5/17/2023

Jalur Rapor Seleksi Mandiri UNNES Dibuka, Yuk ketahui Cara daftar, Syarat dan Besaran Biayanya

Jalur rapor pada Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) sudah mulai dibuka per tanggal 17 Mei 2023 melalui pendaftaran daring (online). Pendaftaran yang digelar hingga 23 Juni 2023 mendatang tersebut dapat dimanfaatkan untuk calon mahasiswa yang ingin berkuliah di PTN khususnya Unnes melalui jalur Seleksi Mandiri. 

Jaluir Rapor UNNES tahun 2023 merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang sarjana (S1) dan Diploma  (D3) dengan tujuan meningkatkan input mahasiswa baru UNNES dan penghargaan kepada para siswa yang memiliki nilai akademik di dalam rapor. 

Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay 

Berdasar informasi dari laman UNNES,  ada beberapa ketentuan umum untuk penerimaan jalur rapor ini seperti merupakan siswa SMA/MA/SMK/MAK yang pada tahun 2023 terdaftar aktif di kelas XII/XIII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah dan memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju serta sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES.

Sementara itu, untuk persyaratan khususnya, calon mahasiswa memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari SMA/MA/SMK/MAK tahun 2023 dan nilai Rapor mulai semester 1 sampai dengan semester 5 yang telah disahkan oleh kepala sekolah.

Para peserta dapat mendaftar mulai 17 Mei hingga 23 Juni 2023 secara daring melalui laman pendaftaran  https://unnes.ac.id/admission/

Peserta SM-UNNES jalur Rapor dapat membayar biaya pendaftaran melalui Bank BTN dan Bank BNI di seluruh Indonesia dengan menunjukkan kode pembayaran Virtual Account (VA) dengan ketentuan biaya pendaftaran sebagai berikut :
  • Program Studi Sosial Humaniora/Sains Teknologi sebesar Rp. 300.000
  • Program Studi Sosial Humaniora dan Sains Teknologi (campuran) sebesar Rp. 350.000
  • Uji Keterampilan (bagi prodi tertentu) sebesar Rp 150.000

Melalui laman resmi Unnes.ac.id, berkaitan dengan pendaftaran dan seleksi, ada beberapa langkah diantaranya sebagai berikut :
  • Peserta membuka laman https://unnes.ac.id/admission/ dan mengisi biodata. 
  • Kemudian calon peserta mengisi formulir pendaftaran secara online untuk mendapat nomor virtual account (VA) yang nantinya akan digunakan sebagai kode pembayaran pendaftaran SM-UNNES 2023. 
  • Peserta lalu memilih program studi yang diminati sesuai peminatan keilmuan di sekolah, dalam hal ini peserta dapat memilih maksimum 2 program studi yang diminati. 
  • Kode Virtual Account (VA) didapatkan dapat digunakan untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil melalui Bank BNI atau Bank BTN channel teller, ATM, internet banking di seluruh Indonesia.
  • Setelah proses pembayaran selesai, peserta mengisikan dan mengunggah pindai (scan) nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan Prestasi.
  • Calon peserta dalam hal ini juga mengunggah: (1) file hasil pindai (scan) ijazah atau surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/Kartu Pelajar); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam/surat keterangan yang diperoleh;
  • Calon  peserta   mengisi   borang   pendaftaran  secara   lengkap   pada   laman pendaftaran termasuk unggah pas foto diri, unggah surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan unggah bukti Rapor yang dimiliki. 
  • Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan.
  • Mencetak bukti pendaftaran Seleksi Mandiri.
  • Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Rapor.
  • Hasil seleksi diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 30 Juni 2023.
Sumber Tulisan : https://unnes.ac.id/admission/seleksi-mandiri-jalur-rapor/

No comments:

Post a Comment