5/01/2023

Kumpulan Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap

Halo sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Posting ini akan saya khususkan untuk mengkompile Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap.  

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka  ini merupakan kumpulan dari Unit 1 dan Unit 2. Adapun rincian materi dari tema- tema tersebut adalah sebagai berikut, 

Unit 1
Unit 1 dengan judul Lukisan Tanah Airku dengan tema Apresiasi Terhadap Keragaman Lagu Daerah, terdiri dari 4 kegiatan pembelajaran (KB) yakni Lukisan Indonesia, Ragam Lagu dan Karya Musik Daerah, Gaya dan Teknik Bernyanyi Lagu Daerah, serta Bernyanyi Bersama Lagu Daerah. 

Unit 1 dibagi menjadi empat kegiatan pembelajaran. Adapun materi yang dipelajari pada setiap kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :

Kegiatan Pembelajaran 1, tentang apresiasi terhadap lagu "Lukisan Indonesia", berdasarkan unsur musikalitas baik nada, tempo, warna nada, melodi, dinamika, dan harmoni, maupun non musikalitas (bahasa dan kostum) ditengah perkembangan musik dunia yang begitu pesatnya.

Kegiatan Pembelajaran 2, dipelajari bentuk, fungsi dan ciri khas lagu daerah.

Kegiatan Pembelajaran 3, tentang keanekaragaman lagu-lagu daerah Indonesia, mengenal dan memahami gaya dan teknik lagu daerah yang benar secara bertahap.

Kegiatan Pembelajaran 4, menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia secara bersama sama dan mengekpresikan lagu sesuai dengan makna lagu, menghargai dan mencintai keanekaragaman lagu-lagu daerah dan, memiliki kebiasaan baik dan rutin dalam berlatih olah vokal.

Unit 2
Unit 2 dengan judul Alat Musik Tradisional dengan tema Apresiasi Terhadap Alat Musik Daerah, terdiri dari 3 kegiatan pembelajaran (KB) yakni Mengenal Ragam Alat Musik Tradisional Indonesia, Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Perorangan, dan Memainkan Alat Musik Tradisional Secara Berkelompok.

Unit 2 dibagi menjadi tiga kegiatan pembelajaran. Adapun materi yang dipelajari pada setiap kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :

Kegiatan pembelajaran 1, apresiasi terhadap keanekaragaman budaya dan musik daerah di Indonesia, mampu mengidentifikasi jenis- jenis alat musik tradisional yang ada di Indonesia. 

Kegiatan pembelajaran 2, bermain alat musik tradisional secara perorangan, dan merespon musik dengan alat musik tradisional.

Kegiatan pembelajaran 3, mengenal dan bermain sesuai dengan konsep dasar bermain musik secara berkelompok, mampu berinteraksi dan berkomunikasi didalam musik dengan alat musik tradisional.


Gambar oleh Garik Barseghyan dari Pixabay

Teman- teman, semua materi tersebut dapat kalian pelajari melalui rangkuman dan latihan soal untuk menghadapi penilaian harian/ sumatif harian ataupun penilaian akhir semester (PAS)/ Sumatif Akhir Semester Ganjil Seni Musik Kelas 8  mendatang. 

Baik, berikut kompilasi Kumpulan Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Lengkap

Kumpulan Rangkuman Materi dan Latihan Soal Sumatif Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka Lengkap


Oya, bila teman- teman ada yang request untuk pembuatan materi tersebut dalam bentuk presentasi Power Point, bisa kirim pesan melalui menu Order Soal dan Materi

Selamat Belajar dan Berlatih. 

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment