5/26/2023

Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2023 Sudah Dibuka untuk Lulusan SMA/ SMK, Inilah Syarat, Tahapan Seleksi dan Fasilitas yang Didapatkan

 Beasiswa BCA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tahun ajaran 2024 kembali dibuka. Pendaftaran beasiswa yang dimulai pada tanggal 10 April hingga 15 September 2023 ini, diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). 

Beasiswa BCA merupakan salah satu program Corporate Social responsibility (CSR) yang diperuntukkan kepada ssiwa berprestasi lulusan SMA/ SMK/ yang sederajat. Ada dua program pada Beasiswa BCA tahun 2024 yaitu Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). 

Beasiswa BCA


Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) ditujukan bagi siswa lulusan SMA / SMK yang berprestasi dari seluruh jurusan dan memiliki minat di bidang Bisnis dan Perbankan. Program PPBP dilaksanakan selama 30 bulan melalui kegiatan belajar yang dilakukan di kelas dan serta program- program lainnya seperti on the job training di unit kerja BCA. Para peserta akan mendapatkan pembekalan soft skill, seperti kepemimpinan, kerja tim, pembentukan karakter dan perencanaan keuangan.

Meskipun program ini tidak memiliki ikatan dinas, akan tetapi, peserta diberikan kesempatan untuk bekerja di BCA setelah menyelesaikan program tersebut, sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Adapun syarat untuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP)
  1. Warga negara Indonesia
  2. Siswa/siswi kelas XII / lulusan SMA/SMK 
  3. Usia maksimum 19 tahun saat mendaftar
  4. Rata-rata nilai rapor kelas X, XI, dan XII minimal 7,50*
  5. Rata-rata nilai Matematika kelas X, XI, dan XII (SMA IPA, IPS) atau nilai Produktif kelas X, XI, dan  XII (khusus SMK) minimal 7,50*
  6. Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK
  7. Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya
  8. Lulus dalam proses seleksi

Sementara itu Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) diperuntukkan kepada lulusan SMA dari jurusan IPA / SMK dari jurusan yang berkaitan dengan teknik informatika yang berprestasi dan memiliki minat di bidang Teknik Informatika. Seperti halnya PPBP, program PPTI dilangsungkan dalam waktu 30 bulan dengan pembelajaran di kelas dan pembekalan soft skill seperti kepemimpinan, kerja tim, pembentukan karakter dan perencanaan keuangan melalui program on the job training di unit kerja BCA. 

Meskipun tidak memiliki ikatan dinas, program PPTI memberikan penawaran peserta untuk bekerja di BCA selepas lulus program. Adapun kualifikasi untuk program PPTI adalah sebagai berikut :
  1. Warga negara Indonesia
  2. Siswa/i kelas XII atau lulusan SMA (jurusan IPA) /SMK (jurusan yang berkaitan dengan Teknik Informatika)
  3. Usia maksimum 19 tahun saat mendaftar
  4. Rata-rata nilai rapor kelas X, XI, dan XII minimal 7,50*
  5. Rata-rata nilai Matematika kelas X, XI, dan XII (SMA IPA, IPS) atau nilai Produktif kelas X, XI, dan  XII (khusus SMK) minimal 7,50*
  6. Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK
  7. Tidak pernah terlibat narkoba dan pelanggaran hukum lainnya
  8. Lulus dalam proses seleksi. 

Para kandidat yang lolos dari program beasiswa BCA akan mendapatkan beragam fasilitas diantaranya Buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung dan laptop (khusus untuk PPTI), bebas biaya pendidikan dan mendapatkan uang saku bulanan, mendapatkan kesempatan magang dan penawaran kerja BCA, dormitory, shuttle bus, dan makan siang.

Untuk dapat diterima dan mendapatkan beasiswa, para kandidat harus melalui enam tahapan seleksi yang meliputi seleksi administrasi, tes online, tes psikologi, wawancara I, wawancara II, dan tes kesehatan. 

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat dilihat selengkapnya melalui karir.bca.co.id

No comments:

Post a Comment