapat berupa soal pilihan ganda, uraian, jawaban singkat dan/ atau wawancara. 

Nah, buat teman- teman yang saat ini membutuhkan instrumen lengkap uji kompetensi keahlian (UKK) Mandiri SMK tahun 2024 untuk semua bidang keahlian, bisa melihatnya melalui tautan berikut ini,  


Demikian Instrumen Lengkap Soal dan Paket Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Mandiri SMK Semua Bidang Keahlian Tahun 2024. Semoga informasi di atas dapat membantu teman- teman yang sedang membutuhkan soal dan paket lengkap UKK Mandiri SMK Tahun 2024. 

Semoga bermanfaat.

Salam 

No comments:

Post a Comment