1/24/2024

Pendaftaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 : Inilah Sasaran, Mekanisme dan Jadwalnya

Olimpiade Sains Nasional atau yang lebih dikenal dengan OSN kembali digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud tahun 2024 ini. Rencananya, pelaksanaan Olimpiade Sains akan diselenggarakan dengan beberapa tahapan mulai Januari hingga September 2024.   



OSN SMA/MA/sederajat merupakan salah satu ajang pada bidang Sains yang digelar untuk peserta didik SMA/MA/Sederajat. OSN Tahun 2024 yang mengusung tema “Berprestasi dan Berintegritas”, dengan tagar #berprestasidanberintegritas #MERDEKA BERPRESTASI Talenta Sains Menginspirasi  ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan melejitkan potensi diri di bidang sains dengan tetap menjaga kejujuran dan integritas. 

Sasaran OSN SMA/MA/Sederajat Tahun 2024
Adapun sasaran pelaksanaan OSN adalah peserta didik pada jenjang SMA/ MA/ sederajat yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dan sekolah Indonesia Luar Negeri baik negeri maupun swasta. 

Untuk jenjang SMA/ MA / atau sederajat, Ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) termasuk dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi yang melombakan 9 cabang lomba dalam  OSN dengan rincian sebagai berikut :
1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Informatika/Komputer
5. Biologi
6. Astronomi
7. Ekonomi
8. Kebumian
9. Geografi 

Mekanisme OSN SMA/ MA/ sederajat
Sebagai ajang talenta, Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 untuk  SMA/MA/sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari tingkat satuan pendidikan, daerah hingga tingkat nasional dengan tujuan menjaring peserta terbaik dari seluruh provinsi. Adapun penyelenggaraan pada setiap  jenjang adalah sebagai berikut: 

1. Olimpiade Sains Nasional tingkat Sekolah (OSN-S)
Tahapan seleksi paling awal dilakukan di tingkat sekolah (OSN-S). Seleksi OSN-S dibuat dan ditetapkan oleh Kepala Sekolah atau Kepala Satuan Pendidikan dan diselenggarakan oleh masing-masing sekolah/satuan pendidikan. Peserta terbaik seleksi akan menjadi wakil sekolah/satuan pendidikan ke tahapan berikutnya, yaitu OSN-K. 

2. Olimpiade Sains Nasional tingkat Kab/Kota (OSN-K) 
OSN-K diselenggarakan oleh masing-masing cabang dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumberdaya. Ketentuan pelaksanaan OSN-K mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-K akan menjadi wakil kabupaten/kota ke tingkatan berikutnya, yaitu OSN-P. 

3. Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi (OSN-P) 
OSN-P diselenggarakan oleh masing-masing dinas pendidikan provinsi bekerja sama dengan satuan pendidikan setempat, MKKS/MGMP, dan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN-P mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. Peserta terbaik hasil seleksi OSN-P dan dengan kriteria penilaian tertentu akan menjadi peserta OSN tingkat nasional. 

4. Olimpiade Sains Nasional (OSN)
OSN Tingkat Nasional atau disebut OSN diselenggarakan oleh BPTI  bekerja sama dengan berbagai pihak lain yang kompeten dan dapat membantu penyediaan sumber daya. Ketentuan pelaksanaan OSN mengacu kepada pedoman pelaksanaan OSN yang ditetapkan oleh BPTI, Kemendikbudristek. 

Jadwal OSN SMA/MA/Sederajat Tahun 2024
Jadwal pelaksanaan olimpiade sains dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat sekolah (OSN-S), tingkat kabupaten (OSN-K), tingkat provinsi (OSN-P) sampai tingkat nasional (OSN). Jadwal selengkapnya adalah sebagai berikut :
  • Januari Pekan ke 4 : Seleksi tingkat sekolah (OSN-S)
  • 25 s.d 27 Maret  : Seleksi tingkat kab/ kota (OSN-K)
  • 6 s.d 8 Mei  : Seleksi tingkat provinsi (OSN-P)
  • 26 Agustus s.d 1 September : Seleksi Tingkat Nasional (OSN)

Informasi selengkapnya berkaitan dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA/Sederajat Tahun 2024 dapat dibaca melalui dokumen berikut ini,


Salam. 

No comments:

Post a Comment