7/04/2023

Rangkuman dan Latihan Soal PPKn Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila dalam Kehidupanku (Part VI) Sikap Gotong Royong dalam Berinteraksi

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini kita akan belajar ke bagian terakhir dari unit 1 PPKn kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka pada kegiatan pembelajaran 6 yaitu tentang Sikap Gotong Royong dalam Berinteraksi. Materi dan latihan soal untuk kegiatan pembelajaran 1 sampai 5 dapat teman- teman pelajari pada tulisan sebelumnya yaa...



Materi pada kegiatan pembelajaran ini membahas tentang sikap terpuji yang sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dalam berinteraksi. Sebagai bahan materi, berikut paparan singkat materi tentang perilaku terpuji sesuai dengan nilai- nilai Pancasila dalam berinteraksi,

source : https://bpip.go.id/


Perilaku terpuji adalah perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai-nilai yang menjadi landasan moral dan etika dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Perilaku terpuji sesuai dengan nilai-nilai Pancasila mencakup keadilan, persatuan, kemanusiaan, demokrasi, dan ketuhanan yang Maha Esa.

Pertama, perilaku terpuji yang mencerminkan nilai keadilan adalah sikap adil dan merata dalam berinteraksi dengan sesama. Ini melibatkan perlakuan yang sama tanpa memandang suku, agama, ras, dan jenis kelamin. Menghargai hak asasi manusia dan memperjuangkan kesetaraan adalah bagian dari perilaku terpuji sesuai dengan nilai keadilan Pancasila.

Kedua, perilaku terpuji yang mencerminkan nilai persatuan adalah sikap saling menghormati, menghargai, dan memperkuat ikatan sosial antarindividu dan antarkelompok. Membangun kebersamaan, mengatasi perbedaan, dan menciptakan harmoni di antara masyarakat dengan latar belakang budaya, agama, dan suku yang berbeda adalah perilaku terpuji yang menghormati nilai persatuan dalam Pancasila.

Ketiga, perilaku terpuji yang mencerminkan nilai kemanusiaan adalah sikap empati, belas kasih, dan peduli terhadap sesama. Melakukan perbuatan baik, membantu orang lain yang membutuhkan, dan menghormati martabat setiap individu adalah bagian dari perilaku terpuji yang mendasarkan pada nilai kemanusiaan Pancasila.

Keempat, perilaku terpuji yang mencerminkan nilai demokrasi adalah sikap partisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan, menghormati kebebasan berpendapat, dan menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Menerapkan sikap saling mendengarkan, menghargai pendapat orang lain, dan memperjuangkan kepentingan bersama adalah perilaku terpuji yang sesuai dengan nilai demokrasi dalam Pancasila.

Kelima, perilaku terpuji yang mencerminkan nilai ketuhanan yang Maha Esa adalah sikap religius, menghormati keberagaman agama, dan menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Memiliki toleransi, saling menghormati, dan menjaga keharmonisan antarumat beragama adalah bagian dari perilaku terpuji yang mendasarkan pada nilai ketuhanan dalam Pancasila.

Dalam kesimpulannya, perilaku terpuji sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah perilaku yang mencerminkan keadilan, persatuan, kemanusiaan, demokrasi, dan ketuhanan yang Maha Esa. Dengan menghayati dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat membangun masyarakat yang adil, harmonis, dan sejahtera. Perilaku terpuji merupakan landasan untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan kehidupan yang berkeadilan dan berperikemanusiaan.

Rangkuman dan Latihan Soal PPKn Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila dalam Kehidupanku (Part VI) Sikap Gotong Royong dalam Berinteraksi

1. Melakukan perilaku terpuji terhadap orang lain dapat bermanfaat untuk ....
a. menghambat kerukunan 
b. meningkatkan rasa persatuan 
c. menciptakan diskriminasi 
d. menciptakan kesenjangan sosial 


2. Contoh perilaku yang tidak terpuji dalam lingkungan di sekolah adalah ....
a. menjenguk teman yang sakit
b. membantu ibu guru yang kesusahan membawa buku 
c. menyampaikan sesuatu dengan sopan dan baik
d. melakukan perundungan terhadap teman lain 


3. Saat pulang sekolah Budi melihat orang tua yang kesulitan menyeberang jalan. Sikap Budi adalah ....
a. membiarkan orang tersebut menyeberang jalan 
b. membantu menyeberang jalan di tempat yang ditentukan 
c. berpura- pura tidak melihat 
d. bersikap acuh dan menganggap hal tersebut biasa terjadi 


4. Faldo meminta tolong Andre untuk membantu menjawab soal ketika ulangan sedang berlangsung. Sikap Andre adalah ....
a. memberikan jawaban seperti yang diminta Faldo 
b. membantu Faldo yang mengalami kesulitan menjawab soal 
c. bekerja sama dengan faldo apabila ada jawabannya yang juga salah 
d. bersikap jujur dengan tidak memberikan jawaban saat ulangan


5. Lira melihat siswa lainnya membuang sampah di halaman sekolah. Sikap Lira adalah ....
a. menyuruh siswa tersebut dengan keras untuk membuang sampah di tempatnya 
b. mengambil sampah dan membuangnya di tempat sampah 
c. menghampiri siswa tersebut dan menyampaikan apa yang dilakukannya tidak benar 
d. tidak peduli dengan apa yang dilakukan siswa tersebut 


6. Sikap yang harus dihindari dalam berinteraksi di dalam lingkungan sekolah adalah ....
a. membeda- bedakan teman berdasarkan suku, agama dan budaya
b. bekerja sama ketika melaksanakan piket 
c. menengok teman yang sakit 
d. membantu teman yang mengalami musibah


7. Menjaga kebersihan dan ketertiban di sekolah merupakan tanggung jawab dari ....
a. guru 
b. kepala sekolah 
c. siswa 
d. semua warga sekolah 


Demikian Rangkuman dan Latihan Soal PPKn Kelas 5 SD/ MI Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Pancasila dalam Kehidupanku (Part VI) Sikap Gotong Royong dalam Berinteraksi. Tuntas sudah semua materi dan latihan soal untuk unit 1 pancasila dalam kehidupanku. Kami akan kembali untuk membahas unit 2 PPKn Kelas 5 SD semester 1 Kurikulum Merdeka pada tulisan berikutnya..

Tetap di AhzaaNet yaa.. dan jangan lupa bagikan tulisan dan follow blog kami untuk update tulisan- tulisan terbaru dari kami. 

Selamat belajar dans emoga sukses. 

No comments:

Post a Comment