5/31/2023

Pendaftaran Seleksi Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit 2023 Kemenag Dibuka : Peluang Kuliah S1 - S3 Tanpa Biaya

Kementerian Agama telah mengumumkan pembukaan pendaftaran seleksi untuk Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023 yang akan berlangsung mulai tanggal 5 hingga 25 Juni 2023. 

Program ini memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa untuk memperoleh gelar akademik pada tingkat S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Peserta yang berhasil lolos seleksi dan memenuhi persyaratan keberangkatan akan menerima beasiswa penuh (full scholarship). Kementerian Agama akan menentukan perguruan tinggi yang menjadi tujuan pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri.

Image by eko pramono from Pixabay

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali, menjelaskan bahwa pendaftaran untuk Program Gelar BIB 2023 akan dibuka selama periode 5 hingga 25 Juni 2023. Program ini ditujukan kepada para stakeholder dalam keluarga besar Kementerian Agama dan terbuka untuk semua agama.

Tujuan utama dari Program Gelar BIB 2023 adalah meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan, mulai dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi serta untuk memperluas akses bagi para stakeholder Pendidikan Agama dan Keagamaan dalam melanjutkan pendidikan melalui jalur beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan skala yang lebih besar.

Informasi lebih lanjut mengenai jenis, ketentuan, dan persyaratan pendaftaran Program Gelar BIB 2023, dapat diakses melalui Aplikasi Superapp Pusaka Kementerian Agama pada menu Layanan Terpadu dengan judul "Beasiswa Indonesia Bangkit".

Dilansir dari laman Kemenag, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani, menambahkan bahwa proses seleksi penerima Program Gelar BIB 2023 akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu :
  1. Tahap pertama, seleksi administrasi yang akan berlangsung dari tanggal 26 Juni hingga 2 Juli 2023. Adapun hasil seleksi administrasi akan diberitahukan pada tanggal 5 Juli 2023.
  2. Tahap kedua adalah seleksi skolastik dan psikotes bagi peserta yang telah lolos seleksi administrasi. Tahap kedua ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 12 Juli 2023.
  3. Tahap ketiga adalah seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 21 Juli 2023. Hasil seleksi wawancara tersebut akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2023.

Program Gelar BIB 2023 menyediakan berbagai komponen beasiswa, termasuk biaya pendidikan seperti biaya pendaftaran, biaya SPP (Tuition Fee), bantuan penelitian untuk skripsi/tesis/disertasi, bantuan seminar internasional (untuk S2/S3), dan bantuan publikasi jurnal internasional (untuk S2/S3). 

Selain itu, program ini juga mencakup biaya pendukung seperti transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan (Living Cost), settlement allowance, family allowance (untuk S3), biaya aplikasi visa/residence permit (untuk studi di luar negeri), dan dana darurat. 

Bagi peserta dengan disabilitas, tersedia juga biaya tambahan seperti biaya transportasi pendamping, biaya asuransi kesehatan pendamping, dan biaya pendukung lainnya yang disetujui. Terdapat juga biaya peningkatan kemampuan bahasa untuk peserta afirmasi, termasuk biaya program, biaya hidup bulanan, dan biaya transportasi.

Dengan adanya Program Gelar BIB 2023, diharapkan para stakeholder Pendidikan Agama dan Keagamaan dapat memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan mereka dengan bantuan beasiswa pada jenjang S1, S2, dan S3. Program ini merupakan langkah afirmatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan dan memberikan akses yang lebih luas bagi para penerima beasiswa.

No comments:

Post a Comment