4/12/2023

Rangkuman dan Latihan Soal Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Lukisan Tanah Airku (Part I) : Lukisan Indonesia

Halo sahabat Ahzaa, pada tulisan kali ini kita akan belajar mapel Seni Musik kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Lukisan Indonesia. Materi pada unit 1 ini terdiri atas 4 kemateri dalam kegiatan pembelajaran. 

Nah, kita mulai untuk rangkuman kegiatan pembelajaran yang pertama yaitu Lukisan Indonesia. Rangkuman materi juga sudah saya lengkapi dengan latihan soal untuk membantu dalam memahami materi yang diajarkan.

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman dan latihan soal  Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Lukisan Tanah Airku (Part I) : Lukisan Indonesia. 

Selamat Belajar.

Rangkuman Materi  Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Lukisan Tanah Airku (Part I) : Lukisan Indonesia

Khasanah budaya yang dimiliki oleh Indonesia sebegitu besarnya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu budaya dari Indonesia adalah seni musik daerah. 

Seni musik daerah saat ini dianggap kurang dikenal dan populer, pasalnya kurangnya pengenalan mengenai apresiasi seni yang ditanamkan kepada generasi muda untuk untuk mendengar, menyimak dan mengapresiasi karya-karya seni khususnya seni musik daerah.

Untuk mencapai tingkat apresiasi musik, maka dapat dilakukan awalan sebagai sikap seorang pendengar. Berdasarkan buku Introduction to Music: A Guide to Good Listening karangan Hugh M. Miller Ph.D, seorang pendidik musik dari Harvard University, bahwa cara mendengarkan dibagi menjadi empat yaitu :

a. mendengarkan secara pasif, yaitu pendengar tidak diharapkan memberikan perhatian yang penuh terhadap musik yang terdengar di dalam suasana tertentu.
b. Mendengarkan secara menikmati, dimana pendengar dapat merasakan dan menikmati bunyi- bunyian yang didengar meskipun tidak mengerti tentang musik.
c. Mendengarkan secara emosional, dimana musik dapat membangkitkan reaksi pendengar baik secara emosi, memori dan sebagainya.
d. Mendengarkan secara perseptif, dimana para pendengar memiliki konsentrasi dan fokus serta kesadaran pada musik, dalam hal ini, mereka sudah mengetahui latar belakang, memahami apa yang didengar sehingga mampu memberikan penghargaan terhadap karya musik secara objektif.

Salah satu contoh karya musik lagu Indonesia bertema pendidikan yang ditujukan kepada anak anak, memiliki sentuhan dan memiliki cita rasa budaya daerah Indonesia adalah Lagu "Lukisan Indonesia" Karya Mhala dan Tantra Numata dengan penyanyi Naura & Nola. Lirik Lagu "Lukisan Indonesia" tersebut mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keindahan alam dan budaya Indonesia yang disebut sebagai Negari Mahakarya Terindah.

Beberapa lagu dolanan yang dimainkan dengan tanda pentatonik sederhana adalah Gundhul Pacul, Gambang Suling, Cublak-cublak Suweng, Lir Ilir, Oray Orayan, dll yang memiliki makna, nilai sastra yang tinggi termasuk budi pekerti, moral dan rasa kebangsaan. 

Sumber Rangkuman : 
Buku Panduan Guru Seni Musik Kelas 8 SMP terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset , dan Teknologi Republik Indonesia


Lanjut ke latihan soal yaa...

Latihan Soal Seni Musik Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Lukisan Tanah Airku (Part I) : Lukisan Indonesia

1. Di bawah ini salah satu faktor yang menyebabkan seni musik kurang begitu populer di kalangan generasi muda adalah ....
a. adanya musik- musik luar negeri yang masuk ke generasi muda
b. pengenalan apresiasi seni yang masih kurang ditanamkan
c. kurangnya pengetahuan akan makna musik daerah
d. tidak adanya keinginan untuk belajar musik daerah pada generasi muda 


2. Jika dalam mendengarkan musik, seorang pendengar tidak memiliki perhatian penuh terhadap musik tersebut, maka hal tersebut dapat digolongkan dalam cara mendengar ....
a. secara emosional 
b. secara menikmati 
c. secara pasif 
d. secara perspektif 


3. Pendengar disebut mendengarkan secara menikmati apabila ....
a. terbangkitkan reaksinya seperti emosi dan memori dalam dirinya 
b. dapat merasakan bunyi- bunyian yang didengar meskipun tidak mengerti musik 
c. sudah dapat memberikan penghargaan terhadap karya musik secara objektif 
d. tidak memiliki ketertarikan secara khusus terhadap musik 


4. Saat mendengarkan musik, seseorang akan tergugah hatinya dan seperti merasakan terbuka memorinya di masa lalu. Hal ini dapat dinyatakan bahwa pendengar tersebut ....
a. memiliki ketertarikan khusus terhadap musik 
b. mendengarkan secara emosional 
c. mendengarkan secara perspektif 
d. tidak memiliki atensi tertentu terhadap musik 


5. Seseorang yang mampu mendengar secara perspektif, maka dapat dikatakan bahwa pendengar tersebut ....
a. mampu menilai secara subjektif 
b. mampu mendalami secara emosi musik tersebut 
c. tidak memiliki pengetahuan akan musik 
d. mampu memberikan penghargaan terhadap karya musik dengan dasar objektif 


6. Kesan yang diperoleh setelah mendengarkan lagu Lukisan Indonesia adalah ....
a. riang gembira
b. kesedihan 
c. bersyukur atas karunia-Nya
d. kesunyian 


7. Makna yang dapat ditarik melalui lagu Lukisan Indonesia adalah ....
a. kita harus memanfaatkan sumber daya sebanyak- banyaknya 
b. kita harus senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya pada negeri Indonesia 
c. kita mesti menjaga kerukunan di negara kita Indonesia 
d. kita harus menjaga kehormatan dan harga diri sebagai bangsa Indonesia 


8. Keindahan alam dan budaya Indonesia dalam lagu Lukisan Indonesia disebut sebagai ....
a. Negari Mahakarya Terindah
b. Negeri Khatulistiwa 
c. Negeri Khayangan 
d. Negeri Budaya 


9. Lagu Lukisan Indonesia dinyanyikan oleh penyanyi cilik ....
a. Dinda Ghania
b. Naura 
c. Zara Leola 
d. Chloe 


10. Salah satu ciri khas dari Tembang Dolanan, lagu anak- anak Jawa adalah ....
a. musik yang memadukan unsur melodis dan ritmis 
b. melodi yang sederhana dan sarat makna
c. dinyanyikan dalam upacara tertentu 
d. lirik yang kompleks dan rumit



Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment